Kenali Pengertian Website Beserta Manfaat dan Jenis-jenis Website

Belakangan ini kita sering mendengar istilah “generasi Z”. Generasi Z adalah generasi yang menjelaskan tentang mereka yang selalu aktif dan bergerak cepat untuk beradaptasi terhadap perkembangan teknologi. Selain itu, generasi Z juga dikenal dengan kelihaiannya dalam mengakses informasi dari dunia maya yang bersifat tidak terbatas.

Generasi ini begitu eksis di dalam dunia maya melalui situs-situs atau website yang digunakan unutk bersosialisasi. Website jenis ini biasa dikenal dengan istilah keren social media atau sosmed. Banyak dari generasi ini dapat menggunakan teknologi website ini untuk hal-hal yang positif seperti misalnya menunjukkan kreativitas mereka di dunia maya. Namun tidak sedikit juga kita mendengar bahwa generasi ini menyalahgunakan teknologi ini. Sungguh sangat disayangkan mengingat usia mereka yang masih muda.

website adalah

Generasi ‘Z’

Beberapa dari mereka yang serius menekuni hal positif di balik dunia maya ini justru ada yang bisa menghasilkan uang tambahan untuk jajan. Misalnya saja mereka bisa menjadi penulis artikel di beberapa website, apalagi jika mereka memang memiliki hobi dan minat menulis.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian website beserta manfaat dan jenis-jenis website. Meskipun Anda sudah sering mengakses banyak website setiap harinya, tetapi mungkin ada beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang website. Saya harap anda meluangkan waktu luang Anda untuk membaca artikel ini agar Anda mendapatkan informasi yang bermanfaat mengenai apa itu website beserta hal-hal yang berhubungan dengan website

Pengertian Website

Website adalah kumpulan informasi yang berbentuk halaman-halaman elektronik atau web page. Sebuah website umumnya terhubung pada sebuah alamat penunjuk yang spesifik. Alamat penunjuk tersebut dinamakan domain, misal Detik.com atau Nesabamedia.com. Website pada umumnya terdiri dari format teks, gambar, table, grafik, kutipan , video, musik, dan format visual lainnya yang menarik bagi pengunjung website tersebut.

Sebuah website biasanya bisa diakses secara umum. Kebanyakan website dapat diakses melalui public internet protocol (IP) dalam sebuah jaringan internet. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa website tersebut diakses secara offline melalui jaringan LAN. Website bisa berupa website pribadi, komersial, pemerintahan, dan website lainnya yang dibuat untuk kepentingan profit maupun non profit yang dipublikasikan secara umum. Selain itu, website juga dapat dibuat untuk tujuan khusus seperti misalnya untuk hiburan, pendidikan, dan juga kepentingan sosial.

pengertian website

Static website vs dynamic website

Berdasarkan penampilan dan respon ketika diakses, website bisa dikategorikan ke dalam dua jenis utama yaitu static website dan dynamic website. Mungkin Anda sebenarnya sering berinteraksi dengan kedua jenis website ini. Namun karena terlalu menikmati informasi positif yang ada di dalam halaman website tersebut, seringkali Anda tidak begitu ingin tahu perbedaan keduanya. Nah mari kita pelajari apa itu static website dan dynamic website.

1. Static website

Static website pada umumnya merupakan informasi yang disimpan di dalam server dengan format tertentu yang nantinya akan tampil secara identik untuk semua pengguna atau users. Website jenis ini umumnya dikembangkan dengan menggunakan Bahasa pemrograman Hypertext Markup Language (HTML) atau pun Cascading Style Sheets (CSS).

Pada umumnya static website ini akan menampilkan bentuk yang sama ketika kita mengunjunginya. Meskipun pengelola website melalukan pembaharuan informasi, biasanya penampilan yang muncul pada saat kita mengakses website tipe ini tetap sama. Jika pengelola ingin mengubah penampilan dari website ini, maka pengelola harus mengubahnya melalui kode-kode program yang tentunya menuntut pengelola untuk memahami prinsip-prinsip pemrograman sebuah website.

Website jenis ini mempunyai protipe yang hampir mirip, yaitu memiliki sekitar setidaknya 5 halaman utama. Halaman-halaman tersebut biasanya digunakan untuk menuliskan infomasi mengenai produk, kontak, sejarah dan informasi-informasi umum mengenai website tersebut. Di dalam website tersebut juga bisa dimuat informasi multimedia seperti musik dan video. Namun pada website jenis ini umumnya video dan musik langsung dimainkan secara otomatis. Dan pada umumnya tidak memungkin interaksi secara lebih fleksibel antara pengunjung dan website itu sendiri.

2. Dynamic website

Berbeda dengan static website, dynamic website mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan dirinya sesuai dengan keadaan saat users mengakses website tersebut dengan memanfaatkan database. Jika pada static website, kebanyakan diatur menggunakan HTML dan CSS, maka pada dynamic website ini penampilannya juga diatur menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, PHP, Javascript, Phyton dan dan lain sebagainya. Dengan begitu, pengembang website bisa membuat halaman dengan konsep visual dan kemampuan interaksi tinggi dengan penggunanya. Beberapa fitur yang biasanya terdapat pada dynamic website adalah cookies, fasilitas live chatting, kolom komentar, form registrasi dan lain sebagainya.

Pada dynamic website ini Anda sebagai pengembang bisa membuat agar beberapa halaman tampil selayaknya halaman statis seperti pada static website, tetapi kemudian digabungkan dengan engine untuk menampilkan sekumpulan artikel terakhir yang Anda terbitkan, atau yang lebih dikenal dengan istilah blog engine. Dengan menggunakan tipe website seperti ini, maka Anda berpotensi membuat pengunjung betah membaca konten di dalam website Anda. Selain itu pada dynamic website ini, Anda juga bisa menambahkan perbaruan aktivitas yang tercatat pada website Anda.

Manfaat Website

pengertian website

Salah satu manfaat utama website adalah mempercepat penyebaran informasi

Manfaat website yang paling utama adalah untuk menyebarkan informasi melalui dunia digital. Dengan adanya dunia digital yang bisa diakses melalui jaringan internet ini, maka arus pertukaran informasi dapat dilakukan secara internasional dan tidak terbatas oleh batasan tempat.

Melalui website, orang di seluruh dunia bisa saling bertukar informasi terkini sehingga tidak ketinggalan perkembangan teknologi, budaya, dan ilmu pengetahuan yang sedang meroket di segala belahan dunia. Kini selain sebagai media untuk bertukar informasi, website juga bisa menjadi media untuk promosi dan mengembangkan bisnis. Di samping itu, website juga ramai digunakan sebagai ruang untuk mengekspresikan diri atau yang kini populer dengan sebutan media sosial atau sosmed.

Namun yang tidak kalah penting adalah website juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan komunitas yang sesuai dengan minat kita. Melalui website ini Anda bisa tergabung misalnya di dalam komunitas pecinta alam, fotografi, programmer, maupun situs bekerja secara freelance. Yang jelas website memberikan banyak manfaat positif jika kita mampu menggunakannya secara bijak dan untuk tujuan yang positif pula.

Jenis-jenis Website Paling Umum

Beberapa tahun belakangan ini, dunia maya telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di Indonesia sendiri kini semua informasi mulai dialihkan ke sistem digital melalui media website ini. Nah di Indonesia terdapat beberapa bentuk website yang sangat populer dan paling umum digunakan. Jenis-jenis website tersebut adalah website pribadi, website berbagi foto, website komunitas/forum, website media sosial, dan website E-commerce. Nah untuk lebih jelasnya marilah kita simak penjelasan dari masing-masing jenis website tersebut.

1. Website pribadi

Contoh website pribadi

Contoh website pribadi

Website pribadi adalah jenis website yang umumnya digunakan untuk menampilkan biografi diri. Kategori website ini biasanya berisi tentang profesi seseorang, pengalaman seseorang dan hal-hal yang memuat tentang apa yang sedang dikerjakannya. Melalui website ini, biasanya seseorang mengharapkan bahwa dia akan mendapatkan tempat untuk berbagi cerita atau pengalaman yang dimilikinya. Website jenis ini juga sering disebut dengan nama ‘blog’. Anda dapat membuat website pribadi atau blog dengan mudah dan gratis melalui link berikut ini.

2. Website berbagi foto

Website berbagi foto adalah jenis website yang digunakan untuk membagikan momen-momen menarik dan menyenangkan yang kemudian diabadikan di dunia maya. Pada umumnya website ini akan melibatkan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama dalam dunia fotografi, entah itu sebagai amatiran maupun yang profesional. Meskipun begitu, semua orang dari berbagai kalangan dan usia saat ini banyak yang menggunakan website jenis ini (jadi tidak harus memiliki hobi fotografi). Salah satu contoh website berbagi foto yang paling populer adalah Instagram.

 

3. Website media sosial

jenis-jenis website

Facebook, salah satu contoh website sosial media

Website yang satu ini adalah jenis yang paling populer. Mereka yang tergabung dalam website seperti ini umumnya adalah mereka yang ingin mengekspresikan dirinya di dalam dunia maya. Pengguna website ini sangat beragam, mulai dari remaja sampai orang dewasa. Melalui website ini para penggunanya berbagai pengalaman pribadi apapun. Termasuk di dalamnya adalah saling membagikan video dan gambar. Beberapa website sosial media yang paling populer saat ini adalah Facebook dan Twitter.

4. Website komunitas/ forum

Website komunitas/ forum adalah jenis halaman di dunia maya yang memberikan fasilitas bagi Anda yang senang berdiskusi dengan banyak orang. Topik yang didiskusikan bisa mencakup banyak hal. Pada umumnya mereka yang tergabung dalam forum seperti ini adalah mereka yang mengalami permasalahan dan mencoba mencari tahu jawabannya di dalam website tersebut. Salah satu contoh website komunitas/ forum yang paling populer di Indonesia adalah Kaskus.

5. Website E-commerce

Jenis terakhir yang kita bahas adalah website E-commerce. Sesuai dengan namanya, website ini digunakan untuk mempromosikan produk-produk untuk keperluan bisnis. Di Indonesia, baik bisnis besar maupun kecil telah dipublikasikan secara online. Melaui website E-commerce ini maka Anda tidak perlu melangkahkan kaki meninggalkan kediaman Anda untuk membeli barang yang Anda inginkan. Jadi kehadiran website ini akan mempermudah aktivitas Anda dalam melakukan kegiatan berbelanja. Beberapa contoh website e-commerce yang saat ini naik daun adalah Blibli dan Tokopedia.

Ada pertanyaan atau komentar?