Qualcomm CEO Steve Mollenkopf on 5G smartphone and the auto industry

Qualcomm Hadirkan Chipset 5G ke Smartphone Kelas Menengah

NESABAMEDIA.COM – Qualcomm akhirnya membuat 5G dapat diakses di hampir semua smartphone rentang dengan harga terjangkau. Perusahaan telah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan chipset seri Snapdragon 4 yang mendukung 5G tahun depan. Ponsel dengan chip 4 seri, seperti Moto E7 Plus, umumnya dijual dengan harga di bawah $200.

Seri Snapdragon 4 secara khusus ditujukan untuk pasar internasional, dan chip baru idealnya akan mendukung beberapa ponsel 5G pertama yang dapat diakses di pasar tersebut. Menurut Qualcomm, jaringan 5G sekarang tersedia di 35 negara, dan jumlah itu kemungkinan akan bertambah dalam beberapa tahun ke depan.

“Qualcomm terus membuka jalan bagi komersialisasi 5G dalam skala besar, dan perluasan 5G ke dalam seri Snapdragon 4 kami diharapkan dapat mengatasi wilayah yang saat ini memiliki sekitar 3,5 miliar pengguna ponsel pintar,” kata Cristiano Amon, presiden Qualcomm, dalam sebuah waktu siaran pers bertepatan dengan acara IFA di Berlin. “Platform Seluler 5G seri Snapdragon 4 dirancang untuk melampaui ekspektasi untuk segmen pasar massal dengan menghadirkan berbagai fitur yang didominasi kelas atas dan menengah ke khalayak yang lebih luas. Ini akan memenuhi janji membuat 5G dapat diakses oleh semua pengguna ponsel cerdas.”

Chip baru kemungkinan akan digunakan oleh setidaknya beberapa perusahaan di wilayah seperti India dan Cina. Perusahaan seperti Motorola, Oppo, dan Xiaomi semuanya telah meluncurkan perangkat seri 4 selama beberapa tahun terakhir dan mungkin menjadi yang pertama mengadopsi chip 5G baru.

Untungnya, kami tidak perlu menunggu lama untuk melihat perangkat dengan chip tersebut. Qualcomm akan meluncurkan platform tersebut pada awal 2021 dan mengharapkan ponsel yang menampilkan chipset akan diluncurkan pada kuartal pertama.

Tentu saja, meluncurkan smartphone yang kompatibel dengan 5G hanyalah salah satu bagian dari teka-teki 5G. Sementara 5G menjadi sedikit lebih umum di Amerika Serikat, jaringan di negara-negara seperti India masih belum menyebarkan jangkauan luas. Bahkan di A.S., masih belum tentu layak membeli ponsel untuk dukungan 5G-nya saja – meskipun sebagian besar perangkat andalan saat ini mendukung jaringan baru.

Kita harus menunggu dan melihat berapa banyak perangkat yang benar-benar menggunakan chipset baru, dan apakah itu akan membantu mendorong adopsi 5G atau tidak. Dengan chipset baru, Qualcomm sekarang mengintegrasikan 5G ke dalam lini smartphone 8 seri, 7 seri, 6 seri, dan 4 seri.

Leave a Reply

Send this to a friend