Private Safe di Oxygen OS 12, Cara Mengatur Dan Menggunakannya

Private Safe di Oxygen OS 12, Cara Mengatur Dan Menggunakannya

NESABAMEDIA.COMOppo memperkenalkan sebuah fitur yang menarik di Color OS 6.0 yang bernama Private Safe. Fitur ini memungkinkan anda untuk menyimpan data penting dan sensitif termasuk foto, video, dokumen sampai dengan kode atau sandi.

Dengan OnePlus yang juga menggunakan Color OS 12 sebagai pondasi dari Oxygen OS 12, fitur ini pada akhirnya juga hadir di perangkat OnePlus juga. 

Mengkonfigurasi Private Safe di Oxygen OS 12

Sangat mudah untuk mengatur dan menggunakan fitur Private Safe ini. Anda hanya akan membutuhkan sebuah kata sandi, dan anda bisa mengaturnya saat pemasangan awal. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings.
  2. Gulir ke bawah dan temukan Privacy.
  3. Pilih Private Safe.
  4. Anda akan mendapatkan sebuah kotak dialog yang meminta anda untuk mengatur kata sandi yang akan digunakan. Pilih Set Password. 
  5. Anda akan melihat sebuah pesan yang menjelaskan fitur apa yang bisa dikontrol oleh kata sandi tadi seperti, mengunci atau menyembunyikan aplikasi. Ketuk Set Unified Password untuk melanjutkan proses. 
  6. Kata sandi untuk Private Safe ini sebaiknya berbeda dengan kata sandi untuk membuka kunci smartphone anda.
  7. Setelah selesai, anda harus menambahkan email pemulihan dan pertanyaan keamanan, sehingga anda bisa melakukan reset kata sandi apabila lupa nantinya.
  8. Ketuk Start untuk menyelesaikan proses konfigurasi Private Safe. 

Menggunakan Private Safe di Oxygen OS 12

Setelah fitur tersebut selesai anda buat dan atur sedemikian rupa, anda bisa kembali ke halaman Settings → Privacy → Private Safe untuk menambahkan foto, video file suara, dokumen atau data-data penting lainnya.

Semua file yang disimpan di Private Safe hanya akan bisa diakses dengan kata sandi yang sudah anda atur sebelumnya. Anda juga akan mendapatkan opsi penggunaan sidik jari untuk proses autentikasinya.

Jika anda menginginkan cara tercepat untuk mengakses fitur ini, anda bisa selalu menambahkan ikon Private Safe di layar beranda smartphone. Caranya adalah dengan membuka pengaturan fitur ini dan kemudian memilih Home Screen Icon. 

Android 12 sendiri saat ini sedang dikirimkan ke banyak smartphone Android, dan OnePlus 9 serta 9 Pro juga tidak akan terlewatkan. Versi stabil dari Oxygen OS 12 juga sedang dikirimkan ke kedua perangkat tersebut, sementara perangkat lebih lama menyusul beberapa waktu berikutnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend