Bisnis Smartphone LG

Rugi Besar, LG Dikabarkan Akan Keluar Dari Bisnis Smartphone

NESABAMEDIA.COMLG dikabarkan akan mengambil langkah sangat besar dalam waktu dekat. Dilaporkan bahwa LG akan keluar dari bisnis smartphone. Sebuah sumber terpercaya mengatakan bahwa LG dalam kurun waktu lima tahun terakhir telah mengalami kerugian sangat besar, yang disebutkan mencapai Rp63 triliun. 

Sepertinya kabar tersebut memang benar adanya, karena tidak lama setelahnya juga muncul bocoran pesan dari CEO LG, Kwon Bong-Seok kepada para karyawannya. Disebutkan dalam pesan itu bahwa perusahaan akan melakukan perubahan sangat besar dalam operasi bisnis smartphone mereka. Namun jajaran direksi memastikan bahwa semua staff yang ada tetap akan dipertahankan. 

Untuk saat ini, mungkin hal tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan. Karena masih belum jelas juga apa yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan. Namun yang pasti, LG masih akan merilis sejumlah produk smartphone baru mereka, seperti smartphone gulung LG, LG Rainbow dan LG Q83. 

Sementara itu pihak LG juga mengatakan, “Karena kompetisi pasar global untuk perangkat mobile telah semakin keras, sudah waktunya bagi LG untuk mengambil kebijakan secara dingin untuk menentukan pilihan terbaik.”

Dari pernyataan tersebut tentu dipastikan akan ada perubahan. Beberapa kemungkinan itu seperti adanya kebijakan penjualan, perampingan, atau keluar dari bisnis smartphone. Rumor yang berkembang di antara karyawan LG mengungkap bahwa sekitar 60 persen dari bisnis smartphone LG akan dipindahkan ke unit lain. Pengumuman penting diperkirakan akan dirilis perusahaan dalam minggu depan. 

LG sendiri telah melakukan banyak sekali upaya untuk bisa meningkatkan bisnis smartphone mereka. Seperti dengan melakukan outsourcing bisnis smartphone kelas bawah dan menengah ke ODM. Hadirnya LG Wing juga membantu memberikan kesan apik, namun sejauh ini masih belum bisa dipastikan apakah smartphone itu akan laku di pasaran. 

Apalagi smartphone gulung yang sedang dikembangkan oleh LG itu kurang mendapat sambutan yang baik dari pasar. Bahkan smartphone gulung LG lebih banyak mendapatkan kritikan tajam, meski informasi yang muncul masih belum terungkap seluruhnya dan sangat terbatas. Namun kritikan tajam tadi, sepertinya bisa dijadikan tanda bagi LG, bahwa mereka harus lebih baik lagi atau sekalian keluar dari pasar smartphone. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend