Tampilan Baru Menu Flyout dan Menu Konteks di Windows 10

Begini Tampilan Baru Menu Flyout dan Menu Konteks di Windows 10

NESABAMEDIA.COMMenurut sejumlah laporan dan bocoran sebelumnya, pembaruan Windows 10 Sun Valley akan membawa tampilan ujung membulat seperti yang ada di Windows 7 dan Vista.

Sebagai bagian dari strategi desain ulang Microsoft itu, antarmuka utama di Windows 10 nantinya akan mengubah ujung jendela tajam dengan ujung membulat, yang mewakili perubahan Windows 10 secara estetika. 

Kembali ke masa lalu, di mana kala itu Microsoft menggunakan tampilan ujung membulat dan ujung tajam secara berdampingan untuk antarmuka utama di Windows, namun kemudian ujung membulat dan efek Aero ditinggalkan, dan digantikan oleh ujung tajam secara keseluruhan dan Fluent Design. 

Kini, Microsoft mempertimbangkan sebuah antarmuka baru untuk Menu Flyout (DatePicker, TimePicker dan lainnya) di aplikasi Windows. Tampilan yang baru untuk Menu Flyout itu nantinya akan memiliki kesan seperti efek X-Ray, di mana warna akan berubah, menyesuaikan scroll pada mouse. 

“Ini nantinya memungkinkan pengguna mendapatkan tampilan warna yang berubah secara dinamis, bahkan ketika melakukan scrolling, yang seperti mendapat tampilan halus semacam efek X-Ray,” ungkap pihak Microsoft dalam sebuah proposal yang diunggah di Github. Dan pada tanggal 21 Januari, proposal itu sepertinya telah disetujui. 

Pada proposal lainnya yang juga dimuat di Github, Microsoft menyoroti tampilan ujung membulat yang akan hadir ke menu Windows 10, yang ada di aplikasi modern dan juga halaman Settings. Microsoft bermaksud untuk memperbarui margin pada menu dengan spasi tambahan antar item. 

Windows 10 Menu Flyout Efek X-Ray

Windows 10 Menu Flyout Efek X-Ray

Seperti yang tampak pada tangkapan layar di bawah ini, Microsoft juga akan menambahkan desain ujung membulat pada item menu, dan menu tetap akan mendukung Fluent Design. 

Item Menu Ujung Membulat Fluent Design

Item Menu Ujung Membulat Fluent Design

Dari tampilan di atas juga terlihat jelas bahwa Microsoft berharap penuh pada tampilan ujung membulat untuk mengubah antarmuka Windows 10 dan kembali ke desain sebelumnya yang ada di era Windows 7 dan Vista. 

Tampilan Ujung Membulat Menu Konteks Windows 10

Tampilan Ujung Membulat Menu Konteks Windows 10

Selain ke menu aplikasi, Microsoft juga berencana menggantikan ujung tajam dengan ujung membulat untuk aplikasi Windows 10. Seperti, Settings, Musik, Foto, dan aplikasi lainnya. 

Peningkatan tampilan antarmuka pengguna di Windows 10 akan mulai diluncurkan pada pembaruan Preview Build beberapa bulan mendatang, namun tidak akan dirilis ke publik sebelum semester kedua tahun 2021 nanti. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend