10 Dampak Positif dan Negatif Internet yang Wajib Anda Ketahui

Dampak positif dan negatif internet ada berbagai macam dan harus anda pahami. Internet merupakan salah satu penemuan yang mempengaruhi peradaban manusia. Internet yang dulunya hanya bisa dinikmati oleh kalangan terbatas, sekarang sudah menjadi kebutuhan primer untuk setiap orang.

Tanpa internet, akan susah bagi seorang update dengan informasi terbaru atau mendapatkan peluang yang lebih luas. Internet telah menjadi salah satu aspek terbesar yang memberikan banyak dampak positif bagi umat manusia.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Namun, internet juga memiliki dampak negatif yang tidak boleh disepelekan. Berikut beberapa dampak positif dan negatif internet yang wajib anda ketahui.

5 Dampak Positif Internet

1. Akses Untuk Segala Informasi

dampak positif dalam akses untuk segala informasi

Hampir semua informasi dari berbagai topik bisa anda dapatkan melalui internet. Internet merupakan media yang telah berhasil mengungguli media-media konvensional lainnya. Hal ini karena kelebihan internet yang memiliki akses real time untuk segala berita dan informasi terkini yang biasa disebut dengan trending topic.

Tak hanya berita besar yang cepat tersebar, anda juga bisa mengakses informasi yang anda butuhkan kapanpun dan dimanapun. Mulai dari yang berbentuk artikel atau video yang lebih mudah untuk dipahami.

2. Menciptakan Sistem Administrasi yang Praktis

Menciptakan Sistem Administrasi yang Praktis

Internet juga dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga negara maupun institusi swasta untuk pengembangan sistem administrasi mereka. Mulai dari sistem penyimpanan data internal maupun data eksternal. Internet juga memudahkan masyarakat jika ingin menghubungi lembaga tertentu. Bahkan juga bisa mengurus segala bentuk administrasi secara online.

Contohnya saja, sekarang anda sudah bisa mendaftar pengajuan paspor secara online. Sudah tidak ada lagi antrian panjang jika anda ke kantor imigrasi.

Begitu juga dengan pembuatan visa, anda juga sudah bisa mengajukan dengan cara online. Banyak mahasiswa juga bisa mendaftar ke universitas melalui website resmi institusi yang mereka tuju.

3. Memudahkan Sistem Pembayaran

Dampak Positif Internet dalam Memudahkan Sistem Pembayaran

Internet juga sangat mempengaruhi alur perputaran uang masyarakat sekarang ini. Banyak inovasi mulai dari e-banking hingga uang digital melalui berbagai aplikasi yang bisa didownload melalui smartphone.

Mentransfer uang, membayar pajak, membayar tagihan, hingga beli pulsa, sekarang bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun. Hal ini pastinya membuat hidup anda terasa lebih praktis dan menghemat waktu.

4. Sebagai Media Hiburan Tanpa Batas

Sebagai Media Hiburan Tanpa Batas

Internet juga bisa menjadi media hiburan tanpa batas. Sekarang telah banyak aplikasi streaming atau online yang memudahkan anda untuk mendapatkan hiburan dalam berbagai bentuk.

Mulai dari film, tv show, music, game, semua bisa anda akses kapanpun dengan internet. Tak hanya hiburan dari media dalam negeri, anda juga bisa menikmati berbagai hiburan dari budaya negara lain. Tak akan bosan ketika anda memiliki akses internet.

5. Sebagai Wadah Mengekspresikan Diri yang Menghasilkan

Dampak Positif Internet dalam Sebagai Wadah Mengekspresikan Diri yang Menghasilkan

Jangan cuma bermain dan menampilkan ekstensi yang bersifat sensasi. Anda juga bisa mengekspresikan diri dengan konten bermanfaat atau menghibur melalui internet.

Sekarang sangat mudah bagi semua orang untuk terkenal atau mendapatkan apresiasi akan bakat terpendam mereka. Ada berbagai platform di internet yang bisa anda manfaatkan untuk mengekspresi bakat. Tak sedikit juga orang yang akhirnya bisa menggunakan bakatnya di internet untuk mendapatkan kesempatan yang lebih besar atau menghasilkan uang secara mandiri melalui internet.

5 Dampak Negatif Internet

1. Memiliki Sifat Adiktif

Dampak Negatif Internet Karena Memiliki Sifat Adiktif

Salah satu platform yang digemari oleh masyarakat dalam internet adalah media sosial. Media sosial memang memiliki banyak manfaat jika dipergunakan dengan benar.

Namun, bagi orang yang tidak membatasi dan mengontrol diri, social media bisa menjadi sesuatu yang adiktif. Apa yang anda lakukan ketika sedang nganggur atau bosan? Pastinya mengecek handphone dan sosial media anda.

Anda mungkin akan terus mengecek sosial media untuk menanti jumlah like, comment, dan follower anda. Tanpa feedback yang begitu menghasilkan dan hanya bersifat kepuasan diri, kebiasaan ketergantungan dengan media sosial akan merusak kebiasaan anda.

2. Terbentuknya Jenis Kriminal Baru

Terbentuknya Jenis Kriminal Baru

Banyak jenis kriminal baru yang muncul dengan adanya internet. Mulai dari penipuan, penjualan obat terlarang online, prostitusi online, hingga pelecehan nama baik, dan penyebaran hoax.

Tak sedikit pula kasus penculikan dimulai dari akses internet. Bersembunyi dibalik layar dengan jarak yang jauh, membuat orang merasa mudah dalam melancarkan aksi kriminal mereka.

Orang juga menjadi lebih muda merundung orang lain dan memberikan intimidasi dan teror. Hal ini pastinya meresahkan pihak-pihak yang menjadi korban.

3. Menurunnya Kredibilitas Media Berita Online

Dampak Negatif Internet dalam Menurunnya Kredibilitas Media Berita Online

Berita tidak hanya harus update, namun juga harus kredibel. Media internet sekarang terbagi menjadi dua kubu, media yang hanya menjual sensasi dan media yang benar-benar memberikan berita kredibel berdasarkan fakta dan data.

Sayangnya, justru berita yang sensasional yang lebih cepat trending. Hal ini bisa menyesatkan masyarakat. Belum lagi tersebarnya berita-berita dan informasi hoax yang banyak di internet. Sebagai pengguna internet, anda harus cari tahu dulu faktanya yang benar.

4. Membuat Siapapun Dapat Mengakses Apapun

Membuat Siapapun Dapat Mengakses Apapun

Segala jenis informasi dan hiburan dapat diakses melalui internet. Berbeda dengan televisi yang memiliki lembaga sensor, internet merupakan media yang lebih bebas.

Tanpa batasan usia, siapapun bisa mengakses konten yang belum tentu layak untuk mereka. Banyak anak-anak di bawah umur yang bisa mengakses konten dewasa, entah itu berbau kekerasan atau pornografi. Oleh karena bimbingan orang tua sangat penting di sini.

5. Privasi yang Semakin Susah di Jaga

Privasi yang Semakin Susah di Jaga

Jangan sembarangan mengupload gambar dan informasi pribadi anda. Bisa jadi data anda disalahgunakan. Jangan sembarang memasukan data pribadi di situs yang tidak jelas.

Seperti survey terbuka atau undian abal-abal. Men-download aplikasi yang tidak tepat saja bisa membuat gadget anda di-hack dengan orang jauh dari anda. Hacker bahkan bisa menyadap kamera anda. Oleh karena itu, anda harus lebih hati-hati dalam menggunakan internet.

Itu tadi beberapa dampak positif dan negatif internet yang perlu anda ketahui dan pahami. Jadilah pengguna internet yang bijak dan cermat.

Leave a Reply

Send this to a friend