Fitur Baru Youtube Music di Android Auto

Pengguna Gratisan Kini Bisa Unggah Lagu di Youtube Music Android Auto

NESABAMEDIA.COMPengalaman dalam menggunakan Android Auto akan semakin lebih baik lagi karena adanya dukungan baru Youtube Music untuk pelanggan gratisan. Google Home dan Google Assistant kini telah mendukung untuk memutar lagu yang diunggah oleh pengguna. Youtube Music kini telah terintegrasi dengan banyak aplikasi lain di Android, dan Play Music pun benar-benar telah ditamatkan riwayatnya oleh Google. 

Pengguna hanya tinggal mengucapkan “Hey Google, play this or that on Youtube Music.” Semudah itu. Nampaknya, Google menginginkan semua orang untuk mulai menggunakan Youtube Music dan berharap mereka beralih dari Spotify yang saat ini masih mendominasi aplikasi pemutar musik. 

Dijelaskan pula, bahwa lagu yang diunggah bisa diputar di Android Auto meski pengguna hanya menjadi member gratisan, bukan premium. Ini merupakan sebuah fitur yang sebelumnya tidak ada untuk pengguna gratisan di aplikasi pemutar musik manapun, dan Youtube Music bisa dibilang menjadi jawaban atas permintaan para pengguna gratisan selama ini.

Youtube Music di Android Auto

Youtube Music di Android Auto

Pengguna juga bisa menemukan adanya tombol playlist di antarmuka. Padahal biasanya hak tersebut hanya bisa dilakukan oleh pengguna premium. Google benar-benar ingin semakin di depan dan memberikan alasan lebih kepada pengguna untuk beralih ke Youtube Music.

Karena masih merupakan fitur baru, Youtube Music memerlukan banyak sekali peningkatan di beberapa sisi. Misalnya, batasan kualitas yang hanya 256Kbps, pilihan sortir playlist, pencarian musik dan lainnya.

Meski demikian, banyak pengguna yang mengaku sudah meninggalkan akun premium Spotify mereka, dan mulai menggunakan Youtube Music. Beberapa alasannya adalah karena Youtube Music memiliki lebih banyak fitur, terintegrasi dengan banyak perangkat Android dan ada layanan bebas iklan untuk pengguna premium, seperti yang diterapkan Spotify.

Adanya fitur unggahan lagu pengguna dan juga tombol playlist itu mungkin dianggap sebagai fitur atau perubahan kecil yang tidak terlalu signifikan. Namun bagi banyak pengguna, hal itu layak mendapatkan sambutan hangat. Mereka pun akan terus menunggu gebrakan baru dari Google akan aplikasi Youtube Music tersebut.

Sementara, Google memang dikabarkan tengah mengembangkan beberapa fitur baru lagi. Seperti integrasi antara Youtube Music dengan Smart TV untuk memudahkan proses streaming lagu. Kemudian juga menawarkan playlist personal ke Google Assistant dan fitur casting untuk pengguna non-premium.

Leave a Reply

Send this to a friend