Seberapa Penting Keberadaan Slot MicroSD di Smartphone Sekarang Ini

Seberapa Penting Keberadaan Slot MicroSD di Smartphone Sekarang Ini?

NESABAMEDIA.COMTahun 2022 sebentar lagi akan datang, dan tampaknya sampai saat ini masih ada sejumlah perdebatan mengenai fitur penyimpanan yang ada di smartphone.

Banyak smartphone Android tidak menawarkan slot microSD seperti Samsung Galaxy S21 series, dan bahkan Google Pixel 6 juga tidak menyediakan dukungan ini. Meski demikian, masih banyak juga yang tetap menyediakan slot microSD untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan, khususnya di kelas entry atau anggaran.

Lalu seberapa penting keberadaan slot microSD dalam mempengaruhi keputusan ketika membeli smartphone baru? Atau apakah keberadaannya masih dibutuhkan sekarang ini?

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan permintaan akan layanan penyimpanan Cloud, banyak yang bilang bahwa slot microSD akan bernasib sama seperti colokan headphone 3.55mm yang kini sudah tidak lagi banyak digunakan di perangkat smartphone terbaru. Selain itu, semakin banyak juga perangkat smartphone yang menawarkan penyimpanan internal cukup besar sampai 128GB, atau lebih besar lagi. 

Namun pengguna tingkat lanjut dengan kebutuhan tertentu mungkin masih membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan di smartphone mereka, yang itu entah dipenuhi dengan membeli smartphone dengan penyimpanan internal yang besar, atau membeli perangkat yang mendukung slot microSD, atau bahkan membeli sendiri layanan cloud secara terpisah. Dan tentu saja, ini semua adalah masalah akses. 

Layanan penyimpanan cloud seringkali bergantung pada keberadaan server yang menjalankannya, dan ketika terjadi outages atau pemadaman, maka pengguna tidak akan bisa mengakses file mereka. Sementara, kartu SD umumnya menjadi pilihan bagi profesional seperti konten kreator, karena akan sangat memudahkan untuk memindahkan dan mengakses file berukuran besar dari perangkat smartphone ke PC atau sebaliknya. 

Lalu bagaimana tanggapan pengguna mengenai hal ini? Apakah keberadaan slot microSD saat ini masih dibutuhkan atau akan segera ditinggalkan?

Komentar yang muncul pun beragam. Salah satu pengguna mengatakan bahwa dengan penyimpanan internal standar saat ini adalah 128GB dan 256GB, maka microSD diprediksi akan segera kehilangan fungsinya di masa mendatang. 

Pengguna lain juga memberikan komentar senada, dan lebih memilih menggunakan layanan penyimpanan cloud. Meski dirinya berharap harga dari layanan itu bisa lebih murah lagi, dan tidak semakin mahal seperti halnya biaya untuk membayar internet. 

Namun ada juga yang memberikan komentar berbeda dan lebih memilih tetap menggunakan kartu SD. Sebab pengguna satu ini kemarin baru saja merasakan bagaimana terjadinya outage atau pemadaman, membuat dia harus kebingungan mengakses file miliknya di layanan Cloud. 

Lalu bagaimana dengan pendapat anda dengan pentingnya slot microSD di smartphone? Silahkan sampaikan di kolom komentar.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend