Ternyata, Inilah Pengertian Online Shop, Manfaat Beserta Kelebihan dan Kekurangan Online Shop!

Seberapa sering Anda melakukan kegiatan online shop ? Namun, tahukah Anda apa pengertian online shop? Manfaatnya? Dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari online shop? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Online Shop

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya bidang bisnis. Dahulu sebelum adanya internet, kegiatan jual beli dapat dilakukan dengan adanya pertemuan pelaku ekonomi secara langsung.

Konsumen yang ingin membeli suatu barang dapat mendatangi toko untuk melihat kondisi fisik dari barang yang akan dibeli. Begitu juga dengan proses transaksi yang dilakukan dengan kontak secara fisik atau bahkan dengan cara tawar-menawar diantara kedua belah pihak, penjual dan pembeli.Pengertian Online Shop adalah

Akan tetapi, dengan adanya internet menciptakan perubahan dalam dunia dagang menjadi lebih modern. Pelaku ekonomi tidak harus bertatap muka langsung untuk dapat melakukan transaksi. Mereka hanya perlu melakukan kesepakatan diantara kedua belah pihak dan barang akan tiba ke lokasi pembelinya tanpa harus repot untuk mendatangi toko lagi. Sistem inilah yang disebut dengan online shop.

Singkatnya, pengertian online shop merupakan suatu tindakan menjual atau membeli produk dan layanan melalui internet. Di Indonesia sendiri, budaya online shop mulai berkembang sekitar tahun 2000-an.

Hal itu ditandai dengan banyaknya bermunculan berbagai startup yang bermain di bidang jual beli produk. Alhasil, banyak orang yang merasa nyaman dan mudah karena adanya online shop ini. Dengan adanya online shop ini, kita tidak perlu repot lagi mengantre dan berdesakan di toko hanya untuk mencari barang yang diinginkan.

Manfaat Online Shop

Apa saja manfaat dari online shop? Dibawah ini merupakan manfaat yang diperoleh dengan adanya online shop, baik dari sisi penjual atau pembeli. Fungsi Online Shop adalah

#1 Kegiatan Berbelanja menjadi Lebih Mudah dan Praktis

Manfaat utama yang diperoleh dengan adanya online shop adalah kegiatan berbelanja menjadi lebih mudah dan praktis. Hal itu sangat dirasakan oleh para pembeli, dimana mereka tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya hanya untuk membeli barang yang diinginkan.

Mereka hanya tinggal menggerakkan jari di smartphone atau perangkat lainnya untuk melihat berbagai macam produk yang ditawarkan. Ketika sudah menemukan barang yang dicari, mereka dapat langsung membelinya dengan melakukan transfer sejumlah uang ke rekening milik penjual. Dalam waktu beberapa hari, maka barang akan langsung diantar ke depan pintu rumah si pembeli.

#2 Membutuhkan Modal yang Relatif Kecil

Berdasarkan pengertian diatas, kegiatan online shop dapat berlangsung dengan memanfaatkan jaringan internet. Penjual tinggal memasarkan produk dan layanannya melalui platform yang sudah disediakan.

Ketika ada pembeli yang menginginkan produk tersebut, maka akan terjadi kesepakatan transaksi diantara kedua belah pihak. Dari proses transaksi tersebut, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lumayan besar.

Dengan demikian, Anda tidak perlu merogoh kocek yang besar untuk menjalani online shop ini. Anda tinggal menyediakan smartphone atau perangkat teknologi lainnya dan jaringan internet.

#3 Dapat Menjalankan Pekerjaan Lain

Selain hanya membutuhkan gadget yang terhubung ke jaringan internet, kegiatan online shop ini dapat dijalankan dengan pekerjaan lainnya dalam satu waktu.

Sebab, online shop tidak mengharuskan penjual untuk datang ke kantor pemasaran atau terikat dengan peraturan resmi lainnya. Penjual hanya perlu membagi waktu untuk dapat merespon setiap keluhan atau masukan dari para konsumennya agar bisnis dapat berjalan secara maksimal. Bahkan, saat ini banyak orang menjadikan online shop ini sebagai bisnis sampingan untuk mengisi waktu luang yang dimiliki.

#4 Kemudahan dalam Melakukan Transaksi

Ketika pembeli sudah menemukan barang yang dibutuhkan, maka akan terjadi proses transaksi. Dalam proses transaksi, biasanya pembeli akan melakukan transfer sejumlah uang sesuai hasil kesepakatan dengan penjual. Kemudian, penjual akan memverifikasi hasil transfer si pembeli dan segera melakukan pengiriman barang.

#5 Keamanan dalam Melakukan Transaksi

Selain kemudahan dalam bertransaksi, bisnis online shop akan berjalan dengan lancar karena adanya kepercayaan. Ketika pembeli sudah melakukan transfer sejumlah uang, maka Anda sebagai penjual segera melakukan verifikasi dan mengeceknya secara realtime agar pembeli tidak merasa dirugikan atas layanan yang sudah Anda berikan.

Saat ini, berbagai startup seperti LAZADA, Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya berperan sebagai pihak ketiga, dimana mereka akan mengirimkan uang ke rekening penjual apabila penjual sudah mengirimkan barang kepada pembeli. Begitu juga sebaliknya, barang tidak akan dikirimkan ketika pembeli belum melakukan transfer. Dengan demikian, tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Kelebihan dan Kekurangan Online Shop

Kelebihan dan Kekurangan Online Shop

Keberadaan online shop memberikan daya tarik sendiri bagi kehidupan masyarakat. Bahkan, sebagian orang sangat gemar melakukan aktivitas belanja online daripada harus berbelanja secara konvensional. Konsumen dapat menemukan dan membeli barang yang dibutuhkan melalui internet, setelah itu barang akan sampai secara langsung ke alamat konsumen tanpa harus pergi meninggalkan rumah mereka.

Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan online shop ini, namun ada beberapa kekurangan yang dimiliki online shop. Berikut ini akan saya paparkan kelebihan dan kekurangan online shop.

Kelebihan Online Shop

  • Kenyamanan – Online shop membuat kita semakin nyaman. Misalnya, Anda tidak perlu berpakaian rapi untuk pergi ke toko favorit. Anda dapat dengan mudah mengakses situs online shop kapanpun Anda mau. Bahkan, online shop memberikan kita kemudahan berbelanja selama 24 jam. Jadi, online shop tidak membiarkan Anda untuk menunggu antrean dalam membeli barang yang dibutuhkan.
  • Membandingkan Harga Terbaik – Harga barang yang ditawarkan pada online shop tergolong cukup murah dibandingkan dengan harga yang diperoleh dari toko fisiknya. Sebab, produk didatangkan langsung dari pabrik atau penjual tanpa ada perantara. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan harga produk dari setiap toko di online shop untuk mendapatkan penawaran atau diskon terbaik.
  • Banyak Variasi – Melalui online shop, Anda dapat menemukan berbagai macam produk yang dapat dikategorikan berdasarkan merk, harga, terbaru, terfavorit dan sebagainya. Bahkan, Anda dapat menemukan produk Internasional terbaru tanpa harus menghabiskan uang untuk pergi ke negara tersebut.
  • Menghemat Waktu dan Tenaga – Anda tidak perlu mengelilingi setiap toko untuk menemukan barang yang dibutuhkan. Sebab, pada online shop sudah tersedia berbagai macam produk yang dapat dibeli dalam satu waktu.

Kekurangan Online Shop

  • Produk yang Tidak Sesuai – Biasanya, foto produk yang ditampilkan pada online shop begitu terlihat sangat bagus. Sebab, proses pengambilan gambar produk memerhatikan sudut dan pencahayaan yang bagus. Tidak jarang banyak orang yang komplain akibat barang yang sudah diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditampilkan di webnya.
  • Keterlambatan dalam Pengiriman – Masalah waktu seringkali menjadi kekurangan dalam aktivitas online shop ini. Konsumen yang sudah menyelesaikan proses transaksi banyak mengeluh akibat lamanya barang sampai di alamat tujuan. Mungkin karena jarak yang cukup jauh sehingga toko memerlukan jasa ekspedisi dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengirimkan barang tersebut.
  • Risiko Penipuan – Dengan maraknya bisnis online shop, risiko penipuan juga semakin besar. Hal itu disebabkan adanya beberapa pihak yang memanfaatkan kejadian tersebut untuk menipu pengguna, seperti penipuan kartu kredit, pencurian identitas (phishing) atau situs web yang palsu. Oleh karena itu, Anda perlu menyelidiki toko-toko di online shop sebelum melakukan pembelian barang.
  • Pelayanan Pelanggan – Kebanyakan platform memanfaatkan fitur chat untuk menjawab semua pertanyaan atau keluhan yang diberikan oleh konsumen. Memang tidak ada yang salah dengan pelayanan tersebut, namun interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli menjadi semakin berkurang dan sulit memberikan pengalaman positif terhadap konsumen.

Begitulah penjelasan lengkap mengenai pengertian online shop, manfaatnya beserta kelebihan dan kekurangan yang ditimbulkan dengan adanya online shop. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan meningkatkan kewaspadaan Anda ketika melakukan online shop.

Leave a Reply

Send this to a friend