Pixel Notepad, Smartphone Lipat Pertama Google Siap Lemahkan Galaxy Z Fold 3

Pixel Notepad, Smartphone Lipat Pertama Google Siap Lemahkan Samsung

NESABAMEDIA.COMMeskipun rumor sebelumnya menyebut bahwa Google telah membatalkan rencana Pixel Fold-nya, namun ada indikasi sangat kuat bahwa mereka sedang bersiap-siap untuk mencoba memasuki pasar smartphone lipat.

Versi beta dari Android 12L terbaru, mengungkap petunjuk tentang bagaimana tampilan dari produk Google yang bisa dilipat, yang memberikan kesan mirip Oppo Find N. Kini laporan terbaru menyoroti nama dan harganya. 

Dari sumber yang diterima nesabamedia.com, smartphone lipat dari Google itu akan mendapatkan nama Pixel Notepad, ketimbang Pixel Fold yang sebelumnya dikabarkan telah dibatalkan itu. Adapun alasan pembatalan itu diduga karena Google menilai smartphone lipat buatan mereka itu kurang kuat untuk menjadi penantang sejati bagi Samsung Galaxy Z Fold 3.

Moniker Google Pixel Notepad disebut-sebut sebagai branding yang pas untuk perangkat smartphone lipat itu, namun perlu diketahui bahwa sebelum muncul dengan nama tersebut, Google mempertimbangkan untuk menggunakan nama Logbook. 

Berbicara soal harga, diklaim perangkat smartphone lipat pertama dari Google itu akan dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan sejumlah smartphone lipat yang ada di pasaran saat ini, seperti Galaxy Z Fold 3. Ini berarti Pixel Notepad setidaknya akan dijual dengan harga kurang dari Rp25 jutaan. 

Mengingat tingginya biaya pembuatan perangkat ini, tidak jelas bagaimana cara Google untuk menghadirkan perangkat smartphone lipat ini dengan harga yang lebih murah dari perangkat lainnya. Ini adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh OEM seperti TCL, yang baru-baru ini menunda proyek smartphone lipatnya karena biaya produksi yang terlalu tinggi.

Mungkin juga perlu waktu bagi Google untuk menghadirkan smartphone lipat ke pasaran. Sebuah sumber lainnya yang mengetahui rencana Google mengatakan bahwa proyek tersebut kemungkinan baru akan dirilis pada tahun 2023 mendatang. 

Dengan semakin banyaknya produsen smartphone dengan nama besar seperti Oppo, Xiaomi, Huawei dan Motorola yang mencoba mengalahkan dominasi Samsung di pasar smartphone lipat, maka sangat masuk akal bagi Google untuk bisa bergabung dalam pesta ini. Terlebih Google juga selalu ditunggu-tunggu untuk setiap inovasi dalam produk-produk terbarunya, dan diyakini smartphone Pixel Notepad bisa menjadi pembeda.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend