Kenali Perbedaan Edmodo dengan Facebook yang Jarang Diketahui Orang

Berbicara mengenai perkembangan dunia teknologi informasi memang tidak ada habisnya. Apalagi, dengan adanya internet yang memberikan dampak dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Beberapa bidang kehidupan yang terkena dampak seperti bidang komunikasi dan pendidikan.

Siapa yang tidak mengenal facebook, sebuah jejaring sosial yang memberikan wadah bagi banyak orang untuk dapat saling berinteraksi satu sama lain diseluruh penjuru dunia tanpa adanya batasan jarak dan waktu.

Namun, pernahkah Anda mengira bahwa ada situs yang dikembangkan oleh para developer dengan konsep jejaring sosial yang membantu para pengajar di dunia untuk sharing ilmu atau melakukan kegiatan belajar mengajar kepada murid. Salah satu contohnya adalah situs Edmodo

Nah, kali ini saya akan coba menjelaskan beberapa perbedaan dari dua situs jejaring sosial yakni facebook dan edmodo. Langsung saja simak penjelasan tentanf perbedaan edmodo dengan facebook berikut ini.

Pengertian Edmodo

pengertian edmodo adalah

Pengertian edmodo adalah suatu platform microblogging yang dikembangkan oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara pada 2008. Platform ini dirancang secara khusus agar dapat digunakan oleh guru dan murid yang berada dalam satu kelas. Secara tidak langsung, media ini mengembangkan fungsi ruang kelas fisiknya yakni menciptakan sistem pembelajaran secara digital, mudah, efisien dan membuat siswa tidak mudah bosan dikarenakan pembelajaran yang dilakukan secara konvensional.

Edmodo ini menggabungkan beberapa fitur dari konsep LMS (Learning Management System) dan jejaring sosial (Social Network). Nantinya, fitur tersebut memungkinkan terjadinya komunikasi guru dalam menyampaikan materi ajar kepada muridnya yang tergabung dalam satu kelas yang bersifat tertutup (closed grup collaboration).

Artinya, hanya pengguna yang memiliki kode kelompok yang bisa memasuki kelas dan menikmati seluruh fitur yang tersedia. Beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan dari edmodo adalah guru dapat memberikan kuis atau evaluasi dari materi yang telah diajarkan kepada muridnya, saling berdiskusi, murid dapat mengirimkan tugasnya didalamnya dan nilai akan keluar secara otomatis ketika murid menyelesaikannya.

Selain itu, penggunaan edmodo bukan hanya sekedar untuk guru dan siswa saja. Para orang tua dari murid juga bisa bergabung dalam kelas untuk terus mengontrol perkembangan belajar anaknya. Dengan adanya platform ini memberikan kemudahan dan perkembangan dalam dunia pendidikan menjadi lebih modern.

Pengertian Facebook

pengertian facebook

Pengertian facebook merupakan platform jejaring sosial (social network) yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 2004. Awalnya, facebook dikembangkan untuk sarana perkenalan bagi para mahasiswa di lingkungan Harvard.

Berlanjut pada perkembangan facebook yang digunakan untuk membandingkan dua wajah dengan disediakannya kolom komentar bagi pengguna yang akan melihatnya. Hingga akhirnya, facebook resmi dikenalkan kepada publik di dunia pada 2006 yang mengizinkan pengguna yang berusia 13 tahun untuk dapat mendaftar dan memiliki akun facebook.

Selain sebagai media interaksi, pengguna bisa memanfaatkan beberapa fitur canggih yang ada didalamnya. Diantaranya, pengguna bisa membagikan informasi mengenai dirinya dan bisa membagikannya kepada pengguna lain sehingga pengguna lain bisa melihat identitas pengguna itu. Pengguna bisa saling berkomentar atas informasi yang masuk atau dibagikan oleh pengguna lain. Tidak hanya itu, seiring berkembangnya zaman facebook dimanfaatkan dalam bidang e-commerce yakni untuk mempromosikan suatu produk dan mencari mitra bisnisnya.

Perbedaan Edmodo dengan Facebook

Perbedaan Edmodo dengan Facebook

Dari pengertian yang telah dijelaskan diatas, sudah tampak adanya perbedaan antara edmodo dengan facebook. Atau jika masih belum memahaminya, dibawah ini merupakan beberapa perbedaan diantara kedua situs jejaring sosial ini berdasarkan fitur yang dimilikinya masing-masing.

1. Informasi Pengguna

Walaupun sama-sama dapat digunakan secara gratis, namun edmodo dan facebook memiliki perbedaan. Untuk mendaftar situs jejaring sosial Facebook, pengguna diminta untuk memasukkan beberapa iendtitas mengenai dirinya.

Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, tanggal lahir dan alamat email. Hal itu digunakan facebook untuk pengiklanan. Sedangkan edmodo, hanya meminta pengguna untuk memasukkan nama lengkap dan username untuk melakukan pendaftaran.

2. Jaringan Pembelajaran Pribadi

Edmodo membagi pengguna kedalam dua status yakni guru dan murid. Guru dapat membuat kelas yang kemudian membagikan kode kelas kepada murid sebagai password untuk bergabung dikelasnya.

Secara otomatis, murid yang tergabung dalam kelas itu yang hanya dapat menerima sumber pengajaran yang telah dibagikan guru. Sebaliknya, pengguna dengan status murid tidak dapat membuat jaringan pribadinya. Sebab, perannya hanya sebatas anggota dari kelas yang dibuat oleh gurunya.

Sedangkan facebook tidak membedakan status penggunanya seperti yang dilakukan edmodo. Facebook memungkinkan seluruh pengguna dpaat membangun jaringan pertemanannya dengan siapapun yang ada diseluruh dunia. Selain itu, facebook juga tidak membatasi bagi pengguna yang ingin membuat grup. Pengguna lain dapat mencari nama grup dan tergabung didalamnya tanpa ada batasan.

3. Pengiklanan

Edmodo merupakan situs yang memiliki model pendanaan yang diperoleh dari sumber lain dalam hal pengiklanan. Sedangkan facebook merupakan situs yang memperoleh dana melalui iklan yang ada didalamnya.

4. Izin Akses

Umumnya, tidak ada sekolah yang membatasi muridnya untuk mengakses situs edmodo. Dalam artian, belum ada sekolah yang melakukan pemblokiran situs edmodo di lingkungan sekolah. Hal itu dikarenakan situs ini menjadi media tambahan bagi sekolah untuk mengembangkan metode pengajaran bagi murid.

Sebaliknya, ada sebagian sekolah yang melarang muridnya untuk mengakses situs  facebook dikarenakan banyak kerugian yang mengganggu proses belajar para murid di sekolah.

5. Chatting

Edmodo tidak memungkinkan pengguna dengan status murid untuk melakukan percakapan bersama muri lainnya. Sedangkan facebook memang memiliki fitur chatting untuk membantu pengguna dalam melakukan interaksi terhadap pengguna lain. Selain itu, pengguna bisa mengatur profil untuk menerima atau menolak pesan pribadi yang masuk.

6. Integrasi dengan Google Docs

Pada dasarnya, edmodo digunakan untuk membantu guru dalam memberikan pengajaran kepada muridnya sehingga guru dapat membagikan materi dan memberikan kuis kepada murid yang tergabung didalam kelasnya. Guru dapat memberikan materi ataupun kuis dalam berbagai format dokumen, seperti word, excel, powerpoint dan lainnya. Dengan begitu, google docs dapat terintegrasi dalam platform edmodo.

Sedangkan facebook tidak terintegrasi dengan google docs, hanya saja pengguna dapat membagikan tautan atau link yang termuat dlaam google docs.

7. Pembuatan Kuis

Edmodo memungkinkan guru untuk dapat memberikan kuis bagi murid yang tergabung dalam kelasnya dengan menggunakan fitur Create Quiz yang tersedia didalamnya.

Sedangkan facebook tidak secara gamblang memberikan fitur kuis namun dapat menyisipkan kuis didalamnya.

8. Buku Nilai dan Tugas

Pada dasarnya, edmodo memang dikembangkan untuk membantu guru menciptakan metode pengajaran yang modern. Dengan demikian, edmodo dapat merekam dan menyimpan prestasi siswa yang telah dilakukannya. Sedangkan facebook tidak menyediakan fungsi itu didalamnya.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang perbedaan edmodo dengan facebook. Semoga artikel diatas mudah dipahami dan bisa menambah wawasan kita semua dengan perkembangan dunia teknologi yang terjadi. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Send this to a friend