Windows 10X Dipasang di Perangkat Surface Pro 7

Windows 10X Kedapatan Berjalan Lancar di Perangkat Surface Pro 7

NESABAMEDIA.COMWindows 10X pada awalnya dibuat untuk perangkat layar ganda yang ditenagai oleh prosesor Intel seperti Surface Neo dan Intel Tiger Rapid. Namun kemudian Panos Panay telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan bermaksud untuk membawa sistem operasi ringan itu ke perangkat laptop tradisional. 

Kabar terbaru dari rumor-rumor yang muncul baru-baru ini mengatakan bahwa Windows 10X kemungkinan akan segera dirilis antara bulan Maret atau Juni tahun ini. Dikabarkan juga Windows 10X akan terpasang sebagai sistem operasi bawaan di perangkat yang sudah ada sebelumnya, seperti Apple M1, Surface Go bahkan smartphone Lumia. 

Kini, kembali muncul informasi bahwa Windows 10X telah bisa terpasang di perangkat Surface Pro 7. Adalah pengguna bernama ADeltaX yang melakukan eksperimen tersebut. Dia melakukan porting driver yang ada di perangkat itu ke Windows 10X, dan kemudian mengaktifkan dukungan untuk sejumlah fitur utama seperti Windows Hello dan Kamera. 

Windows 10X di Surface Pro 7

Windows 10X di Surface Pro 7

ADeltaX mengaku memasang Windows 10X yang sebelumnya telah bocor ke internet beberapa waktu yang lalu. Meski terlihat sedikit ‘memaksa’, namun akun tersebut mengaku proses pemasangan dan penggunaannya berjalan sangat lancar tanpa ada kendala satu apapun. Dia juga mengunggah video hasil eksperimennya itu.

Dari video tersebut tampak bahwa Windows 10X itu hanya mendukung aplikasi PWA dan UWP saja, dan Microsoft juga kedapatan menambahkan sebuah fitur sentuhan gestur yang baru. Dari video itu juga terlihat Windows 10X memiliki performa lebih baik dan cepat dibandingkan dengan Windows 10. Terlebih, sistem operasi itu bisa berjalan dan menyesuaikan sangat baik dengan perangkat berbasis sentuhan itu, berkat teknologi Fluid Touch Gesture dan animasinya.

Sangat menarik sekali menyaksikan bahwa Windows 10X bisa berjalan dengan lancar di perangkat Surface Pro 7 itu, dan sepertinya juga akan bisa dipasang di perangkat apapun, termasuk Lenovo ThinkPad. Dan sepertinya, sistem operasi itu tidak akan dibatasi dengan konfigurasi tertentu, setidaknya berdasarkan dari eksperimen tidak resmi seperti di atas. 

Namun nantinya tetap saja akan ada tantangan. Misalnya, driver untuk fitur-fitur penting, seperti touchpad dan kamera mungkin tidak akan bisa bekerja dengan maksimal di perangkat tertentu. Dan perlu dicatat juga bahwa Windows 10X tidak akan tersedia untuk diunduh di perangkat yang sudah ada, yang berarti hanya akan tersedia dengan perangkat baru saja. 

Leave a Reply

Send this to a friend