10 Contoh Iklan Berbagai Tema Beserta Penjelasannya, Yuk Disimak!

Iklan adalah salah satu media promosi yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk mempromosikan produk yang dimilikinya.

Dimana iklan ini memiliki berbagai bentuk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan promosi Anda. Namun kualitas yang dimiliki oleh sebuah iklan juga mempengaruhi tentang sukses tidaknya promosi yang Anda lakukan tersebut.

Biasanya semakin bagus kualitas iklan yang Anda gunakan maka akan semakin mahal pula harga iklan tersebut. Karena tentunya membuat iklan yang bagus membutuhkan media dan bahan dasar yang bagus. Selain itu penilaian suatu iklan yang sudah dibuat bagus bukan dari bahan baku yang dipakai namun juga dari efektif tidaknya iklan tersebut.

Contoh Iklan Berbagai Tema

Fungsi utama dari iklan adalah agar produk yang sebelumnya belum dikenal di pasaran menjadi terkenal dikalangan banyak orang. Jadi setiap orang bisa tertarik untuk membeli produk yang di iklankan tersebut. Iklan sendiri bisa berbentuk tulisan, gambar, maupun penggabungan antara tulisan dan juga gambar. Adapun beberapa contoh iklan yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Kebanyakan jenis iklan dibuat untuk tujuan komersil. Namun untuk iklan layanan masyarakat ini dibuat dengan tujuan memberi edukasi ke masyarakat luas dan tidak ada nilai komersilnya sama sekali. Salah satu contoh dari iklan layanan masyarakat dapat Anda lihat pada gambar diatas. Dimana gambar iklan tersebut bertujuan untuk mengajak setiap orang menjaga lingkungan mereka.

Ketika lingkungan sudah terjaga kebersihannya maka pemanasan global bisa teratasi begitupun dengan masalah alam yang lainnya. Contoh iklan layanan masyarakat yang lain seperti ajakan untuk menghindari narkoba, bijak dalam memilih makanan dan masih banyak lagi. Selain berbentuk gambar, iklan layanan masyarakat juga bisa berbentuk audio/suara dan video serta animasi.

2. Contoh Iklan Produk

Contoh Iklan Produk

Iklan produk memiliki nama lain sebagai iklan niaga. Dimana tujuan utama dari dibuatnya iklan ini adalah untuk mempromosikan suatu produk agar laku di pasaran. Tentunya setiap produk yang dibuat iklannya ini disebutkan apa saja kelebihannya. Jadi setiap orang yang membacanya jadi tahu apa saja kelebihan produk tersebut jika dibandingkan dengan produk sejenis.

Seperti pada contoh iklan produk diatas, dimana good day memiliki banyak sekali varian rasa dan dijadikan sebagai kelebihan dari produk sejenis. Sehingga setiap orang bisa tahu jika dengan meminum good day maka mereka bisa merasakan kopi berbagai varian rasa serta diterapkan pada hidup agar banyak rasa. Tentunya kalimat menjual pada contoh iklan produk adalah komponen yang paling penting.

3. Contoh Iklan Lowongan Kerja

Contoh Iklan Lowongan Kerja

Dari gambar contoh iklan lowongan kerja diatas bisa diambil kesimpulan jika fungsi dari iklan lowongan kerja adalah untuk memudahkan pemilik perusahaan untuk menemukan karyawan dengan kriteria yang mereka inginkan. Selain itu iklan lowongan kerja juga bisa membantu setiap orang untuk lebih cepat mendapatkan pekerjaan sesuai keahlian mereka.

Biasanya di dalam iklan lowongan kerja berisi informasi lengkap kriteria pekerjaan yang dibutuhkan. Lalu alamat perusahaan dan waktu maksimal mengirimkan lamaran pekerjaan. Selain itu jika lowongan pekerjaan ditujukan lebih dari satu posisi maka setiap posisi di jelaskan secara lengkap tentang kriteria yang harus dipenuhi. Sehingga setiap orang bisa menyesuaikan kemampuannya dengan posisi yang akan dilamar.

4. Contoh Iklan Pemberitahuan

Contoh Iklan Pemberitahuan

Untuk contoh iklan pemberitahuan ini biasanya dibuat dalam kelompok tertentu. Seperti pada sebuah keluarga besar, kelompok pebisnis, maupun antara debitur dan kreditur suatu perusahaan. Contoh dari iklan pemberitahuan ini bisa Anda lihat pada gambar diatas. Dimana pada contoh iklan tersebut diberitahukan tentang hasil rapat suatu perusahaan dengan anggotanya.

5. Contoh Iklan Baris

Contoh Iklan Baris

Bagi Anda yang sering membaca koran tentunya sudah tidak asing lagi dengan iklan baris ini. Dimana jenis iklan satu ini menjadi jenis iklan yang unik. Sebab iklan yang dibuat hanya dimuat dalam suatu kotak dan di susun secara berbaris. Jadi bisa dibilang jika iklan baris ini menjadi jenis iklan yang paling hemat tempat dan juga biaya pembuatannya.

Biasanya mahal tidaknya harga iklan baris ini tergantung dengan jumlah kata yang Anda gunakan. Semakin banyak huruf yang Anda pakai untuk membuat iklan maka akan semakin mahal juga harga iklan yang harus Anda bayar. Bahkan tidak jarang untuk menghemat tempat ada beberapa kata-kata iklan yang disingkat. Oleh karena itu jika Anda berniat memakai iklan baris maka buatlah iklan dengan kata-kata yang singkat, padat dan jelas.

6. Contoh Iklan Penawaran

Contoh Iklan Penawaran

Meskipun iklan penawaran bisa digunakan untuk menawarkan sebuah barang atau produk namun iklan ini lebih banyak dipakai untuk menawarkan sebuah jasa. Biasanya perusahaan yang paling sering memakai iklan penawaran adalah perusahaan servis komputer. Dimana iklan penawaran bisa memuat informasi yang sangat jelas dan lengkap dari jasa yang ditawarkan suatu perusahaan.

Tidak hanya jasa servis komputer, jasa laundry atau cuci pakaian juga sering memakai jenis iklan penawaran ini. Seperti pada gambar diatas, bisa Anda lihat jika iklan tersebut menerangkan mengenai harga setiap jasa yang dimiliki oleh laundry pengiklan. Bahkan terdapat juga nomor telepon laundry yang bisa Anda hubungi jika tidak sempat mengantarkan pakaian Anda ke tempat laundry.

7. Contoh Iklan Kolom

Contoh Iklan Kolom

Jenis iklan yang paling lengkap dalam memuat informasi adalah iklan kolom. Ini karena iklan kolom bisa diletakkan pada satu halaman penuh di koran. Jadi setiap informasi yang dimuat oleh iklan kolom pun lebih jelas dan lengkap daripada jenis iklan yang lain. Selain itu pembuat iklan juga bisa menambahkan gambar perusahaan ataupun karikatur agar iklan kolom tadi bisa lebih menarik.

8. Contoh Iklan Elektronik

Contoh Iklan Elektronik

Seperti namanya, iklan elektronik dipakai untuk mempromosikan produk yang dimiliki oleh suatu toko elektronik. Tentunya produk dari toko elektronik ini bisa berbagai jenis dan bentuk. Biasanya untuk menambah menarik suatu iklan elektronik maka ditambah informasi mengenai harga yang lebih murah dari toko yang lain. Bahkan tidak jarang ada informasi potongan harga produk dari toko elektronik tersebut.

9. Contoh Iklan Makanan

Contoh Iklan Makanan

Contoh iklan berikutnya adalah iklan makanan. Dimana pada iklan makanan ini poin yang paling penting dan harus ada adalah gambar dari produk yang di iklankan tersebut. Semakin menarik gambar yang dimuat pada iklan makanan maka akan semakin mudah menarik pelanggan. Selain foto produk, iklan makanan juga berisi alamat resto, nomor telepon resto, dan juga harga makanan yang diiklankan.

10. Contoh Iklan Pendidikan

Contoh Iklan Pendidikan

Dalam dunia pendidikan juga terdapat jenis iklan. Biasanya iklan pendidikan ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu iklan pendidikan komersil dan non komersil. Untuk iklan di dunia pendidikan yang sifatnya komersil biasa dipakai oleh pemilik jasa les privat atau bimbel tertentu. Sedangkan jenis iklan pendidikan non komersil dipakai untuk menyebarkan nasehat baik mengenai pentingnya pendidikan.

Nah itu tadi 10 contoh iklan berbagai tema. Semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai iklan yang ada di negara ini.

Leave a Reply

Send this to a friend