Smartphone Huawei Mate 40 Pro

Huawei Mate 40 Pro Jadi Ponsel Android Pertama Menggunakan Chipset 5nm

NESABAMEDIA.COMHuawei memperkenalkan flagship terbaru mereka, Mate 40, Mate 40 Pro dan Mate 40 Pro+ dalam sebuah gelaran event virtual pada Kamis kemarin (22/10). Seri Huawei Mate 40 mendapatkan peningkatan yang cukup besar dibandingkan dengan seri pendahulunya, serta mendapat dukungan dari chipset terbaru perusahaan.

Huawei Mate 40 Pro memiliki fitur layar FHD+ 6.76 inci dengan dukungan OLED “Horizon” yang refresh ratenya bisa mencapai 90 Hz dan 240 Hz sampling sentuh. Jika dibandingkan dengan Huawei Mate 30 yang dirilis pada tahun lalu, tidak akan ada sebuah bidang lebar di bagian tengah. Penggantinya adalah sebuah lubang-lubang kecil berbentuk seperti pil, untuk menampung dual kamera selfie. 

Yang diunggulkan dalam flagship ini adalah dukungan Kirin 9000, sebuah chipset berukuran 5nm yang terintegrasi dengan modem 5G dan sebuah GPU Mali-G78 24-Core. Huawei mengklaim chipset ini bisa memberikan performa CPU lebih cepat 10 persen dan 52 persen performa grafis lebih cepat dibandingkan Qualcomm Snapdragon 865+. 

Di bagian belakang terdapat kamera dengan modul sirkular yang setara dengan sensor kamera utama 50MP 1/1.28-inch. Disandingkan dengan sensor utama tambahan yang mengesankan dengan lensa ultra-wide 20MP. Kemudian ada juga lensa zoom 5x model periskop serta kamera 10x zoom hybrid dengan resolusi 12MP. Untuk Mate 40 Pro juga didukung dengan teknologi XD Fusion yang telah ditingkatkan untuk pemrosesan video HDR secara real-time.

Tampilan Kamera Belakang Huawei Mate 40 Pro

Tampilan Kamera Belakang Huawei Mate 40 Pro

Terdapat juga baterai dengan kapasitas 4,400 mAh, yang sedikit mengalami penurunan kapasitas dibandingkan seri pendahulunya. Namun Mate 40 Pro juga didukung dengan teknologi fast charging 66W yang menawarkan proses pengisian daya lebih cepat. 

Beberapa sisi yang ditonjolkan lainnya termasuk teknologi anti air IP68, fitur pengenalan wajah 3D dengan teknologi Attention Aware, sensor sidik jari dalam layar, dukungan Wi-Fi 6 serta speaker stereo Super Bass. 

Smartphone flagship terbaru Huawei ini akan hadir dengan menggunakan Android 10 secara default dan berbasis EMUI 11, serta kapasitas memory 8GB/256GB. Mate 40 Pro akan tersedia dalam warna Hitam dan Perak Mistis dan dijadwalkan rilis pada tanggal 13 November mendatang. 

Sementara itu untuk Mate 40 Pro+ hadir dengan kamera yang sedikit lebih baik di bagian belakang, yakni sebuah kamera dengan sistem dual-telephoto dengan 20x hybrid zoom dan 100x digital zoom. Mate 40 Pro+ akan menggunakan 12GB RAM LPDDR5 dan sebuah teknologi nano keramik di panel belakang. Pilihan warnanya tersedia warna putih keramik dan hitam keramik.

Lalu untuk versi entry-level Mate 40, akan menggunakan layar OLED 6.5 inci dengan kecepatan yang sama 90Hz dan 240Hz sampling sentuh. Namun chipset-nya menggunakan teknologi lebih rendah yakni Kirin 9000E, dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. 

Masalah kamera, Mate 40 menggunakan tiga buah kamera belakang di mana kamera utamanya menggunakan sensor 50MP, lensa ultra-wide 16MP dan lensa telephoto 8MP dengan 3x optical zoom. Kapasitas baterainya juga lebih kecil yakni 4,200 mAh dengan teknologi fast charging 40W.  

Leave a Reply

Send this to a friend