Pengertian Biografi Beserta Fungsi, Unsur dan Jenis-Jenisnya, Yuk Disimak!

Pengertian Biografi

Kata biografi berasal daru bahasa Yunani yaitu kata Bios yang mempunyai arti hidup dan kata graphien yang memiliki arti tulis. Biografi ialah suatu tulisan yang isinya membahas mengenai kehidupan seseorang. Sederhananya, pengertian biografi juga bisa memiliki arti sebagai suatu kisah riwayat hidup seseorang. Biografi juga bisa memiliki bentuk dengan hanya beberapa b aris dari kalimat saja, tetapi biografi itu bisa lebih dari satu buku.

Pada biografi singkay hanya menuliskan mengenai fakta-fakta yang ada di kehidupan seseorang dan peran-peran pentingnya. Biografi yang panjang didalamnya terdapat informasi-informasi yang memiliki sifat yang penting tetapi juga sudah dikisahkan dengan lebih khusus atau mendetail dan juga dapat dipadu padankan dengan gaya cerita yang menarik.

Umumnya, biografi adalah suatu buku yang didalamnya menceritakan kejadian yang ada di hidup seseorang. Melalui biografi tersebut juga bisa ditemukan suatu hubungan, yaitu keterangan arti dari suatu tindakan yang tertentu maupun suatu misteri yang terdapat pada hidup seseorang, serta juga merupakan suatu penjelasan tentang perilaku maupun tindakan didalam hidup orang tersebut.

pengertian biografi adalah

Biografi juga bisa menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh yang terkenal maupun tidak terkenal. Dan biografi juga sabgat sering menceritakan tentang seorang tokoh sejarah, tetapi tidak jarang juga tentang orang yang saat ini masih hidup. Dan banyak pula biografi pada saat sekarang ini ditulis dengan secara kronologis.

Biografi memerlukan bahan yang udama dan juga bahan pendukungnya. Bahan utama tersebut bisa berbentuk benda-benda, contohnya yaitu seperti buku harian, kliping koran, surat-surat, dan lain sebagainya.

Bahan pendukungnya contohnya yaitu seperti buku referensi maupun sejarah yang menjelaskan peranan tokoh tersebut didalam biografi dan lain sebagainya. Biografi merupakan sebuah kisah maupun keterangan perjalanan dari kehidupan seseorang yang sumbernya ada pada subjek rekaan maupun kisah nyata.

Pengertian Biografi Menurut Para Ahli

biografi

Adapun pengertian dari Biografi menurut beberapa para ahli. Biografi juga berkaitan erat dengan sejarah. Dimana dengan sejarah dari seseorang memiliki suatu cerita yang dapat menggambarkan kehidupan seseorang.

Dan dibawah ini akan memaparkan penjelasan dari pengertian biografi dan sejarah menurut para ahli :

1. Menurut KBBI

KBBI berpendapat bahwasanya pengertian dari biografi yaitu suatu riwayat hidup dari seseorang yang dituliskan oleh orang lain. Dan riwayat hidup yang sengaja ditulis oleh mereka sendiri biasanya disebut dengan otobiografi.

2. Menurut Nugroho Notosusanto

Nugroho notosusanto berpendapat bahwasanya pengertian dari sejarah yaitu segala peristiwa yang terdapat dan berhubungan dengan seseorang yang menjadi makhluk yang bermasyarakat dan telah terjadi di masa lampau.

3. Menurut Taufik Abdullah

Taufik Abdullah berpendapat bahwasanya pengertian dari sejarah yaitu suatu tindakan seseorang yang telah dilakukan dalam kurun waktu yang tertentu di masa lampau dan ditempat yang tertentu.

4. Menurut Drs. Sidi Gazalba

Drs. Sidi Gazalba berpendapat bahwasanya pengertian dari sejarah yaitu masa lalu dari seseorang dan seputarnya yang sudah disusun dengan cara ilmiah dan juga sangat lengkap yang didalamnya termasuk urutan dari fakta masa lalu tersebut serta penjelasan yang dapat memberikan pemahaman mengenai apa yang telah berlaku.

5. Menurut J.V. Byce

J. V. Byce berpendapat bahwasanya pengertian dari sejarah yaitu suatu cacatan yang sudah diperbuat, dipikirkan dan dikatakan oleh tiap manusia.

Fungsi dan Tujuan Biografi

pengertian biografi beserta fungsi dan tujuannya

Biografi yang baik pasti mempunyai fungsi dan tujuan yang baik pula didalam pembuatannya. Dengan begitu, maka ketika Anda ingin membuat suatu biografi, Anda harus memperhatikan fungsi dan tujuan dari biografi tersebut. Berikut fungsi dan tujuan dari biografi :

  1. Biografi yang baik pasti selalu menerapkan hal yang baik dari setiap tokoh yang akan dituliskan menjadi biografi tersebut. Karena dengan begitu, setiap orang yang membaca biografi tersebut dapat belajar sejumlah pengalaman hidup dari tokoh tersebut.
  2. Suatu biografi yang baik harus memiliki fungsi memotivasi pembacanya. Dan tujuan dari biografi tersebut juga akan membuat seorang pembaca merasa termotivasi dari cerita pengalaman hidup sang tokoh. Contohnya yaitu sang pembaca termotivasi dan terinspirasi dari kesuksesan tokoh tersebut.
  3. Fungsi yang ketiga yaitu, harus mengetahui pengalaman serta kisah hidup dari tokoh didalam biografi. Dari cerita yang baik tersebut akan membuat pembaca senantiasa meniru perlakuan baik dari sang tokoh yang dituliskan.

Unsur-Unsur Biografi

biografi

Adanya unsur-unsur pada biografi sangat penting didalam penulisan biografi. Karena isi dari biografi tersebut dapat ditata dengan baik dan bisa melengkapi suatu cerita. Dan berikut ini merupakan unsur-unsur dari biografi :

  1. Unsur pokok yang terdapat pada biografi yaitu merupakan identitas dari tokoh yang ingin diceritakan. Dan identitas tersebut meliputi nama, tempat dan tangga lahir, pekerjaan, dan juga riwayat dari pendidikan tokoh tersebut. Tidak hanya itu, dpaat juga ditambahkan mengenai informasi dari keluarga tokoh tersebut.
  2. Unsur pandangan hidup, dengan pandangan hidup tokoh tersebut dapat membuat pembaca merasakan sudut pandang dari tokoh mengenai sesuatu. Contohnya yaitu sebuah opini atau pendapat dari tokoh didalam biografi.
  3. Unsur pengalaman hidup, pengalaman hidup seorang tokoh juga sangatlah penting. Contohnya yaitu sebuah pengalaman kegiatan para tokoh mengenaik pengalaman hidup di keorganisasiannya.
  4. Unsur kebiasaan positif, kebiasaan positif tersebut adalah seorang tokoh memiliki kehidupan yang bagus atau positif untuk bisa dijadikan teladan atau panutan yang baik untuk para pembaca.

Jenis-jenis Biografi

pengertian biografi dan jenis-jenisnya

Adapun beberapa jenis biografi yang didasari oleh beberapa hal. Berikut jenis-jenis biografi :

1. Biografi yang didasari oleh isinya

  • Biografi dari perjalanan karir, biografi ini adalah biografi yang berisikan mengenai perjalanan karir dari seorang tokoh. Dimulai dari awal karir hingga karirnya sampai sekarang ini. Biografi ini juga bisa berisikan perjalanan karir tokoh didalam mencapai suatu kesuksesan yang tertentu.
  • Biografi dari perjalanan hidup, biografi ini adalah biografi yang berisikan menenai perjalanan hidup dari seorang tokoh dengan lengkap maupun dapat mengambil beberapa dari bagian perjalanan hidup yang memberikan kesan yang baik.

2. Biografi yang didasari perizinan

  • Authorized Biography, merupakan sebuah biografi yang penulisan tersebut sudah mendapatkan izin maupun sudah diketahui oleh tokoh yang akan dituliskan pengalaman hidupnya.
  • Unauthorized Biography, merupakan sebuah biografi yang penulisan tersebut tak berdasarkan izin maupun tidak diketahui oleh tokoh yang akan dituliskan pengalaman hidupnya. Biasanya penulisan biografi ini dilakukan karena tokoh tersebut sudah wafat.

3. Biografi yang didasari pernerbit

  • Buku subsidi, merupakan biografi tokoh yang biaya dari penulisan dan produksinya telah ditanggung oleh suatu sponsor. Apabila dilihar secara komersil, biografi tersebut tak akan laku atau harga jual dari buku tersebut harganya terlalu tinggi.
  • Buku sendiri, merupakan sebuah biografi tokoh yang sudah dijadikan buku oleh suatu penerbit. Dan biaya dari produksi dari awal penulisan, percetakan hingga pemasarannya ditanggung oleh diri sendiri. Tujuan penulisan biografi ini yaitu untuk dapat dijual dipasaran maupun mendapatkan perhatian dari publik.

4. Biografi yang didasari dari pembahasannya

  • Biografi jurnalistik, merupakan biografi yan dari penulisannya didaparkan dari suatu hasil wawancara secara langsung dengan tokoh yang nantinya akan dituliskan pengalaman hidupnya.
  • Biografi intelektual, merupakan biografi yang berisikan penjelasan pengalaman hidup dari tokoh intelektual yang dapat dilihat dari sudaut pandang ilmiah. Biografi ini dapat dibuat melalui segala riset dan penulisannya tersebut dapat menggunakan bahasa yang ilmiah.
  • Biografi politik, merupakan biograsi yang berisikan mengenai pengalaman hidup seorang tokoh dari sebuah negara yang dilihar dari sudut pandang politiknya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian biografi, pengertian biografi menurut para ahli, fungsi dan tujuan biografi, unsur-unsur biografi, dan jenis-jenis biografi.

Leave a Reply

Send this to a friend