Kenali Lebih Jauh Perbedaan RAM dan ROM pada Komputer dan HP

Ketika akan membicarakan sebuah komputer, maka kita sering mendengar suatu istilah RAM dan juga ROM. Kedua hal tersebut pastinya Anda sering mendengar dan juga tidak mengerti apa perbedaannya.

Umumnya orang-orang mengetahui kedua hal tersebut sama-sama sebuah memori yang dapat menyimpan sejumlah data. Apakah semakin besar sebuah komputer akan semakin cepat dalam melakukan pengoperasian ?

Perbedaan yang paling utama antara RAM dan ROM yaitu dari segi penyimpanannya. RAM melakukan penyimpanan dengan data yang selalu berubah-ubah. Sedangkan pada ROM penyimpanan pada data yang tidak berubah-ubah.

Untuk mengetahui perbedaan yang lainnya mengenai RAM dan ROM, Anda dapat melihatnya pada artikel dibawah ini. Karena Artikel ini akan menjelaskan apa saja perbedaan antara RAM dan ROM.

Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan antara RAM dan juga ROM, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari dua hal tersebut.

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Dimana RAM adalah memori yang bisa ditulis dan juga bisa dibaca. RAM pada umumnya bisa digunakan untuk menyimpan sejumlah data maupun juga sering disebutkan dengan memori data pada saat melakukan program yang sedang bekerja.

Data yang terdapat di dalam RAM tersebut nantinya akan menghilang apabila dalam satu daya pada RAM dimatikan, yang mana RAM tersebut cuma bisa digunakan untuk menyimpan sejumlah data dengan sementara.

RAM juga merupakan memori untuk menyimpan data, yang mana isi yang didalamnya dapat dihapus maupun diubah. Suatu RAM pada umumnya berisikan sejumlah data dari variabel dan juga register.

Data yang sudah disimpan di dalam RAM memiliki sifat yang volatile atau hilang. Apabila satu daya yang sudah terhubung dengannya dimatikan atau di putuskan.

Sedangkan ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. ROM merupakan suatu tipe dari memori yang cuma bisa dibaca dan tidak akan bisa untuk diisikan dengan file maupun data. Untuk dapat melakukan suatu proses pada pengisian data, maka yang harus dilakukan yaitu menggunakan proses secara khusus.

Perbedaan RAM dan ROM pada Komputer

RAM dan ROM memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan RAM dan ROM :

  1. RAM memerlukan suatu aliran listrik untuk dapat menjalankan sebuah dara, contohnya yaitu seperti pada saat sebuah komputer ingin dinyalakan ataupun dihidupkan. Sedangkan, pada ROM akan bisa tetap menyimpan sejumlah data tanpa terdapat adanya suatu aliran listrik. Contohnya yaitu seperti pada saat komputer telah dimatikan, maka data yang tersimpan didalam ROM tidak akan menghilang.
  2. Perbedaan yang lain dari RAM dan ROM yaitu, RAM merupakan sebuah jenis memori yang mana data yang terdapat di dalam RAM tidak disimpan dengan permanen. Contohnya yaitu pada saat Anda telah mematikan sebuah komputer maka data yang telah tersimpan di dalam RAM akan hilang atau dihapus. Sedangkan pada ROM adalah suatu jenis dari memori yang dengan permanen data tersebut akan tetap tersimpan. Contohnya yaitu pada saat Anda telah mematikan sebuah komputer, maka memori yang didalamnya tidak akan hilang atau terhapus.
  3. Perbedaan yang ketiga antara RAM dan ROM yaitu pada sebuah chip pada ROM umumnya dapat digunakan untuk bisa memproses start-up pada komputer, sedangkan pada chip RAM umumnya hanya digunakan didalam operasi yang normal pada saat tengah menjalankan sebuah komputer maupun laptop setelah sudah masuk pada proses loading di sistem operasi.
  4. Pada saat sedang menjalankan suatu data menggunakan chip pada ROM umumnya melalui suatu proses yang lambat, sedangkan pada saat menjalankan suatu data menggunakan chip RAM umumnya melalui proses yang sangat cepat. Suatu chip pada RAM umumnya bisa menyimpan dalam jumlah memori sebesar satuan Gigabyte. Sedangkan pada chip ROM umumnya cuma bisa menyinpan beberapa memori sebesar satuan Megabyte data sampai dengan 4 MB maupun lebih di dalam perchipnya.

Contoh yang dapat dilihat dari ROM yaitu pada BIOS komputer, chip yang berasal dari PROM umumnya digunakan untuk dapat menyimpan pemrograman yang dibutuhkan untuk dapat memulai dari suatu proses komputer maupun laptop.

Chip pada ROM juga umumnya dapat digunakan untuk bisa menjalankan suatu program permainan seperti pada permainan game boy, Nintendo, Segagenesis dan permainan yang lainnya. Game seperti pada game cartridge umumnya dapat menyimpan suatu permainan di dalam bentuk chip ROM. Dan biasanya terdapat pada suatu chip yang dapat di baca oleh suatu konsol game saat cartridge tersebut sudah dimasukkan didalam konsol.

Sedangkan dari jenis media yang bertipe ROM yang paling tua yaitu sudah ditemukan pada tahun 1932. Media ROM tersebut adalah jenis dari penyimpanan yang saat ini masih digunakan dan terus akan diperbaiki untuk dapat meningkatkan suatu kinerja di dalamnya dan juga kapasitas didalam penyimpanannya.

Sementara itu di dalam RAM juga dapat digunakan pada perangkan sebuah komputer untuk dapat menjalankan sebuah program dan menyimpan suatu informasi didalam laptop maupun komputer kita. Contohnya yaitu terlihat pada saat kita sedang menjalanan sebuah program yang terdapat pada komputer maupun laptop, seperti saat kita melakukan pencarian di dalam internet, dan kegiatan yang lainnya.

Sedangkan pada Chip RAM, informasi dan data yang telah disimpan tersebut nantinya dapat menghilang pada saat komputer dimatikan. Jenis lainnya yang secara umum dari chip ROM yaitu merupakan aplikasi BIOS yang memiliki peran yang sangat penting pada saat menjalankan suatu pengujian dan powering up hardware.

Cara Kerja RAM dan ROM

RAM dan ROM

Sama dengan pengertiannya, ROM atau Read Only Memory, maka dapat diambil sebuah kesimpulan dari prinsip kerja dari ROM yang terdapat pada suatu perangkat komputer tersebut sangatlah sederhana. Seorang pemilik dari komputer tersebut dapat memasukkan sejumlah data yang biasanya berupa sebuah software default pabrik ke dalam sebuah chip ROM.

Dan kemudian data yang terdapat didalam sebuah ROM tersebut akan tersimpan dengan permanen dan tidak bisa dihapus menjadi sebuah output device. Yang perlu Anda ketahui yaitu Anda tidak bisa mengubah-ubah isi software tersebut di dalam ROM, dan juga ROM tersebut hanya bisa diisi dengan sekali saja selama digunakan.

Demikianlah artikel yang membahas tentang perbedaan RAM dan ROM beserta dengan cara kerjanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend