Penggunaan CPU Windows 10 Melonjak

Pengguna Keluhkan Penggunaan CPU Widows 10 Melonjak Drastis

NESABAMEDIA.COMPada awal bulan Desember 2020 ini, baik Microsoft dan Intel merilis pembaruan untuk Windows 10. Meski pembaruan Windows 10 membawa sejumlah perbaikan, namun di sisi lain pembaruan itu tampaknya juga memunculkan masalah yang cukup serius. Pengguna melaporkan bahwa penggunaan CPU mereka tiba-tiba saja melonjak, padahal tidak terlalu banyak beraktivitas. 

Lonjakan penggunaan CPU telah dilaporkan sejumlah pengguna setelah dua pembaruan Windows 10 dirilis pada bulan ini. Dua pembaruan yang dimaksud adalah pembaruan Windows 10 bulan Desember dan pembaruan Intel Driver & Software Tool. 

Dalam beberapa kasus, masalah diketahui disebabkan oleh pembaruan Windows 10 KB4592438 dan mencopot pembaruan tersebut, bisa dijadikan solusi perbaikan sementara. Di saat yang sama, terjadi masalah peningkatan penggunaan CPU, yang ternyata disebabkan oleh Intel Driver & Software Assistant Tool (DSA).

Lebih lanjut, pengguna yang melaporkan masalah lonjakan penggunaan CPU itu menjelaskan, bahwa proses yang menghabiskan hampir seluruh resource komputer itu adalah DSAService. DSAService sendiri termasuk dalam tool pembaruan software Intel untuk Windows 10 dan itu dilaporkan berjalan di latar belakang secara berlebihan, hingga akhirnya mengakibatkan lonjakan penggunaan CPU.

“Hal ini membuatku gila. Penggunaan CPU dan Disk yang sangat tinggi. Saya bahkan tidak bisa menonton streaming dan video. Saya pun mencopot program tersebut,” ungkap salah satu pengguna yang mengeluhkan masalah itu.

Setelah ditelusuri lebih jauh, penyebabnya adalah proses pembaruan pada layanan DSAService, yang menghabiskan 50 sampai 100 persen sumber daya perangkat, dan akhirnya terjadi lag dan FPS yang menurun. Di saat yang sama, ada kemungkinan bahwa layanan DSA milik Intel itu memiliki masalah dengan versi terbaru dari Windows 10, yang akhirnya memunculkan masalah tersebut.

Untungnya, sejumlah pengguna mengaku telah menemukan perbaikan yang cukup sederhana. Mereka mencopot software Intel atau pembaruan kumulatif Windows 10, dan kemudian menundah sementara pembaruan otomatis. Dan seperti biasanya, sebelum mengikuti langkah di atas, ada baiknya melakukan pencadangan terlebih dahulu.

Sementara itu, kemungkinan besar pihak Intel maupun Microsoft telah mengetahui masalah ini dan tengah mengupayakan perbaikan dengan segera, yang nantinya akan dirilis secara otomatis melalui Windows Update atau Intel DSA.

Leave a Reply

Send this to a friend