Android 12L Bawa Fitur Yang Dikhususkan Perangkat Lipat dan Tablet

Android 12L Bawa Fitur Yang Dikhususkan Perangkat Lipat dan Tablet

Tablet Android akan segera memiliki kemampuan lebih lagi. Google telah mengumumkan pembaruan untuk Android 12 yang dirancang khusus untuk perangkat layar lebar, yang juga mencakup ponsel lipat dan Chromebook. Dikenal sebagai Android 12L, sistem operasi ini bertujuan untuk membuat pengalaman yang sebelumnya terasa ‘aneh’ menjadi lebih mulus, dan memanfaatkan keandalan layar perangkat menjadi lebih nyata.

Huruf L di sini tampaknya mewakili kata ‘Large’ yang berarti besar. Meski Google tidak secara eksplisit mengatakannya, ia menggunakan kata tersebut sebanyak 39 kali dalam posting blognya, jadi ini adalah anggapan yang cukup valid.

Sampai saat ini, sebagian besar tablet Android terasa seperti ponsel raksasa. Namun Android 12L membuat beberapa perubahan pada versi reguler Android. Misalnya, item di layar utama dan layar kunci, notifikasi, dan menu pengaturan cepat semuanya akan disesuaikan untuk memaksimalkan tampilan ekstra.

Pada layar yang memiliki kepadatan-independen 600 piksel atau lebih (yang biasanya berarti layar 7 inci atau lebih besar), anda akan melihat bayangan pemberitahuan dua kolom dan layar kunci. Pada contoh di bawah ini, sisi kanan layar dicadangkan untuk notifikasi, mengurangi kekacauan yang biasa terjadi di sisi lain.

Tampilan Android 12L

Tampilan Android 12L

Taskbar baru di layar yang lebih besar memungkinkan fitur multitasking yang lebih kuat. Android 12L mendukung drag-and-drop untuk split-screen yang mudah. Kedua jendela dapat diubah ukurannya sesuai keinginan, meskipun tidak jelas apakah dua jendela adalah maksimum atau apakah tiga atau lebih aplikasi dapat digunakan secara berdampingan.

Satu-satunya fitur lain yang disebutkan Google adalah pengalaman letterboxing yang ditingkatkan, yang memungkinkan produsen perangkat membuat penyesuaian pada tampilan windows. Ini akan membantu membuat aplikasi terasa lebih dioptimalkan untuk perangkat yang anda gunakan.

Selain fitur-fitur ini, Android 12L akan mempertahankan tampilan dan nuansa inti yang sama seperti Android 12. Pendekatannya mirip dengan apa yang telah dilakukan Apple dengan iPadOS, yang menambahkan beberapa fitur tambahan tetapi sangat didasarkan pada iOS.

Siapa pun yang memiliki perangkat yang kompatibel dapat mencoba Android 12L, tetapi saat ini hanya tersedia versi pratinjau untuk pengembang. Rilis stabil sepertinya masih jauh. Google berencana untuk merilis OS baru ‘awal tahun depan’, yang berarti itu adalah tahun 2022.

Perusahaan mengatakan bahwa waktunya bertepatan dengan ‘gelombang berikutnya dari tablet dan perangkat lipat Android 12’, tetapi ini adalah indikator terbaru dari perangkat lipat Google yang akan segera hadir. Ada banyak desas-desus yang menunjukkan bahwa perusahaan sedang mengerjakan Pixel Fold. Pertanyaannya kemudian adalah dapatkah perangkat diluncurkan sekitar waktu yang sama Android 12L dirilis? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend