Microsoft Chip ARM

Lepas Dari Intel, Microsoft Bikin Chip ARM Sendiri Untuk Perangkat Surface

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kemungkinan akan meluncurkan perangkat Surface terbaru yang akan menggunakan prosesor berbasis ARM hasil buatan mereka sendiri. Jika kabar ini benar, maka akan menjadi pertama kalinya chip milik Microsoft yang akan terpasang di perangkat Surface. Pasalnya, Microsoft sebelumnya masih bergantung pada chip buatan Intel, Qualcomm dan AMD.

Perlahan tapi pasti, Microsoft mencoba menjauh dari Intel dan perusahaan pembuat chip lainnya seperti Qualcomm dan AMD. Namun produk Surface yang ada saat ini mayoritas masih menggunakan chip buatan Intel.

Dikabarkan, Microsoft tengah mendesain chip berbasis ARM mereka sendiri dan berhenti menggunakan chip buatan Intel, dan nantinya chip itu akan digunakan di layanan Azure Cloud Platform dan produk kebutuhan konsumen seperti Surface.

Seperti halnya prosesor silikon milik Apple, prosesor misterius buatan Microsoft ini akan berbasis pada desain ARM dan akan berjalan di Windows 10 ARM atau Windows 10X ARM. Tentu saja, hal ini akan menjadi pukulan berat bagi Intel ke depannya karena harus kehilangan salah satu konsumen terbesarnya. 

Saat ini prosesor buatan Intel menjadi jantung di hampir semua produk Surface buatan Microsoft. Faktanya, Surface Pro 8 yang akan datang juga akan menggunakan chipset Intel generasi ke-11 dengan GPU Xe. 

Kepindahan dari Intel, mungkin bukan hal yang mudah untuk dilakukan oleh Microsoft, namun secara teori perusahaan asal Redmond itu masih mampu, karena mereka juga berpengalaman membuat chip berbasis ARM ketika bekerja sama dengan Qualcomm. Misalnya, Surface Pro X yang menggunakan chip berbasis ARM SQ2, yang dibuat oleh Microsoft dan Qualcomm.

Perangkat Windows ARM kini telah beredar di pasaran selama empat tahunan, namun sayangnya perangkat itu memiliki banyak sekali isu kompatibilitas. Bahkan beberapa waktu yang lalu prosesor Apple M1 malah mampu menorehkan performa lebih baik di Surface Pro X, ketimbang prosesor Microsoft itu sendiri.

Processor M1 buatan Apple itu unggul dengan perbedaan skor sangat telak di pengujian Geekbench. Di mana M1 mampu mencatatkan skor sebesar 1399 dan chip milik Microsoft hanya sebesar 804 di kategori single-core. Sementara di kategori multi-core, M1 meraih skor 5450 dan chip Microsoft hanya 3133. 

Saat ini belum diketahui kapan Microsoft secara resmi akan mengumumkan keberadaan chipset buatan mereka itu. Detail yang lebih jelas kemungkinan akan terungkap pada tahun 2021 mendatang. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend