Berikut Ini Pembagian Ilmu Ekonomi Beserta Contohnya, Sudah Tahu?

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan ilmu Ekonomi ? Definisi Ilmu Ekonomi yaitu adalah salah satu diantara dari ilmu sosial, dimana ilmu ini yang memperlajari kegiatan kehidupan yang terjadi pada manusia yang mana sangat berkaitan erat dengan konsumsi, produksi dan distribusi pada suatu jasa dan juga barang.

Dapat dilihat dari ruang lingkupnya, bidang ilmu ekonomi sering dipelajari terdapat beberapa pembagian ilmu ekonomi. Pembagian ilmu ekonomi yang sudah ada tersebut nantinya akan dibagikan atas dasar bidang yang akan dibahas.

Pada artikel ini akan menjelaskan pembagian ilmu ekonomi beserta contohnya. Berikut penjelasan mengenai pembagian ilmu ekonomi dan contoh-contoh yang terdapat di dalamnya :

Pembagian Ilmu Ekonomi

Tahukah Anda apa-apa saja pembagian dari ilmu ekonomi ? Pada umumnya pembagian dalam ilmu ekonomi terdapat 3 pembagian yaitu seperti ekonomi terapan, ekonomi deskriftif dan teori ekonomi.

Berikut adalah pembahasan tentang pembagian ilmu ekonomi.

1. Ekonomi Terapan

Pembagian Ilmu Ekonomi

Pengertian dari ilmu ekonomi terapan ini adalah cabang ilmu ekonomi yang menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan dari ekonomi deskriftif dan hasilnya digunakan sebagai kajian teori ekonomi.

Untuk mendapatkan informasi kebijakan ekonomi yang akurat tersebut, ekonomi terapan menggunakan beberapa ilmu teori ekonomi seperti statistik, pengukuran, ekonometrika dan metode analisis statistik.

Contoh dari ekonomi terapan ini antaranya yaitu seperti pada ekonomi koperasi, ekonomi pertanian dan ekonomi perusahaan.

2. Ekonomi Deskriftif

Ekonomi Deskriftif

Pembagian ilmu ekonomi lainnya yaitu ekonomi deskriftif. Pengertian dari ilmu ekonomi deskriftif ini yaitu adalah sebuah bidang ilmu dari ekonomi yang mana mendefinisikan data-data, dan dijelaskan pada berbagai kenyataan dan fenomena yang sudah terjadi.

Ekonomi deksriftif ini juga merupakan salah satu dari bidang ilmu ekonomi yang berdasarkan data yang ada menjelaskan apa yang terdapat di dalamnya mengenai kehidupan dari ekonomi pada suatu daerah maupun negara di masa-masa yang tertentu.

Contoh dari ekonomi deskriftif ini yaitu seperti diantaranya terdapat pada negara Jepang pasca Perang Dunia II, hasil produksi udang di Jawa Timur pada tahun 2006, dan ekonomi indonesia menjelang Pembangunan Jangka Panjang (PDP) II.

3. Teori Ekonomi

Pembagian Ilmu Ekonomi - Teori Ekonomi

Yang terakhir dari pembagian ilmu ekonomi yaitu teori ekonomi. Definisi dari teori ekonomi yaitu suatu dari pembagian ilmu ekonomi tentang cara bagaimana suatu sistem ekonomi dapat bekerja dan juga ciri-ciri yang  terpenting dari suatu sistem ekonomi yang memberi penjelasan yang telah disederhanakan.

Tujuan yang sangat mendasari dari dibangunnya teori ekonomi tersebut yaitu dapat dilihat dari peninjauan sebab dan akibat yang dilandaskan dari suatu reaksi dan juga aksi yang terdapat pada kehidupan ekonomi masyarakat sekitar.

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Pembagian dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Di dalam bidang ilmu ekonomi juga memiliki ruang lingkup, sama seperti bidang ilmu yang lainnya. Dimana ruang lingkup tersebut dapat mencakup pembahasan apa saja yang penting dari bidang ilmu ini, terkhusus pada bidang ilmu Ekonomi.

Dan pada ruang lingkup ekonomi terdapat ruang lingkup berupa ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro yang berguna untuk dapat mempermudah kita untuk memperlajari ilmu ekonomi tersebut. Pada kedua ruang lingkup ini ilmu ekonomi tertera juga memiliki asumsi yang cukup jelas serta batasan-batasan tertentu.

Berikut pernjelasan mengenai ruang lingkup ilmu ekonomi, yang mana dibagi atas dua hal yaitu, ekonomi mikro, dan juga ekonomi makro :

1. Ekonomi Mikro

Ruang lingkup ilmu ekonomi yang pertama yaitu ekonomi mikro. Pada definisi ekonomi mikro juga memiliki definisi yaitu merupakan jenis dari teori ekonomi, dimana dapat mendistribusikan sumber daya yang terbatas untuk membuat keputusan dalam tingkah laku perorangan dan juga rumah tangga produksi maupun suatu perusahaan.

Secara spesifik ekonomi mikro ini juga serig digunakan untuk mengamati setiap bagian-bagian sebagaimana perilaku setiap konsumen, perusahaan dan ketentuan harga di pasar untuk setiap satu jenis benda tertentu beserta kuantitas faktor pengimputan jasa dan barang.

Sasaran dan tujuan pada analisis ekonomi mikro lebih diberatkan terhadap bagaimana dalam membuat pilihan untuk :

  1. Tujuan dari ekonomi mikro tersebut yaitu untuk dapat mencapai kepuasan yang maksimal serta
  2. Bertujuan untuk terus mewujudkan kemampuan dalam menggunakan sumber-sumber yang ada

2. Ekonomi Makro

Ruang lingkup ilmu ekonomi yang kedua yaitu ekonomi makro. Dimana ekonomi makro memiliki definisi yaitu  merupakan macam teori ekonomi yang mempelajari sistem kerja pada perekonomian secara menyeluruh.

Beberapa hal yang sangat perlu untuk kita teliti di dalam ekonomi makro yaitu mencakup fenomena ekonomi yang sering ditemukan contohnya yaitu seperti pada inflasi, pendapatan nasional, tingkat harga dan tingkat pengangguran.

Hal yang paling utama atau tujuan dari ekonomi makro ini yaitu untuk menganalisis, menentukan peningkatan dari suatu kegiatan ekonomi yang dapat diukur dari pendapatan, yang mana nantinya ekonomi makro sering kali dinamakan menjadi teori pendapatan (Income theory).

Ekonomi makro ini juga sering dipelajari dan digunakan untuk bisa menguasai bermacam-macam peristiwa ekonomi yang telah terjadi dan bisa juga untuk memperbaiki serta merumuskan kebijakan ekonomi. Sasaran dan tujuan pada analisis ekonomi makro diantara lain untuk menganalisis masalah :

  1. Tujuannya ekonomi makro yaitu untuk membahas masalah seberapa pentingnya sebuah kebijakan dan juga campur tangan dari pemerintah di dalam menciptakan suatu prestasi aktivitas ekonomi yang sangat diinginkan dan juga
  2. Dari sisi permintaan dari suatu agregate untuk dapat memastikan peningkatan dari suatu kegiatan ekonomi tersebut

Itulah beberapa penjelasan mengenai pembagian ilmu ekonomi beserta contoh dan ruang lingkup ilmu ekonomi, yang mana di dalamnya terdapat pengertian ekonomi terapan, ekonomi deskriftif dan teori ekonomi dan pengertian ekonomi mikro dan makro.

Semoga artikel mengenai dapat menjadi pedoman ataupun referensi di dalam ilmu pengetahuan yang sedang Anda cari. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Send this to a friend