Pengertian Proxy Server, Jenisnya Beserta Fungsi dan Cara Kerja Proxy Server dalam Jaringan

Kini, menjelajah dunia internet atau dikenal dengan istilah surfing merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Terlebih lagi dengan banyaknya manfaat yang diberikan internet, dimana berbagai data atau informasi yang berasal dari seluruh dunia dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Namun, adakalanya informasi yang ingin Anda akses di sebuah situs tidak dapat Anda peroleh dikarenakan situs tersebut diblokir oleh perangkat Anda. Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat menggunakan layanan proxy server agar informasi tersebut dapat diakses. Lalu, apa itu proxy server ?

Ketika Anda terhubung ke suatu jaringan tertentu, Anda mencoba untuk mengakses situs Youtube atau situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau lainnya, namun jaringan tersebut memblokir situs itu untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan agar Anda lebih fokus untuk mengakses informasi yang penting saja dan tidak menghabiskan banyak bandwidth. Dengan adanya proxy server ini, Anda dapat mengakses situs tersebut tanpa harus khawatir identitas perangkat Anda (IP) diketahui oleh jaringan tersebut. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses situs tersebut.

Tahukah Anda bagaimana proxy server bekerja dalam jaringan tersebut ? Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas secara rinci mengenai pengertian proxy server, jenis beserta fungsinya dan juga cara kerja proxy server. Dengan begitu, Anda bukan hanya mampu menggunakannya saja, tetapi juga dapat memahami bagaimana proxy server bekerja untuk dapat memberikan Anda layanan itu.

Pengertian Proxy Server

pengertian proxy server

Bagi Anda yang berkecimpung didunia jaringan komputer mungkin sudah sering mendengar istilah proxy server. Namun, masih sedikit yang dapat memahami pengertian dari istilah tersebut. Proxy server merupakan suatu server atau program komputer yang menjadi penghubung antara komputer client dengan jaringan internet. Atau dapat dikatakan juga bahwa proxy server adalah penghubung antara jaringan lokal dengan jaringan global (internet).

Proxy server bertindak sebagai gateway bagi setiap komputer client. Walaupun demikian, komputer client tidak dapat melihat secara langsung bahwa proxy server yang sedang melayani request dari pengguna. Sebab, proxy server akan bekerja seolah-olah komputer client itu sendiri yang mengolah request dari penggunanya, bukan melalui proxy server.

Jenis-jenis Proxy

Secara sederhana, proxy server dapat dikatakan sebagai pihak ketiga yang menjembatani pengguna ke server lain di internet. Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan internet tanpa hambatan. Yang perlu Anda ketahui bahwa dalam mengakses internet, maka alamat pengguna akan terekam oleh server. Proxy server yang dapat menyembunyikan identitas pengguna agar tidak diketahui oleh server dari situs tersebut.

Biasanya, proxy server banyak digunakan oleh perusahaan yang bergelut dibidang-bidang tertentu, seperti perusahaan startup yang setiap saat membutuhkan akses internet yang lancar. Berdasarkan itulah, terdapat beberapa jenis proxy server yang dilengkapi dengan tujuan yang berbeda satu dengan yang lain. Berikut ini akan dijelaskan mengenai lima jenis proxy server yang perlu Anda ketahui.

1. Proxy Transparan (Transparent Proxy)

Proxy Transparan merupakan jenis proxy yang tidak menyembunyikan dirinya sendiri. Maksudnya proxy server ini mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server, bukan sebagai pihak ketiga. Selain itu, proxy jenis ini juga tidak menyembunyikan identitas dari penggunanya, sehingga identitas pengguna (IP) terlihat dengan jelas oleh publik di server tersebut melalui HTTP Header.

Proxy transparan ini tidak perlu digunakan. Sebab, penggunaan proxy ini dapat membuat alamat penggunanya diblokir (banned) secara permanen sehingga pengguna tidak akan dapat mengakses situs tertentu. Biasanya, proxy ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki data bersifat lokal dan privasi, seperti data diri pegawai yang hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang saja.

2. Proxy Anonim (Anonymous Proxy)

Proxy Anonim merupakan jenis proxy yang dapat menyembunyikan alamat pribadi penggunanya, namun proxy ini membuat alamat IP samaran yang tidak mencurigakan server tersebut. Dengan begitu, proxy ini dipercaya dapat meningkatkan keamanan data pribadi dari penggunanya.

3. Proxy Anonimitas Tinggi (High Anonymity Proxy)

Proxy Anonimitas Tinggi merupakan perkembangan dari proxy anonim, dimana proxy ini tidak mendefinisikan dirinya sebagai proxy server dan juga tidak menyediakan alamat IP. Selain itu, alamat pribadi (IP) pengguna juga tidak terdeteksi, baik oleh situs atau jaringan tersebut. Dengan proxy ini, maka tingkat keamanan data pribadi pengguna menjadi lebih tinggi.

4. Proxy Distorsi (Distorting Proxy)

Proxy Distorsi ini hampir mirip dengan prinsip proxy anonim, dimana sama-sama tidak membuat alamat IP asli penggunanya tidak terlihat. Namun, yang membedakannya adalah proxy distorsi ini tidak menyediakan alamat IP proxy melainkan merekayasa alamat IP pengguna, sedangkan alamat asli proxy tersedia di HTTP Header.

5. Reverse Proxy

Reverse proxy merupakan server yang menyediakan jalan bagi berbagai request atau permintaan penggunanya melalui sebuah firewall yang terisolasi atau jaringan pribadi. Fungsi dari proxy ini adalah memberikan pengguna hak akses agar tetap termonitor dengan baik sehingga proxy ini membatasi pengguna untuk mengakses situs-situs tertentu.

Fungsi Proxy Server

fungsi proxy server adalah

Pada dasarnya, proxy server berfungsi untuk mengamankan data pribadi pengguna yang terhubung dengan internet. Selain itu, terdapat beberapa fungsi penting dari proxy server. Fungsi-fungsi tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Connecting Sharing

Fungsi proxy server sebagai conneting sharing maksudnya mengidentifikasi proxy server sebagai sebuah gateway, yang menjembatani antara pengunaan jaringan lokal dengan jaringan global (internet). Dengan adanya fungsi ini, maka sangat memungkinkan bagi komputer client untuk dapat terhubung dari jaringan lokal ke jaringan internet dengan menggunakan gateway tersebut.

2. Filtering

Pada dasarnya, proxy server bekerja pada layer aplikasi. Dengan adanya fungsi filtering ini, proxy server menjadi firewall yang dapat melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Selain itu, dengan menjadi firewall maka dapat dikonfigurasi untuk menolak situs-situs yang tidak diinginkan.

3. Caching

Caching merupakan proses menyimpan objek dan data yang pernah diakses oleh pengguna sebelumnya. Contohnya, ketika membuka sebuah situs maka otomatis gambar dan objek yang terdapat dalam situs tersebut akan disimpan dalam bentuk cache. Dengan proxy server, maka akan memudahkan terjadinya proses chaching.

Bagaimana Cara Kerja Proxy Server ?

cara kerja proxy server adalah

Pada dasarnya, prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana. Ketika pengguna menggunakan layanan proxy server, dimana pengguna meminta data atau file yang terdapat di jaringan global, maka otomatis proxy server akan meneruskan permintaan tersebut ke internet dengan seolah-olah proxy server yang memintanya. Setelah memintanya dari internet, proxy server akan memberikan respon terhadap permintaan pengguna seolah-olah proxy server yang memberikannya secara langsung. Sehingga alamat lokal pengguna tidak terekam oleh internet.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian proxy server, jenis dan fungsinya beserta cara kerja proxy server dalam jaringan. Dengan begitu, artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dan membantu Anda untuk memanfaatkan proxy server dengan baik.

Leave a Reply

Send this to a friend