10 Bidang Akuntansi dan Masing-Masing Tugasnya yang Wajib Diketahui

Akuntansi ialah salah satu dari cabang ilmu ekonomi yang diperlukan untuk seluruh kalangan pengusaha. Tiap transaksi keuangan akan dicatat dan kemudian disusun sesuai dengan aturan-aturannya, yang mana dapat menjadikan suatu bahan pertimbangan untuk para pemegang keputusan.

Ilmu ini juga mempunyai beberapa cabang ilmu yang lainnya, dan hal tersebut juga berkaitan erat dengan spesialisasi didalam profesi seorang akuntan.

Tidak berbeda dengan profesi yang lainnya seperti kedokteran yang memiliki profesi diantara lainnya dokter umum, dokter bedah, dokter gigi, profesi ini juga memiliki bidang-bidangnya. Dan pada artikel ini akan menjelaskan 10 bidang dalam ilmu akuntansi. Berikut penjelasannya :

10 Bidang Akuntansi dan Tugasnya

Bidang-bidang didalam akuntansi memiliki 10 bidang, yaitu akuntansi pajak, biaya, keuangan, manajemen, anggaran, pemeriksaan, sistem akuntansi, pemerintahan, pendidikan dan internasional. Dibawah ini akan menjelaskan masing-masing dari bidang tersebut.

1. Akuntansi Biaya

Bidang Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya ialah salah satu dari beberapa bidang akuntansi yang memiliki tugas untuk mempersiapkan sejumlah data yang akan dibutuhkan untuk dapat menetapkan serta mengendalikan biaya yang akan dikeluarkan oleh suatu perusahaan.

Akuntansi ini juga dapat melakukan kontrol kepada biaya-biaya untuk produksi yang telah dibuat oleh suatu perusahaan. Dengan sudah paham dengan akuntansi biaya, maka suatu perusahaan dapat memaksimalkan pendapatan dan anggaran dari biaya yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Dan aabila dilihat dari tugasnya tersebut, akuntansi biaya bertugas untuk dapat menetapkan serta mengontrol setiap biaya yang akan dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Umumnya, akuntansi tersebut juga diperlukan oleh suatu perusahaan manufaktur.

Perusahan tersebut merupakan perusahaan yang membuat sejumlah barang yang masih mentah menjadi barang yang sudah setengah jadi maupun menjadi barang jagi yang sudah siap pakai. Dengan begitu, akuntansi biaya mempunyai tugas untuk dapat melakukan efisiensi biaya produksi dan dapat memaksimalkan pendapatan suatu perusahaan.

2. Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak merupakan salah satu dari bidang akuntansi yang memiliki kaitan dengan kewajiban di suatu perusahaan untuk membayar pajaknya ke pemerintah. Akuntansi pajak ini memiliki tugas untuk dapat menyiapkan sejumlah data yang nantinya akan dipergunakan didalam menghitung pajak pada suatu perusahaan.

Akuntansi ini juga memiliki tujuan agar suatu perusahaan dapat membayarkan pajaknya sesuai dengan aturan yang telah berlaku. Tidak hanya itu, tujuan lainnya yaitu untuk dapat menyajikan suatu hubungan transaksi dan dengan tarif pajak yang sudah berlaku juga.

3. Akuntansi Manajemen

Bidang Akuntansi Manajemen dan Tugasnya

Akuntansi manajemen ialah suatu bidang dari akuntansi yang memiliki kaitan dengan penyediaan informasi-informasi laporan kauangan untuk pihak internal pada suatu perusahaan, yakni manajemen. Laporan tersebut akan digunakan untuk bisa mendukung kegiatan harian dan juga perencanaan dimasa yang akan datang.

Akuntansi ini juga berbeda dengan bidang akuntansi kauangan apabila dilihat melalui sisi si pengguna informasi keuangan. Akuntansi keuangan, seorang akuntan akan menyiapkan sejumlah informasi dari laporan keuangan yang nantinya akan digunakan oleh pihak eksternal suatu perusahaan.

4. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan ialah suatu bidang dari ilmu akuntansi yang memiliki fokus ke pengelolaan data keuangan, yang mana nantinya dapat menjadi suatu laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut nantinya akan menjadi informasi untuk pohak eksternal perusahaan.

Pada pihak eksternal perusahaan didalamnya terdapat pemegang saham, investor, pemerintah, dan lain sebagainya. Pengelolaan data keuangan juga memiliki kaitan dengan pencatatan transaksi keuangan suatu perusahaan, contohnya yaitu perubahan aset, hutang, serta perubahan modal suatu perusahaan.

Laporan ini juga sengaja dibuat berdasarkan periode. Didalam pembuatan laporan tersebut, seorang akuntan wajib mengikuti suatu standar akuntansi keuangan. Hal tersebut dapat dilakukan agar tiap laporan keuangan lebih mudah dipahami oleh pihak internal, dikarenakan terdapat keseragaman standar. Akuntansi keuangan ini dapat disebut juga menjadi akuntansi umum.

5. Akuntansi Anggaran

Bidang Akuntansi Anggaran dan Tugasnya

Akuntansi anggaran ialah suatu bidang dari akuntansi yang memiliki kaitan dengan penyusunan dari rencana keuangan suatu perusahaan didalam periote yang tertentu di masa yang akan datang. Rencana keuangan tersebut akan dapat dibandingkan dengan keuangan yang aktual.

Tidak hanya dapat melakukan perencanaan, akuntansi ini juga memiliki tugas untuk dapat melakukan sebuah analisa yang disertai dengan pengawasan kepada perencanaan keuangan suatu perusahaan. Perencanaan keuangan tersebut bisa berdampak juga kepada kegiatan perusahaan.

6. Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi pemeriksaan ialah suatu bidang dari akuntansi yang memiliki kaitan dengan melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan. Hal tersebut juga dapat dilakukan untuk bisa memastikan bahwasanya laporang keuangan yang sudah dibuat telah sesuai dengan aturan akuntansi dan juga fakta yang sudah terjadi.

Orang yang akan melakukan tugas tersebut biasanya disebut dengan auditor. Seorang auditor yang akan bekerja dengan menggunakan standar yang umum didalam melakukan suatu pemeriksaan laporan keuangan.

7. Sistem Akuntansi

akuntansi

Sistem akuntansi ialah suatu bidang dari ilmu komunikasi yang memiliki kaitan dengan melakukan penetapan prosedur akuntansi dan disertai dengan alat-alat pendukungnya yang memiliki tujuan agar suatu proses akuntansi bisa berjalan dengan efisien dan efektif. Dengan terdapatnya sistem akuntansi tersebut akan dapat mempermudah perusahaan didalam mengambil suatu keputusan.

8. Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerintahan ialah suatu bidang dari ilmu akuntansi yang memiliki kaitan dengan suatu penyajian laporan keuangan kepada instansi pemerintahan. Akuntansi ini memiliki tujuan untuk dapat menyajikan sejumlah informasi yang berupa data akuntansi seperti laporan keuangan dan juga pengendalian serta pengawasan anggaran keuangan.

9. Akuntansi Pendidikan

Bidang Akuntansi

Akuntansi pendidikan ialah suatu bidang dari ilmu akuntansi yang memiliki kaitan dengan pendidikan. Contohanya yaitu penelitian mengenai mengajar akuntansi, mauun penyusunan kurikulum didalam pendidikan akuntansi, dan lain sebagainya yang memiliki kaitan dengan ilmu akuntansi.

10. Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional ialah suatu bidang dari ilmu akuntansi yang memiliki kaitan dengan transaksi yang mencakup suatu perdagangan internasional maupun lintas negara. Akuntansi ini umumnya diterapkan kepada perusahaan multi nasional.

Demikianlah penjelasan mengenai 10 bidang akuntansi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dan dapat dijadikan sebuah referensi bagi Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend