Chrome Blocking Ads

Perlahan, AdBlocker Mulai Kehilangan Kekuatannya di Chrome

NESABAMEDIA.COM – Google telah mengumumkan bahwa mereka akan segera menindak tegas layanan AdBlocker di Google Chrome, layanan yang memberikan akses untuk memblokir iklan di internet. Terlihat, AdBlocker mulai kehilangan kekuatannya untuk menghapus sejumlah iklan di layanan Chome saat ini, Kamis (08/09).

Terhitung telah satu minggu lamannya ketika Google untuk pertama kalinya memberikan pengumuman bahwa Chrome akan mengubah Manifest V2 mereka menjadi Manifest V3. Perubahan ini akan mempengaruhi berbagai macam layanan pemblokir iklan seperti AdBlocker, ini merupakan upaya yang memang sengaja telah dibuat oleh Google untuk menindak tegas layanan AdBlocker berjalan.

Layanan AdBlocker sendiri memang merupakan sebuah eksistensi yang berjalan di Chrome sejak lama, memberikan akses kepada pengguna untuk memblokir semua jenis iklan yang muncul ketika menjelajahi internet. Google tentu tidak akan membiarkan ini terjadi, selain memang layanan Google Adsense tidak dapat bekerja maksimal ketika menggunakan fitur ini.

Akhirnya, Google telah merilis Manifest V3 mereka yang akan berjalan di Chrome. Saat ini, kita bisa melihat bahwa AdBlocker mulai kehilangan kekuatannya, di mana tidak mampu menghapus semua iklan yang muncul di Chrome.

Wajar saja rasanya, karena AdBlocker dari AdGuard sendiri menyatakan bahwa mereka masih menggunakan Manifest V2 untuk bekerja di Chrome. Sedangkan layanan Chrome sendiri telah beralih dari Manifest V2 ke Manifest V3.

Saat ini, Unblock dan AdBlock yang merupakan layanan eksistensi pemblokiran iklan di Chrome tidak dapat bekerja dengan maksimal akan perubahan ini. Iklan dari Google Adsense dengan mudah berhasil memblokir akses dari layanan pemblokir iklan tersebut dan menampilkan sejumlah iklan dengan mudah.

Pengguna Chrome memang telah banyak yang menggunakan akses dari AdBlocker dan Unblock, selain alasan kenyamanan juga alasan terkuat ialah proses Loading yang lebih cepat. Namun, sayangnya dengan hadirnya iklan maka proses masuk ke dalam situs web akan semakin terasa lambat.

Awalnya, kami mengira bahwa ini terletak pada permasalahan koneksi kecepatan jaringan internet yang lambat. Tetapi, setelah melakukan pengujian melalui Speedtest terlihat bahwa koneksi jaringan terbilang cukup cepat. Maka dari itu, usutnya terletak pada iklan yang membuat proses membuka situs menjadi lebih lambat.

Speedtest

Uji kecepatan internet menggunakan Speedtest, terlihat masih ada iklan.

Untuk Anda yang menggunakan Chrome dan browser lainnya yang memiliki basis Chromium, maka bisa dipastikan bahwa layanan pemblokiran iklan tidak dapat bekerja dengan maksimal untuk saat ini.

AdGuard selaku pengembang dari AdBlock menyatakan bahwa mereka akan memperbaiki Manifest untuk dapat bekerja di Chrome dengan Manifest V3, yang direncanakan akan hadir pada awal 2023 tahun depan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend