Sistem Operasi Android 11

Bug di Android 11, Layar Seperti Terpotong Saat Membuka Aplikasi

NESABAMEDIA.COMBelum lama ini pengguna mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan versi Android mereka ke versi Android 11. Sayangnya ada sejumlah pengguna yang mengeluhkan adanya sebuah bug yang cukup mengganggu. Bug tersebut membuat tampilan layar tidak bisa ditampilkan seutuhnya, dan ada sebuah garis yang mengganggu menutupi sebagian layar.

Bug tersebut muncul dan dialami pengguna ketika menjalankan aplikasi tertentu, sebagian besar adalah aplikasi gaming. Pengguna melaporkan, tampilan layar mereka di bagian navigasi atas, seperti tertutup oleh garis, sehingga tampilannya terpotong. 

Mungkin bagi mereka yang menjalankan sebuah aplikasi biasa tidak akan begitu terganggu. Namun bagi pengguna yang hobi ngegame, hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan dan pengalaman dalam bermain game. 

Lebih lanjut, terpotongnya layar smartphone pengguna akibat bug itu, juga merembet menimbulkan masalah lainnya. Ketika bagian yang tertutup itu tertekan, maka aplikasi bisa tertutup dan pengguna diarahkan ke bagian home screen. Terkadang juga malah menekan tombol navigasi, membuka pengaturan atau malah membuka aplikasi lainnya. Betapa menyebalkan hal ini jika dialami oleh para gamers.

Bug Pada Android 11, Layar Tidak Tampil Sempurna

Bug Pada Android 11, Layar Tidak Tampil Sempurna

Adapun, sebagian besar jenis smartphone yang melaporkan mendapati bug tersebut adalah mereka yang menggunakan smartphone Samsung dengan UI 3.0. Bahkan bug ini sebenarnya sudah terjadi saat dalam versi Android 11 beta. Hingga Android 11 dirilis dalam versi stabil, sayangnya Google belum mampu memperbaiki bug tersebut.

Solusi sementara yang bisa dilakukan oleh pengguna yang mengalami bug tersebut di smartphone mereka adalah dengan merestart aplikasi, dan terus mencoba hingga bug tersebut hilang dengan sendirinya. 

Sebagai informasi tambahan, Android 11 dirilis pada awal September lalu. Diketahui juga versi ke 11 tersebut rupanya hanya bisa didapatkan oleh smartphone tertentu saja. Sejauh ini hanya smartphone flagship atau berspesifikasi tinggi yang bisa diupgrade ke versi Android 11. 

Dan karena usianya yang masih beberapa minggu, tentu akan ditemukan banyak sekali bug atau masalah teknis pada penggunaanya. Sehingga fungsi dari Android 11 ini tidak bisa dinikmati secara maksimal oleh para pengguna. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend