Mengenal Pengertian OpenGL dan OpenCL pada PC / Laptop

Terdapat banyak jenis platform komputasi di dalam dunia komputer. Kali ini kami akan membahas tentang salah satu jenis platform tersebut yang mungkin tidak sedikit dari Anda yang kurang familiar dengannya. Padahal platform yang akan kami jelaskan ini sebenarnya cukup terkenal dan banyak Anda temukan pada aplikasi pengolah data digital. Platform tersebut adalah OpenGL dan OpenCL.

Pengertian OpenGL

Pengertian OpenGL

Apa itu OpenGL? OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library yang merupakan salah satu library yang digunakan untuk keperluan rendering gambar 2D dan 3D. Sebenarnya OpenGL lebih tepatnya merupakan sebuah bahasa. Ada juga yang menyebutnya sebagai API atau Application Programming Interface. Tujuannya adalah untuk menampilkan render grafis 2D maupun 3D.

Selain itu, OpenGL juga biasanya dipakai pada game-game berat. OpenGL biasanya bekerja dengan GPU atau Graphics Processing Unit agar proses rendering gambar tersebut menjadi lebih cepat.

OpenGL bisa Anda temukan pada beberapa platform yang berbeda seperti Windows, Android, VGA NVidia, maupun VGA AMD. Pemograman pada API juga digunakan untuk dapat melakukan interaksi dengan mesin grafik GPU atau Graphics Processing Unit untuk kemudian mengampilkan gambar ke layar monitor.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan istilah OpenGL pada VGA Card melalui sebuah aplikasi bernama GPU-Z serta mempunyai beberapa pesaing dalam hal API grafis, misalnya PhysX, Cuda, dan juga Direct Compute. Sekadar informasi bahwa SGI (Silicon Graphics Inc) mulai mengembangkan OpenGL pada 1991. Kemudian rilis dan diperkenalkan ke publik pada Januari 1992.

Pengertian OpenCL

Lalu bagaiman dengan OpenCL? Sama dengan OpenGL, OpenCL juga memiliki singkatan. OpenCl merupakan kepanjangan dari Open Computing Language yang merupakan sebuah kerangka kinerja yang bertugas untuk mengeksekusi berbagai platform arsitektur yang terdiri dari GPU dan CPU. OpenCL bertugas untuk menentukan bahasa pemrograman dengan berdasarkan C99 untuk kebutuhan pemrograman antarmuka dan perangkat aplikasi atau API.

Fungsi dari OpenCL adalah untuk mengontrol kinerja berbagai perangkat keras pada komputer misalnya CPU dan GPU. Selain itu, salah satu contoh penerapan dari OpenCl yaitu driver pada GPU.

OpenCL juga menyediakan tampilan yang standar yang digunakan untuk komputasi paralel. Maksud parallel adalah data tersebut nantinya dapat diolah dalam waktu yang bersamaan baik oleh GPU maupun CPU. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan.

OpenCL juga berperan dalam mengambil serta menggabungkan keunggula dari masing-masing core. Misalnya GPU yang diketahui memiliki keunggulan pada bagian FPU atau Floating Point Unit. Dengan adanya OpenCL, maka CPU tidak perlu lagi harus menghitung bilangan yang dimiliki FPU. Hal ini karena tugas untuk menghitung bilangan pada FPU tersebut telah beralih ke GPU.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai OpenGL dan OpenCL. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend