Honor Kerjasama Microsoft Windows 10 MagicBook

Honor Kerjasama Bareng Microsoft Bikin Perangkat Berbasis Windows 10

NESABAMEDIA.COMHonor, unit ponsel yang telah dijual oleh Huawei, mengumumkan bahwa pada hari Kamis (24/12/20) kemarin, pihaknya telah menandatangani kerjasama eksklusif dengan Microsoft, yang nantinya akan mengusung Windows 10 sebagai sistem operasi laptop resminya di seluruh dunia. 

Ini menjadi pertama kalinya Honor sebagai perusahaan independen, telah berhasil melakukan kerjasama strategis dengan pihak asing. Pihaknya mengatakan bahwa generasi terbaru dari produk Honor MagicBook nantinya akan dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 dan juga prosesor Intel Core i5. Ditargetkan produk tersebut akan dipasarkan mulai Januari 2021 di Cina. 

“Honor sangat senang untuk bisa melakukan kerjasama global dengan Microsoft. Meski menggunakan sistem operasi dan teknologi yang mainstream, kami akan mencoba menghadirkan produk PC dengan desain yang menawan, performa powerful dan pengalaman kelas pertama kepada konsumen.

Honor bersikeras untuk menjadikan konsumen sebagai faktor utama dan akan mempertahankan sikap terbuka serta bekerja bersama industri global untuk membuat kebijaksanaan dunia yang baru bagi semua orang,” jelas CEO Honor Zhao Ming.

Sejumlah analis mengatakan bahwa sepertinya Honor akan menggunakan teknologi dan software Amerika seperti Google, dan ada juga kemungkinan bahwa Honor bisa mendapatkan kembali saham yang hilang dari Huawei di pasar luar negeri. 

Saat ini PC yang dikembangkan oleh Huawei masih diizinkan untuk menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, namun resiko pemblokirannya juga sangat besar. Bisnis smartphone Huawei kelas atas pun juga sedang dalam bahaya, karena kebijakan pemblokiran dari Amerika tersebut.

Pendiri Huawei, Ren Zhengfei sebelumnya mengatakan bahwa dirinya berharap Honor bisa menjadi kompetitor kuat bagi Huawei atau bahkan bisa melampauinya di masa mendatang. Zhengfei juga menyarankan agar Honor untuk bisa segera memasuki globalisasi, dengan membangun pabrik di luar negeri seperti Inggris, Amerika dan juga Korea Selatan. Bagi Zhengfei untuk bisa menjadi penguasa teknologi, Honor harus bisa bekerja sama dengan industri lainnya sebanyak mungkin. 

Dalam laporan keuangan terakhir, diketahui Honor telah mencatatkan pendapatan hingga Rp180 triliun dan laba bersih sekitar Rp12 triliun. 

Kemungkinan pabrikan chip raksasa Qualcomm juga akan turut bergabung menjadi pemasok komponen produk buatan Honor. Sebab, sebelumnya pihak Qualcomm mengatakan sangat tertarik untuk melakukan pembahasan kerjasama bareng Honor.

Leave a Reply

Send this to a friend