Pengertian Python Beserta Kelebihan dan Kekurangan Python, Sudah Tahu?

Bagi kalangan programmer, Python mungkin sudah tidak asing di dengar. Apa sih Python itu ? Python adalah bahasa pemrograman yang populer.

Pada tahun 2017, Python berada di urutan ke 5 bahasa program yang paling populer di dunia. Nah untuk lebih jelasnya apa itu Python, baca artikel ini sampai habis ya.

Pengertian Python

Pengertian Python

Python adalah bahasa pemrograman interpreatatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Bahasa pemograman Python disebut sebagai bahasa yang kemampuan, menggabungkan kapabilitas, dan sintaksis kode yang sangat jelas, dan juga dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.

Python adalah sebuah bahasa pemograman scripting tingkat tinggi atau high-level, interpreted, interactive, dan object-oriented. Python dengan desain yang sangat mudah di baca dan dipahami, karena sama seperti bahasa pemograman yang lainnya yaitu dengan menggunakan kata bahasa inggris. Selain itu juga lebih sedikit dalam penggunaan rumus atau syntac.

  1. Interpreted : Python diproses pada saat runtime oleh interpreter, artinya Anda tidak perlu untuk mengkompilasi program Anda sebelum dijalankan. Sama seperti di bahasa pemograman PHP dan PERL
  2. Interactive : Maksudnya Anda dapat secara langsung berinteraksi dan menafsirkan scripting menggunakan Prompt Python pada saat menulis program Anda
  3. Object-oriented : Python juga mendukung sistem object-oriented atau teknik pemograman yang merangkum kode dalam objek.

Python dibuat dan dikembangkan lebih lanjut oleh Guido Van Rossum, yaitu seorang programmer yang berasal dari Negara Belanda. Dibuat dan dikembangkan di kota Amsterdam, Belanda pada tahun 1990. Pada tahun 1995 Python dikembangkan lagi agar lebih kompatibel oleh Guido Van Rossum.

Kemudian di awal tahun 2000 versi Python dikembangkan dan diperbaharui lagi sehingga kini Bahasa Pemrograman Python telah mencapai Versi 3. Sebenarnya awal mula dari kata ‘ Python ‘ Diambil oleh Guido Van Rossum dari sebuah acara televisi yang lumayan terkenal yang bernama Mothy Python Flying Circus, Yaitu sebuah acara sirkus yang disukai oleh Guido Van Rossum. Python mempunyai beberapa fitur unik di dalam bahasa pemrogramannya diantaranya sebagai berikut :

  • Bahasa pemrograman python memiliki tata bahasa dan script yang sangat mudah untuk dipelajari.
  • Bahasa pemrograman python memiliki sistem pengelolaan data dan memori yang otomatis.
  • Bahasa pemrograman python mempunyai modul yang baru dan selalu diperbaharui.
  • Bahasa pemrograman python memiliki banyak fasilitas pendukung dan memudahkan para penggunannya.
  • Bahasa pemrograman python sangat mudah dipahami seperti bahasa pemrograman lainnya.

Python mendukung berbagai sistem operasi syntax. Python bisa dijalankan dan ditulis untuk membangun aplikasi di beragam sistem operasi. Yaitu :

  • Linux/Unix
  • Microsoft Windows
  • Mac OS
  • Android
  • Java Virtual Machine
  • Symbian OS
  • Amiga
  • Palm
  • OS/2

Jadi kenapa programmer harus belajar Python? Karena..

  • Cepat dan efektif
  • Mudah dipelajari
  • Banyak digunakan di perusahaan besar
  • Sekedar ingin tahu saja.
  • (tambahkan sendiri)

Kelebihan Python

Pengertian Python adalah

Meskipun tidak sepopuler bahasa pemrograman C atau Java, kelebihan bahasa pemrograman Python dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam memilih bahasa pemrograman yang akan dipelajari. Bahasa Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menjadi bahasa pemrograman resmi yang digunakan oleh perusahaan Google.

Seperti bahasa-bahasa lainnya, kelebihan bahasa pemrograman Python menyebabkan perusahaan-perusahaan teknologi meliriknya untuk digunakan dalam mengembangkan platformnya. Jadi, apa aja sih kelebihan dari bahasa pemograman Python ? Kelebihan-kelebihan bahasa pemrograman Python tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mudah Dipelajari

Mudah dipelajari sudah melekat sebagai salah satu kelebihan bahasa pemrograman Python diantara bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemograman Python ini memiliki sintaks-sintaks yang cukup sederhana dan mudah dimengerti.

Python merupakan bahasa yang sangat dinamis, yang dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi. Filososfi ini menjadikan bahasa pemrograman Python memiliki kelebihan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya

2. Mudah Digunakan

Kelebihan bahasa pemrograman Python lainnya adalah bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang mudah untuk digunakan dalam mengembangkan sebuah produk, baik itu web, software, aplikasi web, maupun video game.

Selain memiliki keterbacaan kode yang tinggi, sehingga kode mudah dipahami, bahasa pemrograman ini memiliki library yang sangat banyak dan luas. Berbagai macam jenis library ini memuat sangat banyak perlengkapan dan fungsionalitas yang dangat luar biasa, sehingga kemudahan membangun program menjadi salah satu yang ditawarkan oleh bahasa pemrograman tersebut.

3. Mendukung Internet of Things Dengan Baik

Kelebihan bahasa pemrograman Python salah satunya adalah merupakan bahasa yang mendukung ekosistem Internet of Things dengan sangat baik.

IoT sedang marak dibicarakan atau bahkan dikembangkan di kalangan maker. Internet of Things adalah sebuah teknologi yang menghubungkan benda – benda di sekitar atau lingkungan kita ke dalam sebuah jaring – jaring yang menghubungkan satu sama lain.

Teknologi yang mengusung semua benda dapat terhubung dalam satu jaringan internet ini tidak terlepas dari kebutuhan akan bahasa pemrograman dalam mengembangkan sistemnya. Dan bahasa pemrograman Python menawarkan dukungan yang sangat baik terhadap teknologi ini.

Kekurangan Python

Berikut beberapa kekurangan dari bahasa pemograman Python

  • Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, serupa bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak serupa bahasa pemrograman kompilasi serupa bahasa C.
  • Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.
  • Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip bertampilan untuk mereka.
  • Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara meluas. Python menyiapkan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend