Peran dan Tugas Bank Sentral di Indonesia yang Paling Utama, Yuk Disimak!

Perbankan adalah salah satu dunia yang sangat penting bagi setiap individu. Dengan adanya bank, aktifitas yang terkait dengan keuangan akan lebih mudah dan dapat dilakukan dimanapun.

Adanya perbankan ini dapat menjadi suatu nilai lebih bagi setiap individu yang mendapatkan aksesnya. Bank sebagai salah satu badan usaha yang dimiliki setiap negara untuk menghimpun dana dari masyarakat.

Sehingga masyarakat dapat menyimpan dan mengajukan berbagai produk perbankan seperti kredit dengan mudah. Dengan adanya bank di masing-masing negara salah satunya Indonesia, dapat memperlancar arus keuangan dan stabilitas keuangan dalam negara tersebut. Selain itu, proses pembayaran juga akan lebih mudah dengan adanya perbankan.

Tugas Bank Sentral

Tugas Bank Sentral Indonesia

Indonesia memiliki beragam jenis bank, dan salah satunya adalah Bank Sentral. Bank Sentral merupakan bank yang bertugas untuk mengatur dan mengawasi setiap kegiatan dan wewenang yang dijalankan pada masing-masing industri perbankan di Indonesia.

Sehingga dengan adanya bank sentral, kegiatan ekonomi yang dijalankan perbankan dapat stabil dan tidak merugikan masyarakat. Bank sentral di Indonesia memiliki beberapa tugas yang wajib untuk dijalankan. Berikut merupakan beberapa tugas bank sentral di Indonesia:

#1 Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter merupakan proses dalam mengatur keuangan negara. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya inflasi dan memastikan bahwa bunga di bank terstandar.

Bank sentral memiliki tujuan untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter. Maksudnya adalah bank sentral bertugas untuk membuat rancangan dan menetapkan bagaimana kebijakan moneter yang sesuai dan tepat untuk diterapkan di Indonesia.

Hal ini dengan memperhatikan kondisi negara Indonesia. Sehingga tidak serta merta kebijakan dibuat tanpa adanya perancangan yang matang.

Bank sentral juga bertugas untuk melaksanakan kebijakan moneter yang telah ditetapkan tersebut. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai tujuan bank sentral yaitu untuk menjaga kestabilan nilai rupiah.

#2 Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

Tugas Bank Sentral Sebagai Sistem Pembayaran

sistem pembayaran menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini didukung dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan berbagai macam hal dan kebutuhan bisa diakses dan dibayarkan dengan mudah dan cepat.

Sehingga kebanyakan sistem pembayaran dilakukan dengan melalui bank. Bank sentral juga bertugas untuk mengatur agar sistem pembayaran di Indonesia ini berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Selain itu, selain melakukan pengaturan terhadap sistem pembayaran, bank sentral juga bertugas untuk menjaga kelancaran dari sistem pembayaran tersebut. Sehingga masyarakat dapat menikmati dan mengakses sistem pembayaran yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat.

#3 Stabilitas sistem keuangan

Tugas dan Peran Bank Sentral dalam Menjaga Stabilitas Keuangan

Sistem keuangan dalam negara menjadi salah satu fokusan terpenting dalam dunia perbankan. Hal ini dikarenakan, setiap individu tentu akan membutuhkan berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi.

Dimana untuk mendapatkan kebutuhan tersebut, setiap individu harus melakukan pembayaran, dan hal ini berhubungan dengan keuangan. Oleh karena itu, stabilitas sistem keuangan di Indonesia harus dijaga agar tidak merugikan masyarakat.

Stabilitas sistem keuangan tidak hanya difokuskan pada sektor rumah tangga saja, melainkan semua sektor yang memiliki arus keuangan. Stabilitas sistem keuangan ini bertujuan untuk menjaga kerentanan sistem keuangan dari gangguan internal dan eksternal.

Sistem keuangan ini terdiri dari lembaga-lembaga keuangan, pasar uang, infrastruktur keuangan serta perusahaan non keuangan dan sektor rumah tangga. Dimana lembaga-lembaga tersebut saling berinteraksi dalam melakukan pendanaan dan penyediaan pertumbuhan ekonomi. Sehingga terjadi sifat saling menguntungkan karena ada yang menyediakan dana dan ada yang membutuhkan pinjaman dana tersebut. Untuk menjaga stabilitas keuangan ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu:

1. Adanya kebijakan makroprudensial

Kebijakan makroprudensial ini merupakan kebijakan yang diselenggarakan oleh Bank sentral dengan melakukan pembatasan rasio sistemik. Dimana kebijakan ini dilakukan dengan cara pendekatan top-down. Sehingga kebijakan ini dapat mencakup keseluruhan dari elemen sistem keuangan.

2. Adanya rasio sistemik

Rasio sistemik ini didefinisikan dalam artian potensi dari instabilitas dikarenakan akibat adanya gangguan yang menular pada sebagian atau keseluruhan dari sistem keuangan. Sehingga dengan adanya stabilitas dari rasio sistemik ini dapat digunakan untuk menjaga kestabilan dari sistem keuangan yang saat ini digunakan dan ada dalam negara Indonesia.

Dengan adanya tugas-tugas tersebut yang harus dilakukan oleh Bank Sentral Indonesia, diharapkan dapat mewujudkan tujuan dari Bank Sentral itu sendiri.

Dimana, tujuan utama dari Bank Sentral Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Sehingga nilai rupiah dapat mencapai nilai yang stabil baik dalam lingkup barang atau jasa. Adanya tujuan ini, membuat lebih jelas bahwa Bank Sentral Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga kestabilitasan nilai rupiah.

Adanya bank sentral akan memudahkan bank-bank atau lembaga keuangan lainnya dalam menjalankan beragam proses bisnisnya masing-masing. Sehingga dengan adanya hal ini, keuangan dan pembayaran yang terdapat dalam Negara Indonesia dapat dijalankan dengan lancar dan tidak ada gangguan. Dengan adanya nilai rupiah yang stabil, juga dapat menguntungkan masyarakat dan dapat membuat negara menjadi lebih makmur dan sejahtera.

Dengan adanya informasi mengenai tugas bank sentral di Indonesia, akan lebih memudahkan kita sebagai masyarakat memahami apa saja sebenarnya tugas yang harus dilakukan oleh bank sentral. Sehingga dengan adanya hal tersebut, kita menjadi lebih peduli dan paham dengan tugas-tugas yang seharusnya dijalankan oleh bank sentral.

Informasi yang disampaikan ini dapat menjadi referensi atau acuan anda dalam mempelajari bagaimana saja tugas-tugas dari bank sentral di Indonesia. Hal ini dapat menjadi wawasan terbaru bagi anda yang sedang membutuhkan informasi ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend