Aplikasi Android di Microsoft Windows 10

Microsoft Bakal Integrasikan Aplikasi Android ke Windows 10 Secara Langsung

NESABAMEDIA.COMSejumlah rumor menyebutkan bahwa Microsoft tengah berupaya menghadirkan aplikasi Android ke Microsoft Store di perangkat dengan sistem operasi Windows 10. Jika proposal itu berhasil diimplementasikan, maka hal tersebut bisa membantu mengatasi kekurangan aplikasi yang ada saat ini untuk platform Windows. 

Disebutkan jika fitur itu bisa saja hadir suatu waktu pada tahun depan, namun meski demikian sangat sedikit sekali detail informasi yang didapatkan, karena informasi ini merupakan informasi awal. Bagaimana metode yang akan dilakukan oleh Microsoft untuk mengatasi masalah kompatibilitas aplikasi Android dengan sistem operasi Windows 10 misalnya, hingga saat ini masih belum bisa diketahui.

Untuk bisa menawarkan kompatibilitas aplikasi Android asli, kemungkinan Microsoft terpaksa harus bisa menghadirkan dukungan untuk layanan Google Play. Platform lain yang sudah bisa menghadirkan kompatibilitas aplikasi Android, pada dasarnya juga tidak bisa mengabaikan kebutuhan akan adanya integrasi dengan layanan Google Play

Rumor ini bukanlah menjadi kabar pertama kali yang muncul yang menyebutkan bahwa Microsoft berusaha menghadirkan aplikasi Android ke ekosistem Windows. Jika melihat kembali pada tahun 2015 silam, perusahaan asal Redmond itu mengumumkan hadirnya Windows Bridge untuk Android, atau yang lebih dikenal dengan proyek Astoria, sebelum akhirnya proyek itu harus dihentikan pada tahun berikutnya. Proyek tersebut hanya seumur jagung, dan belum bisa memberikan hasil integrasi yang digadang-gadang sebelumnya secara konkrit.

Untuk saat ini, para pengguna perangkat Windows 10, khususnya di perangkat PC atau laptop yang menginginkan adanya akses ke aplikasi robot hijau favorit mereka, ada sejumlah opsi yang bisa dipilih.

Misalnya, sekarang ini sudah banyak emulator Android yang tersedia dan juga pembaruan terkini pada Your Phone yang memungkinkan pengguna menjalankan sejumlah aplikasi Android secara berdampingan di perangkat PC atau Laptop berbasis Windows 10. Meski untuk aplikasi Your Phone ini terbatas untuk jenis smartphone Samsung tertentu.

Namun secara keseluruhan, kehadiran aplikasi Android yang terintegrasi dengan perangkat Windows 10, merupakan sebuah terobosan yang sangat besar. Tentunya juga akan berdampak besar pula pada para pengembang aplikasi Android, yang akhirnya hanya perlu mengembangkan satu versi aplikasi saja untuk bisa digunakan di sejumlah platform yang berbeda. 

Leave a Reply

Send this to a friend