Mengenal Physical Address dan Logical Address

Apa Itu Physical Address dan Logical Address? Mengenal Physical Address dan Logical Address

Di dalam sistem operasi, pada dasarnya memori adalah kumpulan byte. Setiap byte memiliki address masing-masing meskipun tidak sedang digunakan untuk menyimpan data.

Address pada memori bisa diibaratkan seperti alamat rumah yang kita miliki. Dengan memiliki alamat rumah, orang lain bisa mengetahui kemana mereka harus mencari setiap kali mereka membutuhkan kita.

Sama halnya dengan data yang disimpan di dalam memori. Setiap data ditempatkan di berbagai lokasi yang berbeda-beda, dan setiap lokasi diberi alamat memori yang jelas supaya data itu bisa dicari dengan mudah setiap kali dibutuhkan oleh CPU.

Ada dua jenis alamat memori yang digunakan, yaitu physical address dan logical address. Secara singkat, physical address adalah alamat yang sesungguhnya, sedangkan logical address adalah alamat virtual.

Physical Address

Mengenal Apa Itu Physical Address dan Logical Address

Physical address adalah alamat yang merujuk pada lokasi aktual di dalam memori. Software dan hardware sama-sama memerlukan alamat ini untuk bisa mengakses data yang tersimpan didalamnya.

Akan tetapi, software tidak diperkenankan untuk mengakses physical address secara langsung. Software hanya bisa mengaksesnya melalui logical address yang kemudian dipetakan ke physical address terkait. Mekanisme seperti ini ditujukan agar tidak ada dua software yang menggunakan physical address yang sama.

Logical Address

Mengenal Apa Itu Physical Address dan Logical Address

Logical address adalah alamat virtual yang dibuat oleh CPU yang berfungsi sebagai referensi ke physical address.

Melalui logical address inilah sebuah software bisa menggunakan physical address secara tidak langsung untuk menyimpan data yang diperlukan selama software itu sedang dijalankan.

Semua logical address yang ada disebut sebagai logical address space, sedangkan seluruh physical address disebut physical address space.

Memory Management Unit

Logical address perlu dipetakan ke physical address untuk mengalokasikan memori pada software yang sedang aktif. Pemetaan ini dikenal dengan istilah address translation.

Pemetaan atau penerjemahan tersebut dilakukan oleh Memory Management Unit (MMU) yang juga dikenal sebagai Paged Memory Management Unit (PMMU), address translator unit, atau memory manager.

MMU adalah sebuah komponen hardware di dalam komputer yang bertanggung jawab untuk mengelola memori virtual. MMU ini pulalah yang memungkinkan sebuah software untuk mengkonsumsi memori dalam jumlah yang lebih besar daripada kapasitas RAM yang tersedia, yaitu dengan memanfaatkan kapasitas hard disk sebagai swap file.

Untuk menerjemahkan logical address ke physical address, MMU menggunakan page table yang tersimpan di dalam memori.

Pada umumnya MMU terintegrasi dengan prosesor dan memiliki dua register khusus, yaitu Memory Data Register (MDR) dan Memory Address Register (MAR).

MDR digunakan untuk menyimpan data yang akan dikirim ke memori atau diambil dari memori, sedangkan MAR digunakan untuk menyimpan logical address yang akan dituju untuk mengambil data yang diinginkan dari memori.

Leave a Reply

Send this to a friend