Samsung Galaxy S20 eID Eropa

Ponsel Samsung Galaxy S20 Bisa Jadi ID Elektronik, Dimulai Dari Jerman Tahun Ini

NESABAMEDIA.COMBayangkan jika di masa depan, ponsel anda bisa menjadi pengganti dokumen identitas, seperti KTP, SIM dan dokumen penting lainnya. Setidaknya, hal ini akan terjadi di Jerman pada tahun ini. Pasalnya, pemerintah Jerman tengah melakukan kerjasama dengan Samsung, yang memungkinkan ponsel Galaxy seri S20 menjadi ponsel pertama yang bisa dijadikan pengganti identitas resmi untuk negara-negara di Eropa.

Hal tersebut memungkinkan dilakukan karena adanya fitur teknologi Embedded Secure Elements (eSE) yang tertanam pada chip yang ada di Samsung Galaxy S20. Pihak Samsung mengklaim jika teknologi eSE adalah teknologi enkripsi yang paling aman dan canggih yang ada saat ini. 

Dan sepertinya pihak Jerman pun cukup percaya dengan apa yang bisa dilakukan teknologi eSE tersebut. Sehingga membuat Samsung menjadi perusahaan swasta pertama yang boleh berpartisipasi dalam program Electronic ID (eID) nasional Jerman.

Salah satu faktor lain yang mendukung kepercayaan pemerintah Jerman adalah karena selama ini Samsung memiliki teknologi yang sesuai dengan regulasi eIDAS Uni Eropa. Sebuah regulasi yang dikeluarkan oleh Uni Eropa yang mengizinkan masyarakat Eropa untuk menggunakan identitas elektronik saat melintasi perbatasan negara-negara Eropa. 

Jadi kedepan bisa memungkinkan adanya adopsi regulasi yang jauh lebih luas, sebagai standar penggunaan eID di negara-negara Eropa.

Teknologi Embedded Secure Element Galaxy S20

Teknologi Embedded Secure Element Galaxy S20

Proses dalam mengurus identitas elektronik yang dikeluarkan pemerintah Jerman itu pun alurnya cukup mudah. Masyarakat yang ingin mendaftar, hanya tinggal menekan tombol NFC yang ada di ponsel Samsung Galaxy S20 untuk melakukan pemindaian kartu fisik identitas mereka dan memasukkan PIN khusus. 

Selanjutnya data hasil pemindaian itu akan dikirimkan ke pihak berwenang pemerintah Jerman, untuk kemudian dilakukan verifikasi dan otentifikasi. Jika proses verifikasi berhasil, maka identitas elektronik akan tersimpan di ponsel, untuk bisa digunakan untuk kepentingan resmi lain dengan hanya menunjukkan ponsel mereka. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan eID yang ada di ponsel Samsung Galaxy S20 itu tidak hanya untuk keperluan saat melewati perbatasan atau urusan birokrasi saja. Namun juga bisa untuk membuka rekening baru atau saat ditilang oleh petugas kepolisian. 

Tentu saja, tidak hanya Samsung yang sedang gencar dalam kerjasama pengurusan eID ini. Ada juga Apple yang juga tengah mengembangkan ponsel mereka untuk bisa dijadikan pengganti KTP dan paspor. Dan Google juga bersiap untuk ikut ambil bagian.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend