• Our Partners:

Fitur Penghemat Baterai dan Multitasking Android 11

Google Diam-Diam Uji Coba Fitur Penghemat Baterai dan Multitasking di Android 11

NESABAMEDIA.COMBagi pengguna ponsel Android yang memiliki jumlah RAM yang terbatas (2GB ke bawah), mungkin akan menemukan bahwa melakukan multitasking di ponsel Android mereka, menjadi sebuah hal yang merepotkan dan terkadang bisa menimbulkan masalah baru.

Kemampuan untuk bisa menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan di perangkat Android keluaran terbaru pun masih terus dikembangkan dan pasti ada saja kendalanya.

Terlepas dari kebutuhan akan RAM, kendala paling utama yang dihadapi adalah soal daya tahan baterai. Aplikasi yang berjalan pada latar belakang, tidak hanya memakan RAM tetapi juga menyedot daya baterai yang cukup besar. Hal inilah yang coba diatasi oleh Google dengan menguji coba fitur baru pada Android 11.

Fitur itu memungkinkan pengguna untuk melakukan freeze pada aplikasi yang ter-cache, kemudian mencegah aplikasi mengeksekusi perintah dan menghemat daya baterai karena aplikasi yang sudah di freeze itu tidak menggunakan CPU. 

Detail ini muncul dalam sebuah source code yang menjelaskan, “aplikasi akan dalam kondisi freeze saat di-cache, dan di unfreeze begitu aplikasi dimatikan atau tidak pada status cached. Aplikasi yang di-freeze tidak akan menggunakan CPU, mengurangi daya konsumsi baterai untuk proses yang tidak dikehendaki pengguna.”

Fitur ini secara diam-diam dikembangkan oleh Google, dan adalah seorang pengguna Reddit, yang menemukannya melalui program Android 11 Beta. Pengguna itu menyebut bahwa fitur ini akan diaktifkan secara default oleh sistem, dan bisa dimatikan ketika pengguna ingin melakukan multitasking aplikasi secara lebih leluasa di ponsel Android. Lebih lanjut, pengguna Reddit tersebut mengaku menggunakan Google Pixel 3 pada Android 11. Hal itu kemudian dikonfirmasi oleh para pakar teknologi lain yang juga menemukannya di perangkat Google Pixel 4 mereka.

Sementara itu, selalu saja ada dua sisi dalam sebuah fitur. Mungkin fitur ini bisa menghemat baterai secara signifikan dengan melakukan freeze pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Namun di sisi lain, aplikasi yang di freeze, akan menjadi lebih lama untuk termuat, saat dibuka kembali jika fitur ini diaktifkan. 

Pada akhirnya, semua kembali pada kebutuhan pengguna untuk memprioritaskan daya tahan baterai atau mendapatkan pengalaman lebih baik saat melakukan multitasking.

Leave a Reply

Send this to a friend