• Our Partners:

Pengertian SoundCloud

Apa Itu SoundCloud? Mari Simak Pengertian SoundCloud dan Kegunaannya

Pengertian SoundCloud

soundcloud

SoundCloud adalah sebuah media sosial yang berbasis sharing file suara sebagai fitur utamanya. Oleh pembuatnya, situs ini dirancang sebagai website untuk streaming musik. Namun, bersama berjalannya waktu, lambat laun user website ini semakin bervariasi, sehingga tidak hanya file musik saja yang dibagikan.

Meskipun demikian, tetap saja website ini dikenal sebagai wadah bagi para penggemar musik, di sini Anda dapat menemukan berbagai jenis musik dalam satu jendela saja. SoundCloud juga berguna sebagai media para musisi indie untuk membagikan hasil karyanya. Tidak semua lagu di dalam situs ini dapat di-download secara bebas, ada sebagian lagu atau file suara yang dikunci oleh pemiliknya. Meskipun demikian file tersebut sebenarnya masih bisa di-download dengan trik tertentu, meski kualitas suaranya jadi tidak asli.

SoundCloud didesain dan dipublikasikan oleh seorang berkebangsaan Jerman bernama Alexander Ljung dan seorang musisi dari Swedia bernama Eric Wahlforss. Oleh keduanya, website ini resmi dirilis pada Oktober 2008. Pada tahun 2017, Alexander Ljung melepaskan jabatannya sebagai CEO, digantikan oleh CEO Vimeo, Kerry Trainor. Mulai dari tahun 2008 ke tahun-tahun berikutnya, jumlah user baik yang mendaftar ataupun yang tidak mendaftar terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2019, trafik jumlah user SoundCloud sudah mencapai angka pada kisaran 175 juta setiap bulannya.

Tampilan jendela website ini bersih dan rapi, akses ke manu-menunya mudah dipahami, serta metode registrasi dan loginnya pun relatif simpel. Ada banyak fitur-fitur interaktif dan menarik di dalam website ini yang bisa membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya. Website streaming musik ini mulai merambah dunia mobile gadget sejak November 2015, sejak saat itu tersedia aplikasi SoundCloud untuk Android dan iOS.

Mengenal Fitur-Fitur dan Kegunaannya

MySpace dikenal sebagai platform web musik bagi para musisi. Sementara konsep awal perancangan SoundCloud dibuat untuk membuat platform media sosial berbasis musik, hal tersebut menjadi semacam tantangan tersendiri untuk MySpace. Website ini memiliki fitur-fitur yang kegunaannya hampir mirip dengan MySpace tapi dalam bentuk yang jauh lebih simpel dan fleksibel. Berikut ini kita bahas sejumlah fitur-fitur interaktif pada SoundCloud.

  1. User yang teregistrasi dapat mendengarkan file-file musik ataupun file suara tanpa dibatasi, serta diberi fasilitas ijin untuk meng-upload lebih dari 180 menit file musik atau suara melalui akun tersebut.
  2. Mampu mendistribusikan musiknya melalui widget dan aplikasi pada halaman web. User diijinkan untuk menempatkan widget ataupun aplikasi tersebut di halaman web mereka sendiri.
  3. Salah satu keunikan website streaming musik satu ini adalah menampilkan visualisasi track secara grafis di setiap file suara yang tampil di halaman website-nya. Di dalam tampilan grafis tersebut, user dapat menambahkan komentar, istilahnya “timed comments“. User dapat menempatkan komentar tersebut di titik track mana saja ia inginkan. Pada saat lagu atau file suara diputar, komentar-komentar tersebut akan bermunculan bersama proses diputarnya file.
  4. User yang tergistrasi diijinkan membuat playlist seperti pada aplikasi media player. Selanjutnya disediakan juga halaman yang berfungsi untuk menyimpan playlist tersebut.
  5. Ada fitur Like pada beberapa track, Like tersebut akan disimpan di halaman Like milik user. Selain itu, juga tersedia fitur Repost, Share, dan Follow kepada user yang lain.
  6. Desain API (Application programming interface) dalam konten website memungkinkan user untuk meng-upload file musik atau suara, juga men-download file musik/suara yang di-share apabila pemiliknya mengijinkan. API tersebut dapat terkoneksi dan terintegrasi dengan sejumlah aplikasi DAW (Digital audio workstation) seperti Studio One dan Logic Pro.
  7. SoundCloud mendukung untuk format file WAV, MP3, AAC, WMA, OGG, FLAC, dan AMR, serta sejumlah format file suara yang tidak biasa seperti AIFF, MP2, dan ALAC untuk kemudian di-transcode ke dalam format MP3 128 kbps dan Opus 64 kbps untuk keperluan streaming.
  8. SoundCloud mendukung licensi CC (Creative common license), yaitu lisensi publik terhadap hak cipta yang mengijinkan pendistribusian hasil karya digital secara bebas, sehingga orang lain dapat membagikan, menggunakan, dan membangun kembali hasil karya kreatif musik/suara yang telah dibuat.
  9. Memiliki dua (2) jenis fitur berlangganan (subscribe) yaitu SoundCloud Go dan SoundCloud Pro. Dengan berlangganan SoundCloud Go, user akan terbebas dari tampilan iklan (ad-free), diijinkan memutar lagu secara offline yang artinya lagu dapat di-download dan disimpan, dan akses untuk membuka file lagu atau file suara berlisensi. Sedang untuk jenis langganan SoundCloud Pro, merupakan sebuah layanan premium untuk para musisi, langganan jenis ini mengijinkan penggunanya untuk meng-upload file suara berdurasi lebih dari enam (6) jam, serta fitur tambahan seperti analisis dan mampu menutup akses komentar pada track. Pada jenis langganan SoundCloud Pro Unlimited, penggunanya dapat meng-upload file tanpa batas.

Mengenal Kelebihan & Kekurangannya

Ada sejumlah aplikasi dan website berbasis streaming musik, masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri bila dibandingkan dengan lainnya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan SoundCloud yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan SoundCloud

  1. dapat mengunduh secara gratis, lisensi dari file suara yang di-upload jelas statusnya, sehingga user tidak perlu khawatir apakah file suara yang digunakan melanggar hak cipta atau tidak
  2. user tidak harus berlangganan untuk menggunakan SoundCloud namun hanya bisa mendengarkan saja, bagi yang berlangganan akan mendapat akses tambahan pada fitur untuk membagikan file suara kepada publik dan fitur interaktif lainnya
  3. bebas dari iklan (ad-free)

Kekurangan SoundCloud

  1. sebagaimana media sosial berbasis streaming lainnya, performa dan proses loading halaman SoundCloud kadang tidak stabil dan loading-nya lambat
  2. koleksi lagu yang tersedia kurang lengkap, tidak semua lagu yang Anda harapkan tersedia di situs ini karena SoundCloud sangat memperhatikan masalah lisensi file suara yang di-upload

SoundCloud merupakan media yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki hobi musik dan berbagi file-file lagu ataupun file suara kepada publik. Demikian sedikit ulasan mengenai website SoundCloud, semoga bermanfaat dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Send this to a friend