Fitur Baru di Microsoft Windows 10 21H1 TLS

Microsoft Konfirmasi Pembaruan Windows 21H1, dan Ungkap Sebuah Fitur Baru

NESABAMEDIA.COMSecara terselubung, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa Windows 10 21H1 akan menjadi pembaruan fitur selanjutnya dan akan dirilis pada awal 2021 seperti yang banyak dirumorkan sebelumnya.

Sudah banyak petunjuk dalam beberapa bulan terakhir yang mengungkap bahwa Microsoft tengah melakukan perubahan untuk pembaruan minor dan utama di tahun 2021 yang berfokus pada pengembangan Windows 10X, yang awalnya ditargetkan dirilis pada Desember 2020 ini.

Microsoft telah mengisyaratkan bahwa mereka masih akan merilis pembaruan Windows 10 dua kali dalam satu tahun, namun ini adalah kali pertama Microsoft memberikan konfirmasi resmi terkait pembaruan tersebut. 

Dalam sebuah dokumen dukungan yang baru, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa pembaruan berikutnya setelah versi 20H2 adalah Windows 10 21H1. Microsoft juga telah memperbarui dokumen dukungan yang lama untuk menyoroti dukungan pada fitur Transportation Layer Security (TLS) 1.3 di Windows 21H1. 

Tampilan Fitur TLS di Windows 10 21H1

Tampilan Fitur TLS di Windows 10 21H1

Lapisan keamanan baru ini akan mengurangi tingkat latensi, meningkatkan kinerja dan keamanan koneksi website yang dibuat ke Windows 10. Seperti yang sudah diketahui bahwa Windows 10 test build tidak lagi terikat pada pembaruan fitur spesifik lagi. Sebagai hasilnya, jadwal pembaruan fitur pun tidak bisa diketahui kapan akan dirilis di tahun depan. 

Pada versi 21H1, pengguna bisa mengharapkan kehadiran fitur dan peningkatan yang lebih sedikit daripada sebelumnya. Misalnya, Windows 10 akan menambahkan mode gelap pada tampilan halaman pencarian Windows. Demikian juga, Microsoft akan menghadirkan DNS melalui HTTPS (DoH) ke Windows 10 untuk meningkatan privasi dan keamanan pengguna.

Fitur DoH sendiri statusnya akan dimatikan secara default di Windows 10, namun pengguna bisa melakukan konfigurasi melalui tab Networks yang ada di halaman aplikasi Settings. Atau pengguna bisa secara langsung mengaktifkannya melalui aplikasi web browser, seperti Edge, Chrome ataupun Firefox. 

Menurut sumber, Microsoft akan memulai tahap pengujian Windows 10 21H1 Build 19043 dengan para pengguna yang telah tergabung dalam Kanal Release Preview pada bulan Januari atau bulan Februari 2021. Karena rencana ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, versi Windows 21H1 pun diharapkan akan mulai dirilis sebagai enablement package pada Mei 2021. 

Leave a Reply

Send this to a friend