Qualcomm Gandeng Sony Perkuat Pengembangan Teknologi Kamera Smartphone

Qualcomm Gandeng Sony Perkuat Pengembangan Teknologi Kamera Smartphone

NESABAMEDIA.COMPabrikan chipset smartphone, Qualcomm dikabarkan menjalin kerjasama dengan produsen sensor CMOS smartphone, yakni Sony Semiconductor untuk pengembangan teknologi kamera smartphone.

Kerjasama itu bertujuan akan menghadirkan integrasi yang lebih baik antara kedua sistem yang dimiliki kedua perusahaan dalam pengembangan smartphone di masa depan. Rupanya, ini tidak hanya sebuah kerjasama di atas kertas, mereka bahkan telah memindahkan tim masing-masing ke gedung yang sama untuk bisa bekerja bersama dalam pengembangan teknologi smartphone ke depannya.

Meski tidak banyak detail yang terungkap mengenai kemitraan tersebut, dijelaskan bahwa Sony memindahkan tim mereka ke markas Qualcomm yang ada di San Diego. Dalam sebuah pernyataan yang diungkap ketika acara peluncuran Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm menyebut bahwa ada tiga keuntungan terkait kamera smartphone, yang diharapkan akan bisa didapat berkat kerjasama dengan Sony itu. 

Keuntungan pertama adalah kemampuan untuk bisa mempercepat proses pengembangan dari Snapdragon 8. Dengan dua pimpinan di masing-masing perusahaan yang bekerjasama, rencana Qualcomm kemungkinan besar adalah untuk meningkatkan teknologi pemrosesan sinyal gambar mereka, di mana ini cukup masuk akal, karena semakin banyaknya smartphone yang memanfaatkan komputasi fotografi sekarang ini.

Kedua, kerjasama ini akan memungkinkan Qualcomm dan Sony saling berbagi akses untuk menguji teknologi baru mereka masing-masing. Ini artinya adalah pengembangan prototipe yang lebih mudah dan cepat, dan bahkan menghasilkan prototipe bersama nantinya. Dengan berada di laboratorium yang sama, biaya pengembangan pun juga akan semakin hemat. 

Terakhir, kerjasama tersebut akan memungkinkan kedua perusahaan dengan cepat melakukan pengujian dan juga meningkatkan pengalaman yang didapat dalam setiap pengembangan teknologi kamera smartphone, yang menjadi salah satu nilai jual terbesar dalam industri smartphone sekarang ini. Ini juga berarti, teknologi baru yang dikembangkan akan lebih cepat hadir di pasaran. 

Ini adalah sebuah kemitraan yang sangat menarik, dan sebuah kemitraan yang mungkin akan sangat langka terjadi. Tidak hanya di industri smartphone, tetapi juga industri kamera dan elektronik secara umum. Apakah kerjasama ini akan membawa hasil yang menjadi tujuan kedua perusahaan, agaknya masih perlu dilihat lebih jauh, namun ini sangat menjanjikan untuk masa depan industri smartphone, terutama mengenai teknologi kameranya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend