• Our Partners:

Pengertian SMTP Adalah

Kenali Pengertian SMTP Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian SMTP

Pengertian SMTP Adalah

Apa itu SMTP? SMTP merupakan singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol yang termasuk ke dalam salah satu protokol jaringan internet. Protokol ini nanti akan digunakan untuk mengirimkan pesan elektronik atau email. Sebenarnya ketika membahas SMTP tidak bisa lepas dari POP3 dan juga IMAP. Hanya saja untuk IMAP dan juga POP3 hanya digunakan untuk menerima pesan.

Sementara itu, SMTP bertugas untuk mengontrol transmisi dan juga negosiasi data dengan memanfaatkan TCP atau Transfer Control Protocol. Di dalam struktur Layer OSI, SMTP sendiri berada di golongan layer aplikasi atau application layer yang dimanfaatkan oleh para pengguna untuk menentukan sumber daya pada jaringan, melakukan identifikasi terhadap partner komunikasi, dan juga untuk melakukan sinkronisasi komunikasi.

Ada juga protokol lain yang masuk ke dalamm layer aplikasi, yaitu HTTP atau Hypertext Transfer Protocol, FTP atau File Transfer Protocol, dan juga Telnet. SMTP pertama kali muncul dan diperkenalkan oleh RCF pada tahun 1982 yang mana pada waktu itu juga populer dengan sebutan STD 10.

Sekedar tambahan informasi bahwa sampai sekarang SMTP sudah mengalami banyak perubahan. Adapun perubahan terakhir yang dilakukan untuk SMTP yakni RCF 5321 yang diperkenalkan sekitar tahun 2008. Sama halnya dengan HTTP, di dalam pengoperasiannya SMTP juga memanfaatkan TCP yang mana tugas dari SMTP adalah untuk mengirim pesan elektronik atau Email.

Fungsi SMTP

Pengertian SMTP dan Fungsi SMTP Lalu apa saja fungsi SMTP? Fungsi dari protokol yang satu ini sudah kami jelaskan di awal bahwa ia berperan untuk mengirim pesan elektronik atau Email. Pengguna yang akan mendapatkan kiriman pesan tersebut adalah mereka yang menggunakan alamat IP pada TCP dengan port 25 yang mana di dalamnya juga menggunakan mesin antar host. Host yang digunakan tersebut yaitu MUA atau USer Agent dan juga MTA atau Mail Transfer Agent.

Kemudian, email yang sudah dikirim tersebut akan diterima oleh POP3 maupun IMAP. Selanjutnya POP3 atau Post Office Protocol 3 akan mengunduh dan lalu menyimpan email tersebut melalui data server yang ada di SMTP dengan memanfaatkan TCP pada port 10. POP3 akan mengunduh pesan seluruhnya tanpa harus memilih atau melakukan tindakan selektif.

Setelah seluruh pesan terdownload, maka klien POP3 bisa langsung memutus koneksi dan langsung bisa memindahkan seluruh data yang sudah didownload tersebut. Sebenanrya, masih ada IMAP atau Internet Message Access Protocol yang juga berguna untuk mengambil email. Namun bedanya, IMAP bekerja pada port 143 yang biasanya dilakukan oleh klien secara jarak jauh. Tentu hal ini jauh berbeda dengan POP3 yang penggunannya harus menerapkan konek dan diskonek.

Selain itu, SMTP juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara pengamanan jaringan TLS yang sebenarnya merupakan pengganti dari SSL. Untuk metode TLS ini adalah dengan mengenkripsi klien maupun data server dengan cara melakukan pertukaran kunci, implementasi chiper standar, maupun juga bisa melakukan otentifikasi. Masih banyak protokol yang berbasis IP yang juga merupakan pengguna TLS. Beberapa diantaranya seperti HTTP atau HTTPS, FTP, POP3, SMTP, dan juga NNTP.

Adapun manfaat atau fungsi lain yang terdapat pada SMTP antara lain sebagai berikut:

  • Digunakan untuk membantu mempercepat pengiriman surat
  • Privasi terjaga
  • Tidak perlu membutuhkan biaya untuk perangko
  • Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
  • Mempermudah Anda di dalam berkomunikasi, terutama ketika Anda berada di lokasi yang sangat jauh, seperti beda negara.
  • Memiliki banyak vendor yang telah menyediakan layanan email bagi para penggunanya.

Cara Kerja SMTP

Cara Kerja SMTP

Lalu bagaimana cara kerja SMTP? Bagi Anda yang ingin tahu seperti apa cara kerjanya, silahkan Anda simak baik-baik informasi penting yang akan kami bagikan di bawah ini:

Sebenarnya, untuk cara kerja dari SMTP sangat sederhana dan Anda pun tidak sampai kebingungan memikirkan atau menemukan jawaban mengenai cara kerja dari salah satu protokol yang populer ini. Prinsip dara penggunaan SMTP adalah terdapat email server yang berperan sebagai penampung sementara untuk surat elektronik sebelum nanti dikirimkan kepada tujuan.

Jadi, pada saat pengguna bermaksud mengirimkan suratnya kepada alamat tujuan, maka surat tersebut akan masuk ke dalam email server terlebih dahulu. Di sini nanti akan mulai proses pencocokkan dengan alamat email si penerima apakah memang sesuai dengan yang dimaksud oleh pengguna atau tidak. Pada saat alamat tujuan sudah terdeteksi bahwa memang cocok, maka surat elektronik sudah siap untuk dikirimkan ke alamat tujuan.

Pengirim juga akan memperoleh pemberitahuan atau nofikasi bahwa surat elektroniknya sudah berhasil terkirim. Nah, setelah Anda memahami sekilas memang cara kerjanya tida jauh berbeda ketika Anda memahami cara kerja surat ketika Anda menggunakan kotak pos. Bedanya, surat pos menggunakan surat berbentuk fisik, sementara SMTP menggunakan surat berbentuk elektronik.

Namun perbedaannya adalah waktu pengiriman menggunakan SMTP akan sangat jauh lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan surat pos. Apalagi ketika Anda menggunakannya untuk mengirim surat antar negara yang mana bahkan tidak bisa dijangkau oleh surat pos. Namun intinya adalah, surat yang kita kirim harus terlebih dahulu melalui berbagai tahapan dan proses.

Protokol SMTP juga bisa kita gunakan hanya karena kita sudah mendapatkan bantuan dari ISP atau Internet Service Provider. Mayoritas ISP tersebut sudah menyediakan fitur untuk pengiriman pesan dengan menggunakan SMTP. Hal ini memberikan kemudahan dimana Anda bisa langsung mengirimkan surat elektronik kepada alamat tujaun.

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada Anda berkaitan dengan pengertian SMTP beserta fungsi dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply