10+ Penyebab Pemanasan Global dan Dampaknya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pemanasan global atau global warming adalah istilah yang sering sekali kita dengar. Berdasarkan penelitian yang ada, suhu bumi kita saat ini sudah mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Semakin meningkatnya suhu bumi maka akan timbul dampak yang sangat merugikan untuk kehidupan makhluk hidup di bumi.

Beberapa dampaknya sudah dapat kita rasakan saat ini. Contohnya, cuaca atau musim yang susah untuk diprediksi, padahal dulu cuaca masih mudah untuk diprediksi.

Maka dari itu, kita harus tahu apa saja penyebab dari pemanasan global agar kita bisa mengurangi kegiatan yang dapat merusak bumi atau menyebabkan pemanasan global dan kita bisa menjaga bumi agar tetap sehat.

Penyebab Pemanasan Global

Banyak sekali sebab dan akibat yang ditimbulkan dari pemanasan global saat ini. Salah satu dari penyebab pemanasan global adalah karena ulah atau perbuatan manusia itu sendiri dengan bertambahnya dan bertumbuhnya populasi industri dan teknologi dan juga bertambahnya jumlah populasi penduduk yang semakin hari semakin bertambah.

Namun, bukan hanya itu saja penyebab terjadinya pemanasan global saat ini. Berikut ini beberapa penyebab pemanasan global, yaitu :

1. Meningkatnya Gas Karbon Monoksida 

Penyebab Pemanasan Global  - Meningkatnya Gas Karbon Monoksida

Penyebab pemanasan global yang satu ini dikarenakan ulah atau kegiatan manusia itu sendiri. Semakin bertambahnya populasi manusia di seluruh dunia, maka akan bertambah pula jumlah kendaraan bermotor yang ada di dunia.

Kendaraan bermotor sangat memberikan efek dan pengaruh untuk pemanasan global saat ini karena gas yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor tersebut adalah gas yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia yaitu gas karbon monoksida. Gas karbon monoksida juga bisa menyebabkan efek rumah kaca.

2. Gas Buang Dari Industri

Penyebab pemanasan global selanjutnya adalah gas buangan yang berasal dari industri. Gas yang berasal dari buangan industri sangat berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi karena bisa menyebabkan pencemaran udara.

Selain pencemaran udara, gas buangan dari industri juga dapat merusak kesehatan manusia, karena asap pabrik yang dikeluarkan mengandung gas yang berbahaya seperti gas karbon monoksida, gas karbondioksida, gas metana, dan gas berbahaya lainnya.

3. Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca

Penyebab pemanasan global selanjutnya adalah efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah efek panas yang diakibatkan dari pantulan panas ke permukaan bumi dan terperangkap oleh beberapa gas yang ada di lapisan atmosfer bumi sehingga mengalami pemberhentian dan tidak bisa diteruskan kembali ke luar angkasa. Lalu panas cahaya matahari tersebut akan terpantul kembali ke permukaan bumi.

Efek rumah kaca terkadang juga memberikan manfaat kepada makhluk hidup yang ada di bumi. Tetapi jika pemanasan global yang terjadi terlalu berlebihan , maka efek rumah kaca akan mengakibatkan efek yang tidak baik untuk kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi.

4. Luas Hutan yang Semakin Berkurang

Saat ini semakin lama hutan yang kita miliki semakin berkurang. Luas hutan yang semakin kecil itulah yang bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global. Luas hutan yang semakin kecil biasanya dikarenakan adanya pembakan hutan secara liar sehingga lahan hutan semakin berkurang. Padahal hutan memiliki peran yang sangat penting untuk makhluk hidup, itu karena hutan adalah paru – paru dunia.

Efek yang lain ditimbulkan karena lahan hutan yang berkurang adalah semakin buruknya cuaca karena tidak ada lagi yang dapat membantu untuk mengubah karbondioksida menjadi oksigen sehingga pernafasan pun akan terganggu.

5. Pemakaian Listrik yang Boros

Penyebab Pemanasan Global  - Pemakaian Listrik yang Boros

Pemakaian listrik yang berlebihan juga merupakan salah stu penyebab pemanasan global. Karena akan timbul adanya penguapan pada listrik jika digunakan terlalu berlebihan. Sebaiknya pemakaian listrik dipakai secara efisien sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak akan menyebabkan pemanasan global.

Tidak heran jika kita melihat iklan di TV atau poster – poster di jalanan selalu menghimbau kita untuk melakukan penghematan listrik. Pemakaian listrik yang boros atau berlebihan dapat menambah gas karbondioksida yang akan menyebabka terjadinya pemanasan global. JIka kita menghemat pemakaian listrik setidaknya kita sudah menjaga dan membuat lingkungan kita tidak semakin tercemar dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

6. Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol

Penyebab pemanasan global lainnya adalah CFC yang tidak terkontrol. CFC (Cloro Four Carbon) adalah penyebab pemaasan global yang masih mampu untuk ditangani. CFC adalah bahan kimia yang jika digabungkan dapat digunakan untuk membuat dan memproduksi alat – alat rumah tangga. CFC dapat dijumpai pada AC dan kulkas yang dapat menyebabkan pemanasan global.

7. Polusi Kendaraan dari Bahan Bakar Bensin

Pemakaian Listrik yang Boros

Penyebab pemanasan global selanjutnya adalah polusi dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin. Kendaraan yang ada di dunia kini sangat memberikan pengaruh yang besar terhadap pemanasan global, karena kendaraan saat ini banyak menggunakan bahan bakar minyak seperti kendaraan motor, mobil, dan kendaraan lainnya. Kendaraan – kendaraan tersebut mengeluarkan gas karbondioksisa yang sangat berlebihan.

Gas karbondioksida inilah yang memberi pengaruh kepada pemanasan global saat ini. Gas karbondioksida adalah gas yan menangkap cahaya panas sehingga tidak dapat disalurkan kembali ke luar angkasa. Selain itu, dambak yang ditimbulkan adalah kesehatan yang buruk untuk manusia terutama mereka yang tinggal di dekat jalan raya.

8. Konsep Rumah Modern

Konsep rumah yang modern juga akan menjadi penyebab dari pemanasan global. Karena semakin berkembang dunia ini, maka ide manusia akan lebih berkembang juga. Mereka akan lebih memilih dalam mendesain rumah yang berkonsep kaca. Hal tersebut akan menyebabkan cahaya matahari akan memantul kembali ke udara sampai ke atmosfer bumi sehingga hal tersebut menimbulkan efek rumah kaca. Efek rumah kaca akan mempercepat terjadinya pemanasan global.

9. Pengrusakan Hutan

Penyebab Pemanasan Global  - Pengrusakan Hutan

Penyebab pemanasan global berikutnya adalah pengrusakan hutan. Hutan mempunyai fungsi yang sangat berguna untuk bumi, karena dapat menyerap gas karbondioksida dan mengubahnya mnejadi gas oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Jika pengrusakan hutan semakin banyak seperti, penggundulan hutan, penebangan liar maka jumlah karbondioksida akan semakin banyak dan menimbulkan pemanasan global.

Maka harus dilakukan reboisasi atau penanaman kembali agar hutan tetap terjaga dan pohon serta tumbuhan bisa tumbuh subur dan lebih cepat. Sehingga dapat mengurangi pemanasan global yang terjadi saat ini.

10. Polusi Gas Metana dari Perkebunan, Pertanian, dan Peternakan

Gas metana adalah gas yang dihasilkan dari bahan – bahan organik yang kekurangan dari hasil pemecahan bakteri pada produksi perkebunan, pertanian ataupun peternakan. Gas metana adalah salah satu gas yang memberikan pengaruh terhadap pemanasan global. Gas sangat memiliki pengaruh terhadap pemanasan global karena gas adalah penyebab urutan kedua dari pemanasan global.

Misalnya seperti, semakin tinggi produksi hewan ternak maka gas metana yang dihasilkan akan semakin banyak dan meningkat yang akan dibuang dan dilepaskan ke permukaan bumi.

Itulah 10 penyebab pemanasan global yang sering terjadi di sekitar kita. Kita seharusnya dapat menjaga bumi dengan sebaik – baiknya. Jangan sampai merusaknya, karena bukan hanya tumbuhan saja yang terkena akibatnya, kita, hewan – hewan, bahkan bumi kita sendiri akan rusak dan hancur diakibatkan ulah atau aktivitas kita sendiri.

Leave a Reply

Send this to a friend