Review Xiaomi Mi 10T

Review Singkat Xiaomi Mi 10T, Flagship Baru Yang Siap Bersaing

NESABAMEDIA.COMXiaomi Mi 10T merupakan flagship anyar dari perusahaan asal Cina yang justru mendapatkan market share lebih besar dari negara asalnya sendiri. Mi 10T merupakan suksesor dari seri sebelumnya yakni Mi 9T Pro yang dirilis pada tahun lalu. Seri Mi 10 sendiri mirip dengan generasi ponsel Xiaomi sebelumnya yang memiliki banyak jenis mulai dari Note, T, Pro dan secara keseluruhan memiliki sangat sedikit perbedaan antara seri-nya.

Kisaran Harga Xiaomi Mi 10T

Banyak pengguna kemudian menjadikan harga sebagai patokan mana yang menurut mereka seri yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun saat ini, Xiaomi hanya merilis harga untuk pasar Eropa yang sebesar 599 euro.

Harga sebesar itu dianggap masih wajar untuk sebuah ponsel dengan spesifikasi flagship. Terlebih, selama ini Xiaomi selalu menawarkan ponsel dengan kualitas mumpuni namun dengan harga yang lebih rendah dari ponsel buatan Apple dan Samsung untuk seri yang sekelas.

Diperkirakan, harga dari Xiaomi Mi 10T ini untuk pasar global tidak akan lebih mahal dari iPhone SE 2020 ataupun OnePlus Nord. 

Desain dan Layar

Dari sisi desain, ukuran Xiaomi Mi 10T ini dinilai besar untuk ponsel di kelasnya. Dengan 6.67 inci, 1080 x 2400 piksel, dan display IPS LCD yang berjalan cukup impresif di kisaran 144Hz, meski memiliki kemampuan adaptasi refresh rate yang menyesuaikan dengan apa yang dilakukan pengguna. Refresh rate sebesar itu, sudah cukup nyaman untuk digunakan bermain game atau menonton film.

Satu-satunya gangguan pada bagian tampilan adalah adanya sebuah bulatan kecil di bagian pojok kiri atas. Namun bezel yang cukup tipis di seluruh sisi, bisa menjadi pengobat gangguan bulatan tersebut, karena memberikan kesan cukup luas pada tampilan layarnya.

Tombol power dan volume berada di sebelah sisi kanan bawah, dan pada tombol powernya terdapat sensor sidik jari. Mungkin banyak pengguna yang berharap sensor sidik jari itu diletakkan di bagian belakang ponsel, namun nyatanya di bagian belakang sudah dipenuhi oleh lensa kamera. Tersedia pilihan warna Cosmic Black, Aurora Blue dan Lunar Silver.

Bagian Belakang Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Bagian Belakang Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Kamera dan Baterai

Sensor kamera belakang yang digunakan oleh Mi 10T Pro sebesar 108MP, kemudian juga ada kamera 13MP dan kamera makro 5MP, menggenapkan jumlah kamera yang dimiliki menjadi tiga buah. Sayangnya, tidak ada kamera zoom pada seri Mi 10T ini, dan mungkin inilah yang membuat harganya menjadi lebih murah. Sementara kamera depan untuk selfie diisi dengan kamera 20MP.

Hasil tangkapan kamera Mi 10T juga cukup bisa diandalkan. Area gelap dan terang dihandle dengan baik, detail yang cukup mengesankan serta warna yang seimbang. Meski ada saturasi yang berlebihan pada pengaturan defaultnya, hal itu tidak terlalu menjadi masalah dan tidak menjadikan penilaian buruk untuk ponsel itu secara keseluruhan.

Kamera selfie-nya juga cukup baik dalam mengatur tingkat kecerahan saat digunakan pada kondisi minim cahaya atau malam hari. Hasilnya juga akan semakin baik, jika pengguna mampu menstabilkan posisi dan tidak terlalu banyak guncangan saat mengambil foto selfie.

Mi 10T ini hadir dengan baterai berkapasitas 5,000 mAh. Saat diuji coba untuk streaming film selama dua jam penuh, perubahan hanya beranjak dari 100 persen ke 84 persen. Sehingga diperkirakan bisa untuk menonton film streaming selama 12 jam tanpa henti. Kecepatan charging 33W juga disematkan, meski tidak ada dukungan wireless chargingnya. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend