Windows 10X Drivers

Windows 10X Akan Beralih Ke Model Windows Drivers

NESABAMEDIA.COMWindows 10x Windows Drivers – Windows 10X dikabarkan akan menjadi sistem operasi yang modular dan multi-device yang akan bersaing dengan sistem operasi lain seperti Chrome OS di pasar edukasi. Berdasarkan pengumuman tahun lalu, sepertinya Windows 10X akan menjadi sistem operasi Hybrid. Artinya sistem operasi itu akan berbasis pada Windows Core dan akan mendukung berbagai jenis platform lain.

Windows 10X akan dioptimalkan baik untuk perangkat layar ganda dan desktop tradisional seperti Surface Pro, Dell XPS atau HP 15. Akan tetapi, nantinya akan dirilis terlebih dahulu pada perangkat PC layar tunggal dan baru akan dikembangkan ke perangkat seperti Surface Neo di awal 2022 mendatang.

Sederhananya, pembaruan Windows 10X seperti cara Microsoft dalam meningkatkan Windows 10 untuk menjadi sistem operasi yang jauh lebih efisien dengan pengkodean yang modern. Namun sistem operasi Windows 10X tidak akan tersedia dalam bentuk unduhan digital ke publik.

Dalam sebuah dokumen dukungan terbaru, Windows 10X akan menggunakan Windows Driver, sebuah driver model baru yang diperkenalkan dengan Windows 10 versi Mei 2020 (2004). Terhitung mulai Windows 10 versi 2004 itu, driver telah dikategorikan sebagai Windows Drivers atau Windows Desktop Drivers. 

Jika Desktop Drivers akan berjalan secara eksklusif pada perangkat komputer tradisional, Microsoft mengatakan bahwa Windows Drivers terbaru akan bisa berjalan baik di Windows 10X dan juga Windows 10.

Fitur di Windows Drivers Windows 10X

Fitur di Windows Drivers Windows 10X

“Windows Drivers nantinya akan berjalan di semua jenis Windows 10, termasuk Windows 10X dan Windows 10 Desktop Editions. Sementara Windows Desktop Drivers hanya bisa berjalan di Windows 10 Desktop Editions,” begitu yang tertulis dalam dokumen dukungan tersebut.

Windows 10X tidak akan menggunakan driver spesial atau eksklusif untuk menjalankan program yang ada. Ini berarti bisa memberikan kemudahan bagi para perusahaan untuk menggunakan driver yang sama dari seluruh layanan yang ada.

Selain itu, Microsoft juga telah mengkonfirmasi bahwa Windows Drivers terbaru itu harus mematuhi persyaratan dan tuntutan keandalan serta kemudahan servis di Windows 10X. Microsoft juga tidak akan memaksa para vendor untuk memodifikasi driver mereka yang telah ada sebelumnya demi untuk memenuhi persyaratan tambahan. 

Akan tetapi jika vendor mau melakukan sedikit perubahan, maka driver mereka akan semakin handal karena telah siap berintegrasi dengan perangkat Windows 10X secara lebih baik. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sistem operasi ini ditujukan hanya untuk perangkat baru saja. Namun pengembang independen memiliki kesempatan untuk bisa membuat pengalaman instalasi yang lancar meski tidak secara resmi, untuk perangkat yang sudah ada dan juga penggunaan driver universal akan menjadikan semuanya lebih baik lagi.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend