Microsoft Project Latte Android Windows 10

Project Latte, Proyek Kedua Microsoft Integrasikan Aplikasi Android ke Windows 10

NESABAMEDIA.COMSeperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa Microsoft tengah berupaya menghadirkan integrasi aplikasi Android ke sistem operasi Windows 10. Kini, kabar tersebut semakin jelas keberadaanya. Proyek Microsoft itu pun diketahui bernama Project Latte, yang menargetkan integrasi aplikasi Android ke Windows 10 setidaknya pada awal tahun depan. 

Proyek integrasi aplikasi Android ke Windows 10, Project Latte oleh Microsoft ini merupakan proyek kedua. Proyek pertama bernama Project Astoria yang didengungkan perusahaan pada tahun 2015 yang lalu, namun kemudian harus dibatalkan selang tiga tahun berikutnya, yakni di tahun 2018. 

Lebih lanjut, Project Latte ini kemungkinan besar akan menggunakan Windows Subsystem for Linux (WSL). Begitu proyek ini dimulai, maka para pengembang aplikasi akan lebih mudah menghadirkan aplikasi mereka ke Windows 10, tanpa harus melakukan perubahan pengkodean. Pihak Microsoft menjelaskan bahwa nantinya aplikasi tersebut akan dijadikan dalam sebuah format paket MSIX terlebih dahulu, sebelum dikirimkan ke Microsoft Store. 

Jika proyek ini berhasil, maka Windows Store akan mendapatkan tambahan ribuan aplikasi lagi. Namun yang menjadi pertanyaan banyak pihak adalah bagaimana nantinya tampilan aplikasi itu di perangkat Windows 10, mengingat ukuran layar komputer rata-rata jauh lebih besar daripada ukuran layar smartphone. 

Sayangnya, narasumber mengatakan bahwa Project Latte kemungkinan tidak akan mendukung layanan Google Play, karena pihak Google tidak mengizinkan layanannya itu dipasang di perangkat yang tidak diberdayakan oleh Android atau Chrome OS. Jadi untuk aplikasi yang membutuhkan Google Play, mungkin harus menghapus persyaratan tersebut untuk aplikasi versi Windows mereka.

Jika Microsoft berhasil dengan pengembangan proyek integrasi aplikasi Android ke Windows 10 ini, maka hal tersebut akan menjadikan Windows sebagai platform dengan dukungan untuk beberapa jenis paket aplikasi termasuk PWA, UWP, Win32, dan juga Linux. Hal ini juga setidaknya akan membuat perangkat yang didukung oleh Windows 10 ARM jauh lebih menarik di mata konsumen.

Microsoft diperkirakan akan secara resmi mengumumkan Project Latte ini pada tahun depan, dan kemudian merilisnya sebagai bagian dari pembaruan Windows 10 yang dijadwalkan pada musim gugur tahun 2021 mendatang.

Leave a Reply

Send this to a friend