pengertian pasar oligopoli adalah

Pengertian Pasar Oligopoli Beserta Karakteristik dan Ciri-Cirinya

Industri dalam berbagai bidang telah menunjukkan kemajuannya masing-masing. Banyak ditemui pemain industri saling bersaing untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Pelaku industri terus melakukan kerjasama untuk membentuk suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Banyak pihak yang ikut andil dalam mensukseskan kerjasama yang dilakukan. Salah satunya dengan melalui pasar oligopoli. Pasar oligopoli tidak dilakukan oleh satu jenis perusahaan saja, melainkan beberapa perusahaan. Berikut merupakan penjelasan detil mengenai pengertian pasar oligopoli:

Pengertian Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli merupakan pasar jenis pasar yang memiliki tingkat persaingan yang tidak sempurna. Mengapa begitu? Karena pemain atau kompetitor yang berada dalam pasar oligopoli sangat sedikit dan dengan banyaknya konsumen yang membutuhkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Bisa dikatakan bahwa stok barang atau jasa yang ditawarkan terkadang belum memenuhi permintaan dari konsumen. Sehingga hal inilah yang menjadikan pasar oligopoli memiliki persaingan yang tidak sempurna.

Pasar oligopoli biasanya memiliki tidak lebih dari 10 kompetitor pada jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga meskipun jenis produk atau jasa yang ditawarkan adalah hal yang sama, setiap kompetitor akan terus berusaha mendapatkan perhatian konsumen agar mereka tetap mendukung produk atau jasa yang ditawarkan oleh masing-masing kompetitor. Contoh dari pasar oligopoli ini seperti industri mobil, industri semen, industri energi, jasa penerbangan, dan lain sebagainya.

Karakteristik dan Ciri Pasar Oligopoli

Apa itu Pasar Oligopoli? Pasar Oligopoli Adalah

Pasar oligopoli memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis-jenis pasar lainnya. Berikut merupakan karakteristik dan ciri-ciri pasar oligopoli:

Peraturan kenaikan harga

Kebijakan atau peraturan yang ditetapkan terkait kenaikan harga akan diikuti oleh perusahan atau pelaku industri pada pasar oligopoli. Sehingga ketika terdapat satu perusahaan yang melakukan atau menerapkan kebijakan kenaikan harga yang terbaru, maka perusahaan lainnya (kompetitor) lainnya juga akan mengikuti kebijakan tersebut. Hal ini akan disesuaikan dengan ketentuan dan kebijakan yang terdapat di perusahaan masing-masing. Sehingga kenaikan harga ini sangat mempengaruhi antar perusahaan.

Produk yang dihasilkan standar

Barang-barang yang dihasilkan dari masing-masing perusahaan yang termasuk dalam pasar oligopoli adalah jenis produk yang standar. Sehingga antar produk akan terlihat sama dan serupa. Namun, dapat dibedakan dengan variasi produk yang beragam. Sehingga jenis produk yang dihasilkan tergolong beragam, namun masih dalam produk yang standar.

Gencar promosi

Perusahaan yang termasuk dalam pasar oligopoli sering melakukan promosi. Mengapa? Karena produk yang dihasilkan standar, perusahaan lain mungkin dapat mengembangkan produk serupa. Oleh karena itu, perusahaan harus gencar dalam melakukan promosi, baik melalui iklan, kerja sama dan lain sebagainya. Hal ini digunakan untuk menarik perhatian dan loyalitas pelanggan.

Penjual (kompetitor) sedikit

Pelaku industri dalam pasar oligopoli tergolong sedikit jika dibandingkan dengan jenis pasar lainnya. Penjual yang berkecimpung dalam pasar oligopoli biasanya tidak lebih dari 10 penjual dengan produk yang sama. Sehingga dengan jumlah penjual yang sedikit, persaingan yang sengit untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen. Setiap penjual atau perusahaan tentu akan memiliki segmentasi pelanggan yang disesuaikan dengan produk yang mereka tawarkan.

Saling ketergantungan

Perusahaan yang tergolong dalam pasar oligopoli memiliki ketergantungan sama lain. Sehingga mereka tidak bisa secara independen untuk berdiri sendiri. Sehingga kerja sama antar perusahaan juga sangat dibutuhkan untuk mendapatkan pertujuan kesepakatan dalam pengambilan keputusan. Karena hal ini akan digunakan untuk kepentingan bersama yang saling menguntungkan.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli

Pasar oligopoli memiliki hal yang sama dengan pasar-pasar lainnya, yaitu tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli:

Kelebihan Pasar Oligopoli:

  • Konsumen leluasa memilih produk. Dengan adanya pasar oligopoli ini, konsumen memiliki banyak pilihan atau variasi produk yang beragam. Sehingga konsumen bebas menentukan pilihan mereka.
  • Konsumen bisa mendapatkan keuntungan. Terjadinya kompetisi harga pada suatu produk bisa menguntungkan konsumen. Karena konsumen dapat memilih produk dengan mempertimbangkan harga dan kualitas setiap produk.
  • Inovasi produk terus berkembang. Dengan adanya keinginan konsumen agar variasi-variasi baru terhadap produk, maka perusahaan akan terus melakukan inovasi untuk mengembangkan beragam produk baru. Hal ini dapat meningkatkan keingintahuan dan ketertarikan konsumen.
  • Produksi terus berjalan. Bagaimanapun situasinya, kebanyakan proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan di pasar oligopoli akan terus dijalankan. Hal ini untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga tidak kehabisan produk.

Kekurangan Pasar Oligopoli:

  • Produsen baru akan sulit bergabung dengan pasar oligopoli. Persaingan yang semakin sengit, membuat produsen baru yang akan memasuki pasar oligopoli harus berfikir ulang. Karena biasanya perusahaan lama sudah memiliki konsumen loyalnya masing-masing. sehingga produsen baru akan membutuhkan banyak usaha untuk bergabung dengan pasar oligopoli.
  • Perang harga sering terjadi. Produk yang dihasilkan standar akan memicu perang harga antar produk. Sehingga hal ini kan sering terjadi untuk menarik perhatian konsumen dalam menentukan pilihan produk yang mereka inginkan.
  • Perlu modal besar. Untuk menjalankan industri pada pasar oligopoli sangat membutuhkan modal yang sangat besar. Hal ini dikarenakan banyaknya hal yang harus dibutuhkan, sumber daya yang dibutuhkan juga cukup banyak untuk menghasilkan produk-produk yang dapat bersaing dalam pasar oligopoli.
  • Kemungkinan konsumen loyal terhadap suatu produk tertentu. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena biasanya konsumen sudah memiliki masing-masing produk yang membuat mereka nyaman. Sehingga keloyalan terhadap suatu produk akan susah tergantikan dengan produk-produk yang baru. Kecuali, produk yang dikembangkan memiliki kualitas tinggi seperti harapan konsumen.

Dengan adanya informasi mengenai pengertian pasar oligopoli ini akan menambah pengetahuan dan wawasan anda terkait oligopoli. Istilah ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat secara luas. Hanya orang-orang dibidangnya saja yang paham dengan istilah-istilah sulit seperti oligopoli. Dengan adanya artikel ini dapat diketahui dan didapatkan informasi detil dan jelas mengenai pasar oligopoli. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend