Apa Saja Perbedaan Proxy dan VPN? Yuk Ketahui Penjelasannya Disini!

Kemudahan dalam menggunakan internet saat ini menjadi hal yang tidak bisa dibendung atau dibatasi. Hal ini menjadi kebutuhan primer setiap individu pada zaman saat ini.

Meningkatnya pengguna internet setiap tahun menjadi salah satu dampak atas kemudahan akses internet. Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar dan sebagian besar penggunanya adalah pengguna internet. Sehingga kebutuhan dalam menggunakan internet saat ini menjadi hal yang dapat dianggap positif dan dapat juga menimbulkan sisi negatif.

Akses internet ternyata memiliki 2 jenis perbedaan yaitu dengan menggunakan proxy dan VPN. Untuk mengetahui detail dari perbedaan kedua jenis tersebut, berikut merupakan informasi terkait perbedaan proxy dan VPN yang bisa menambah ilmu pengetahuan anda:

Apa Saja Perbedaan Proxy dan VPN?

1. Keamanan Secara Online

Apa Saja Perbedaan Proxy dan VPN?

Proxy: Tingkat keamanan yang ditawarkan masih rendah, sehingga perlu diwaspadai setiap data yang diakses dapat diretas oleh orang lain. Kemampuan hacker yang cerdas dapat dengan mudah menembus server proxy. Hal ini dikarenakan tidak ada keamanan dalam hal enkripsi pada setiap lalu lintas yang melewati server. Jika suatu saat data atau server diretas hacker, maka kemungkinan akan hilangnya data di server akan semakin tinggi. Karena hacker dapat secara bebas mengakses server jika keamanan yang diterapkan sangat rendah.

VPN: Tingkat keamanan enkripsi yang ditawarkan sangat tinggi hingga 256-Bit. Keamanan tinggi yang diberikan oleh VPN dapat menghalau hacker yang mencoba masuk dan mengakses server atau jaringan. Sehingga dengan menggunakan VPN, keamanan data masih dapat dikatakan aman dari serangan hacker. Namun, hal tersebut tidak boleh dipandang santai, karena bisa saja hacker menemukan celah pada VPN. Pemantauan secara berkala harus tetap dilakukan agar keamanan data dan server tetap terjaga dari serangan hacker.

2. Privasi Online

Proxy Server

Proxy: Dengan menggunakan proxy, keamanan data masih dipertanyakan. Hal ini dikarenakan setiap lalu lintas yang melewati proxy tidak akan di enkripsi. Oleh karena itu, setiap data anda yang melewati proxy masih memiliki kemungkinan besar dapat diakses oleh pihak lain yang kurang bertanggung jawab. Dalam hal privasi online dengan menggunakan proxy masih kurang aman. Karena data dapat diretas hacker.

VPN: Dalam hal privasi online, dengan menggunakan VPN, data anda telah terenkripsi sehingga akan melindungi data tersebut. Privasi tidak akan terganggu dan data akan aman jika menggunakan VPN. Bahkan dengan melalui ISP (internet service provider) pun tidak akan bisa membaca data anda.

3. Kebebasan Online

Perbedaan Proxy dan VPN dalam Kebebasan Online

Proxy: Penggunaan proxy dapat menghambat kebebasan menggunakan internet secara online. Mengapa? Karena terdapat pembatasan secara geografis. Sehingga anda tidak bisa mengakses seluruh website di dunia karena terdapat pembatasan tersebut.

VPN: Dengan menggunakan VPN, akses internet tidak akan dibatasi untuk mengakses website apapun. Bahkan hingga seluruh dunia juga dapat melakukan akses terhadap semua website yang tersedia. Sehingga kebebasan dalam mengakses secara online dapat dimaksimalkan dan dilakukan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

4. Kecepatan Koneksi

Kecepatan Koneksi

Proxy: Penggunaan internet dengan melalui proxy juga dapat menghasilkan koneksi yang lambat jika teknologi yang digunakan untuk proxy tersebut merupakan teknologi yang rendah dan tidak menawarkan koneksi internet yang cepat. Sehingga pengalaman menggunakan internet proxy akan cenderung tidak memuaskan karena akses yang lambat.

VPN: Koneksi internet tidak akan terpengaruh jika anda menggunakan VPN. Sehingga dapat dikatakan, kecepatan koneksi internet akan stabil karena tidak ada pengaruh dari manapun. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pengguna dalam menggunakan akses internet dengan VPN.

5. Multi Kompatibilitas Perangkat

Kompatibilitas Perangkat

Proxy: Dengan menggunakan proxy, anda akan mengalami keterbatasan penggunaan browser aatu search engine. Sehingga tidak semua browser yang anda miliki dapat mendukung proxy yang akan anda gunakan. Sehingga ketika menggunakan proxy hanya dapat menggunakan browser tertentu sesuai dengan sistem operasi yang terdapat pada perangkat anda.

VPN: Berbeda dengan proxy, VPN sudah melakukan kerja sama dengan multi sistem operasi dan perangkat, sehingga pengguna akan lebih leluasa dalam menggunakan akses internet untuk mengakses berbagai hal. Sistem operasi dan perangkat yang sudah bekerja sama dengan VPN ini adalah Windows, Linux, Android, Mac, IOS, dan Router.

6. Stabilitas Layanan

Perbedaan Proxy dan VPN dalam Stabilitas Layanan

Proxy: Stabilitas layanan yang diberikan oleh proxy terbatas. Sehingga pengguna tidak akan bisa mengakses seluruh hal didunia ini. Mengapa? Karena proxy memiliki keterbatasan geografis. Selain itu, proxy juga tidak memberikan keamanan sama sekali untuk data-data pengguna.

VPN: Stabilitas layanan yang diberikan oleh VPN sangatlah terbaik. Dimana VPN memberikan layanan yang menjamin akan keamanan, privasi, dan kebebasan dalam mengakses secara online dalam waktu yang bersamaan. Sehingga VPN banyak digunakan oleh pengguna diseluruh dunia.

7. Kehandalan

Perbedaan Proxy dan VPN dalam Hal Kehandalan

Proxy: Kehandalan proxy massih dipertimbangkan dan hanya sebagai penghalau rintangan. Sehingga dapat dikatakan bahwa proxy masih tidak handal dalam menyediakan layanan secara online untuk pengaksesan melalui internet. Karena bisa saja data pengguna diretas oleh orang lain.

VPN: Kehandalan VPN sudah tidak diragukan lagi. Hal ini karena VPN memang menjadi salah satu layanan yang terpercaya. VPN juga bisa melindungi semua koneksi yang berasal dari jaringan luar. Sehingga keamanan data masih terjamin.

Perbedaan yang dimiliki oleh proxy dan VPN merupakan hal yang umum terjadi dan menjadi batasan masing-masing jenis. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan anda dalam mengakses internet dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda dalam menggunakan proxy atau VPN.

Tidak ada batasan dalam pemilihan kedua jenis tersebut, melainkan sesuai dengan yang anda inginkan. Proxy dan VPN memiliki kelebihan masing-masing yang dapat anda pertimbangkan dalam mengakses internet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam mengetahui informasi terbaru mengenai perbedaan proxy dan VPN.

Leave a Reply

Send this to a friend