Pengertian Sejarah Beserta Manfaat, Ciri-Ciri dan Unsur-Unsur Sejarah

Pengertian Sejarah

Tahukah kamu apa pengertian dari sejarah? Pengertian sejarah secara umum yaitu suatu kejadian atau peristiwa yang sudah lama terjadi di masa lampau dan bisa kita ketahui melalui peninggalan-peninggalan yang ada pada masa tersebut.

Pengertian sejarah juga bisa diartikan sebagai sebuah cabang ilmu yang bertugas untuk dapat melakukan kajian dengan cara sistematis tentang keseluruhan perkembangan dari proses perubahan dan juga dinamika dalam kehidupan yang ada di masyarakat dan telah terjadi di masa lampau.

Pengertian Sejarah menurut Beberapa Ahli

Pengertian Sejarah menurut Beberapa Ahli

Untuk dapat memahami apa yang dimaksudkan oleh sejarah, maka Anda dapat melihat dari sudut pandang beberapa ahli mengenai pengertian sejarah yang ada di bawah ini :

1. J.V. Bryce

J.V. Bryce beranggapan bahwa pengertian dari sejarah yaitu merupakan sebuah catatan yang didasari dari apa yang sudah dipikirkan, dikatakan serta sudah diperbuat oleh seorang manusia.

2. E. H. Carr

E. H. Carr beranggapan bahwa pwngertian dari sejarah yaitu merupakan suatu percakapan yang tak akan pernah selesai di antara masa yang sekarang dan masa yang lalu, hal itu dikarenakan proses dari interaksi yang saling terkait antara seorang sejarawan dan juga suatu fakta yang telah dimilikinya.

3. Nugroho Notosusanto

Nugroho Notosusanto beranggapan bahwa pengertian dari sejarah yaitu beberpaa kejadian yang mengaitkan manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat yang telah terjadi di masa lalu. Sejarah tersebut memiliki arti sebuah kisah tentang semua kejadian tersebut, dan kisah-kisah tersebut telah disusun sebagaimana mestinya yang didasarkan oleh peninggalan-peninggalan dari beberapa kejadian tersebut.

4. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta beranggapan bahwa pengertian dari sejarah yaitu yang ada pasa wujudnya mengenai kisah masa lalu. Sejarah juga bukanlah hanya sekedar untuk melahirkan kriteria dari sebuah peristiwa yang terjadi di masa lampau, akan tetapi pemahaman yang terjadi dimasa lalu yang berisikan beebagai dinamika, mungkin akan mengandung beberapa problematik dalam pelajaran untuk generasi selanjutnya.

5. John Tosh

John Tosh beranggapan bahwa pengertian dari sejarah yaitu merupakan suatu memori yang kolektif dan menjadi sumber dari pengalaman melalui pengembangan dari sebuah rasa identitas sosial dari orang-orang dan juga harapan orang-orang tersebut di generasi yang akan datang.

Baca Juga : Pengertian Hukum

Manfaat Sejarah

Manfaat Sejarah

Sejarah atau kejadian yang terjadi di masa lampau bisa kita jadikan sebuah pedoman untuk kehidupan generasi yang akan datang. Pedoman-pedoman tersebut bisa didapatkan dengan cara mempelajari segala peninggalan dari sejarah tersebut.

Hal tersebut dapat diartikan sebuah sejarah akan menjadi penghubung di antara generasi sekarang dan yang akan datang. Louis Gottschalk dan Nugroho Notosusanto beranggapan bahwa manfaat dsri sejarah yaitu bisa dibagi menjadi 4 bagian, dan berikut bagian-bagiannya :

1. Inspiratif

Manfaat dari sejarah yaitu insfiratif, hal ini berguna untuk menaikkan moral dari generasi muda agar terus bergerak maju. Pendidikan-pendidikan moral akan bisa didapatkan ketika kita telah mempelajari kejayaan dari bangsa Indonesia di periode Hindu-Buddha dan juga Islam.

Kejayaan dari kerajaab besar yang ada di Indonesia tersebut sepertu halnya oleh Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit, dan juga Kerajaan Aceh. Dan kemudian hal tersebut jufa busa memberikan pengetahuan lebih kepada generasi muda bahwasanya sejak dahulu kala Indonesia merupakan sebuah bangsa yang maju.

2. Edukatif

Ciceri pernah mengatakan bahwa sejarah meruoakan guru kehidupan atau dalam bahasa lainnya yaitu historua magistra vitae est. Tidak hanya itu, sejarah juga merupakan sumber dari ilmu pengetahuan, sejarah tersebut dapat mengajarkan pada generasi muda hal yang maik dan yang buruk, antagonis dan protagonis, nilai-nilai dari kepahlawanan, dan lain sebagainya.

Misalnya yaitu, kita bisa mengetahui bahwasanya Belanda telah mengaplikasikan suatu strategi untuk dapat memecah belah bangsa Indonesia dengab cara mengadu domba dalam bidang politik. Dan karena hal itu pula, kita harus dapat belajar dari kejadian-kejadian tersebut supaya bangsa indonesia tetap harus kompak untuk bersatu. Dengan begitu bangsa indonesia tidak akan mudah untuk dipecah belah oleh bangsa asing.

3. Instruktif

Manfaat lainnya dari sejarah yaitu instruktif, dimana instruktif ini awalnya muncul pada proses penyampaian dari suatu ilmu pengetahuan. Misalnya yaitu pada saat diaplikasikannya sistem ekonomi liberal ataupun politik pintu terbuka pada tahun 1870.

Dan pada masa itu juga, telah terjadi suatu masalah kependudukan atau sosial. Contohnya yaitu terjadinya perlakuan yang tidak manusiawi kepada buruh. Peristiwa tersebut juga telah menyebabkan banyak sekali pekerja dari kebun yang melarikan diri, sakit dan sampai ada yang meninggal.

4. Rekreatif

Tahukah kamu bahwasanya dalam mempelajari sejarah juga dapat bermanfaat sebagai pemberi kesenangan atau rekresi? Hal itu pasti saja benar, dalam mempelajari sejarah dapat memberi kesenangan pada diri senduri. Karena ketika kita membaca kisah-kisah masa lalu atau sejarah, kita seakan-akan diajak untuk berpetualang melewati batas ruang dan waktu.

Begitu pun yang terjadi saat kita mengunjungi beberapa lokasi yang bersejarah. Contohnya yaitu saat kita mengunjungi museum maupun candi. Kita bisa menyaksikan hasil karya dari masa lalu yang sangat luar biasa. Makacdari itu, banyak wisata candi ataupun museun yang sering didatangi oleh orang-orang dari luar kota maupun turis dari luar negeri.

Baca Juga : Aliran Seni Rupa

Unsur-Unsur Sejarah

Unsur-Unsur Sejarah

Sejarah juga memiliki unsur-unsur yang dibagi atas 3 bagian, yaitu sebagai berikut :

1. Manusia

Unsur sejarah yang pertama yaitu manusia. Dan sejara selalu dikaitkan dengan beradaan manusia, karena manusia merupakan seseorang yang melakukan dan menjadi objek yang utama dalam setiap peristiwa yang terjadi di masa lalu. Manusia dalam kejadian yang bersejarah mempunyai peran yang sangat penting karena dalam sejarah, manusia yang slelau berperan penting terhadap suatu peristiwa yang terjadi.

Apabila tidak ada manusia dalam sebuah perustiwa sejarah, maka sejarah tersebut tidak akan pernah disebutkan sebagai sejarah. Hal tersebut disebabkan karena manusia tidak terlibat di kejadian bersejarah tersebut. Tidak hanya itu, pada akhirnya juga manusia yang akan menuliskan lalu menceritakan kembali suatu kejadian yang dianggap bersejarah tersebut.

2. Ruang

Unsur sejarah yang kedua yaitu ruang, ruang merupakan elemen sejarah yang terpenting juga. Ruang juga sering disebut sebagai tempat peristiwa terjadinya suatu sejarah. Ruang juga sangat berperan penting pada sebuah kejadian yang bersejarah, karena pasti ada tempat terjadinya sebuah kejadian yang bersejarah.

Tempat dari sejarah yang telah terjadi pun dapat bersufat semput maupun luas. Misalnya ruang yang terjadi pada sebuah perustiwa yang bersejarah adalah suatu kota, negara medan perang, lapangan sampai dengan ruang-ruang yang sempit sepertu suatu kamar, rumah maupun lahan yang memiliki lahan yang terbatas.

3. Waktu

Unsur sejarah yang terakhir atau yang ketiga adalah waktu. Waktu mempunyai peran yang sangat penting juga dalam suatu kejadian yang bersejarah. Karena dengan adanya waktu, kita swmua bisa mengetahui japan terjadinya suatu kejadian yang bersejarah tersebut.

Semua kegiatan yang melibatkan manusia juga dibatasi oleh waktu. Dan sifat dari waktu pada sebuah sejarah ini juga mempunyai sifat yang absilut dan juga pasti, contohnya yaitu bisa terjadi dalam waktu sebulan yang lalu, seminggu yang lalu bahkan bisa terjadi selama berapa ribu tahun yang lalu, dan yang terpenting harus memiliki waktu pada masa lampau atau lalu.

Dengan adanya waktu tersebut juga akan membuat suatu kejadian dapat dikstakan sebagai suatu sejarah. Sejarah juga adalah suatu kejadian yang telah terjadi di masa lalu. Dengan bertambahnya waktu dari hari ke hari, maka kejaduan yang telah terjadi pada saat ini akan menjadi suatu sejarah pada masa yang akan datang.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Ekonomi

Ciri-Ciri Sejarah

Ciri-Ciri Sejarah

Sama seperti hal yang lainnya, sejarah juga mempunyai ciri-ciri untuk dapat melengkapi suatu kejadian yang dianggap bersejarah. Berikut penjelasan dari ciri-ciri sejarah :

1. Empiris

Ciri-ciri pada sejarah yang pertama yang pertama yaitu Empiris. Hal tersebut berartu suatu kejadian bersejarah sangat bergantung pada suatu pengalaman manusia. Pengalaman itu jugs dapat direkam pada sebuah dokumen serta peninggalan-peninggalan dalam suatu sejarah yang lainnya, sehingga nantinya akan diteliti oleh para sejarahwan untuk bisa menemukan suatu fakta yang telah terjadi pada masa yang lalu.

2. Mempunyai Objek

Suatu sejarah juga harus mempunyai suatu objek. Contoh dari objek sejarah yaitu waktu yang ada di dalam kehidupan manusia. Sudut pandang dari waktu sering dijadikan sebuah objek yang terdapat dalam proses dari pembelajaran sejarah. Yang memegang peranan yang paling penting dari suatu kejadian dari sejarah yaitu manusia atau masyarakat.

3. Mempunyai Teori

Sama seperti cabang ilmu pengetahuan yang lainnya, ilmu dari sejarah juga mempunyai suatu teori. Teori tersebut sering digunakan dalam suatu pembelajaran dari sejarah. Ajaran-ajaran pokok dan juga teori dari sejarah juga sering digunakan untuk dapat mendukung sebuah pendapat atas telah terjadinya suatu peristiwa sejarah yang telah terjadinya.

4. Mempunyai Metode

Mempunyai metode pengamatan juga merupakan salah satu ciri-ciri dari sejarah. Metode pengamatan tersebut adalah metodologi dan juga cara-cara yang biasa digunakan untuk melakukat pengamatan pada sejarah. Menurut suatu rangka penelitian, sejarah juga memiliki metologi penelitiannya sendiri, dan menjadi pedoman-pedoman dari tradisi ilmiah yang selalu dihayati.

Baca Juga : Pengertian Budaya Politik

5. Generalisasi

Tahukah kamu suatu sejarah juga bisa digeneralisasikan? Ya, sejarah juga bisa digeneralisasikan. Dan berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, kita bisa mengambil kesimpulan yang umum untuk dapat menggambarkan suatu peristiwa yang sudah terjadi.

Dan pastinya kesimpulan serta generalisasi tersebut telah ditentukan dengan didasarkan oleh teori-teori yang ada, metode dan juga objek dari penelitian sejarah yang sudah dilalukan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sejarah dan juga komponen-komponen yang ada didalamnya yang harus Anda ketahui. Semoga dengan artikel ini Anda dapat mengerti lebih dalam apa yang dimaksud dengan sejarah.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend