Aplikasi Cek Suhu Laptop

8 Aplikasi Cek Suhu Laptop / PC Terbaik yang Paling Akurat

NESABAMEDIA.COM – Memantau suhu laptop atu PC merupakan hal yang wajib, terutama bagi untuk kebutuhan gaming, desain grafis, rendering, dan berbagai aktivitas berat lainnya.

Jika pengguna tidak memonitor suhu komputer atau laptopnya, maka suhu pada perangkat tersebut bisa terlalu panas sehingga berpotensi merusak komponen yang ada di dalamnya. Lalu bagaimana cara kita mengecek suhunya? Tentu saja dengan aplikasi.

Ada beberapa aplikasi cek suhu laptop atau PC yang dapat digunakan. Aplikasi tersebut menawarkan berbagai keunggulan masing-masing. Ada aplikasi yang dibuat khusus untuk perangkat dengan prosesor tertentu, ada juga yang bisa digunakan untuk semua jenis prosesor. Selengkapnya mengenai aplikasi cek suhu laptop / PC terbaik, silakan simak informasi berikut ini.

8 Aplikasi Cek Suhu Laptop / PC Terbaik

Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan untuk mengetahui suhu laptop atau PC adalah sebagai berikut:

1. CPU Thermometer

CPU Thermometer

Aplikasi cek suhu laptop atau PC yang pertama akan kita bahas adalah CPU Thermometer. Sesuai dengan namanya, fungsi aplikasi ini adalah untuk mengecek suhu layaknya thermometer pada umumnya.

Ukuran aplikasi yang sangat kecil yaitu hanya 613 KB dan tidak membuat kinerja komputer terganggu menjadi salah alasan mengapa kami merekomendasikan aplikasi ini. CPU Thermometer bukan hanya bisa digunakan untuk perangkat dengan prosesor Intel, melainkan juga untuk AMD.

2. Real Temp

Real Temp

Bagi para pengguna komputer atau laptop dengan prosesor Intel, maka Real Temp bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Aplikasi ini memang dibuat secara khusus untuk mengecek kondisi suhu pada perangkat yang menggunakan prosesor Intel, baik yang single core, dual core, sampai core i7. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk perangkat yang menggunakan prosesor pentium 4 meskipun pentium 4 sendiri sudah tidak kita temukan lagi.

Real Temp akan menyediakan data temperatur melalui Fluke 62 IR Thermometer, yakni sebuah perangkat bawaan yang terdapat di motherboard. Meskipun bisa digunakan untuk sistem operasi terbaru, nyatanya Real Temp juga masih support untuk beberapa sistem operasi lawas seperti Windows XP dan Windows Vista.

Real Temp juga mampu berjalan dengan lancar di Windows 10, baik versi 32 bit maupun 64 bit. Jika tertarik, silakan download dan instal aplikasi ini. Setelah itu, kita bisa memantau suhu komputer atau laptop setiap saat.

3. MSI Afterburner

MSI Afterburner

Sebagai sebuah perusahaan yang terkenal membuat berbagai aksesoris gaming PC, MSI juga menghadirkan sebuah software yang bisa digunakan untuk mengecek suhu komputer. Perangkat lunak tersebut mereka beri nama MSI Afterburner yang memang dibuat khusus untuk komputer maupun laptop yang menggunakan perangkat dari MSI.

Sebuah aplikasi yang pas digunakan untuk mengecek suhu pada komputer maupun PC gaming. Dengan MSI Afterburner, kita bisa memonitor komponen di PC, mulai dari GPU sampai dengan GPU. Semua informasi yang dibutuhkan terdapat dalam satu layar yang meenyajikan informasi yang mudah dibaca dan dipahami.

4. AMD Ryzen Master

AMD Ryzen Master

Jika Real Temp merupakan aplikasi cek suhu laptop atau komputer dengan prosesor Intel, maka AMD Rayzen Master merupakan aplikasi cek suhu untuk para pengguna prosesor AMD. Aplikasi ini merupakan buatan resmi dari AMD yang diperuntukkan untuk para pengguna AMD agar mereka lebih mudah memantau suhu perangkatnya. Aplikasi ini hadir untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan prosesor komuter atau laptop.

Jika perangkat sedang menjalankan game berat, AMD Rayzen Master menyediakan fitur overclock yang akan mempercepat kinerja laptop atau komputer. Sementara itu, ketika kita menjalankan aktivitas yang ringan, maka kita bisa menurunkan kinerja CPU sehingga suhunya pun menjadi lebih stabil. AMD Rayzen Master juga sudah menyediakan dasbor yang menyediakan informasi lengkap mengenai suhu, kecepatan CPU, dan lain sebagainya.

Pengguna bisa memantaunya dengan mudah dan informasi yang disajikan juga cukup lengkap. Sesuai dengan namanya, AMD Rayzen Master hanya diperuntukkan untuk para pengguna prosesor AMD. Meskipun begitu, aplikasi ini tetap menjadi salah satu aplikasi terbaik yang bisa kita manfaatkan untuk mengecek suhu komputer.

5. Core Temp

Core Temp

Aplikasi lain yang juga kami rekomendasikan untuk digunakan memantau suhu laptop atau komputer atau Core Temp. Sebenarnya, aplikasi ini dibuat agar pengguna bisa mengetahui kondisi suhu pada bagian dalam perangkat komputer. Core Temp menyediakan informasi seputar suhu prosesor, RAM, sampaai dengan kecepatan kipas.

Kelebihan Core Temp adalah ukurannya yang kecil sehingga tidak membuat kinerja perangkat terganggu dan malah membuat suhunya panas. Selain itu, fitur-fitur yang dihadirkan pun juga cukup unik. Core Temp memudahkan pengguna untuk mengetahui suhu pada masing-masing core yang terdapat pada prosesor.

Jadi, aplikasi ini memang menampilkan informasi yang detail seputar core prosesor. Berbeda dengan aplikasi lain yang hanya bisa digunakan untuk motherboard tertentu, Core Temp merupakan aplikasi yang support untuk semua jenis motherboard. Jadi, kita tidak perlu khawatir apakah motherboard di perangkat kita kompatibel apa tidak dengan Core Temp.

6. HWMonitor

HWMonitor

HWMonitor merupakan aplikasi lain yang tidak kalah populer. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini menawarkan hal yang tidak ditemukan pada aplikasi lainnya dengan fungsi yagn sama.

HWMonitor bukan hanya bisa digunakan untuk mengecek suhu maupun kecepatan kipas, melainkan kita juga bisa mengecek voltase. Bagi pengguna yang memiliki laptop untuk kerja berat seperti main game, rendering 3D, dan lain-lain, maka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi ini.

HWMonitor akan memberikan informasi secara detail seputar suhu perangkat. Jika dirasa suhu pada komputer atau laptop terlalu tinggi, kita dapat mematikan beberapa aplikasi sehingga suhunya normal kembali. Hal ini tentu sangat penting agar kinerja komputer tetap terjaga dan tidak sampai mengalami masalah yang tidak kita inginkan.

HWMonitor dapat didownload secara gratis. Developer aplikasi ini memanfaatkan donasi dan iklan sebagai sumber pemasukan. Jika kita beranggapan bahwa aplikasi ini benar-benar membantu, tidak adas salahnya kita berdonasi melalui PayPal.

7. Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor

Sesuai namanya, Open Hardware Monitor merupakan aplikasi yang dibuat untuk memantau suhu hardware atau perangkat keras. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga tidak membingungkan pengguna. Jika diperhatikan, tampilannya hampir sama dengan yang dimiliki HWMonitor. Semua komponen akan ditampilkan pada satu jendela.

Semua komponen tersebut kemudian diurutkan seperti halnya pada Device Manager. Aplikasi cek suhu laptop / PC ini juga menampilkan beban dan frekuensi dari CPU atau GPU, ruang penyimpanan, informasi memori, dan beberapa informasi lainnya. Terdapat juga grafik yang menampilkan semua suhu pada perangkat.

8. SpeedFan

SpeedFan

Diantara kedelapan aplikasi cek suhu laptop atau PC, mungkin SpeedFan merupakan aplikasi yang paling terkenal dan banyak digunakan untuk mengecek suhu.

Aplikasi ini usianya sudah sangat lama dan bahkan usianya lebih tua dari Windows XP. Meskipun usianya tidak muda lagi, SpeedFan masih menjadi aplikasi yang handal untuk digunakan mengecek suhu komputer maupun laptop.

Selain hanya mengecek suhu, SpeedFan juga dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kipas. Pengguna juga bisa membuat semacam alarm yang akan memberikan peringatan ketika suhu perangkat sudah terlalu tinggi. Sebuah aplikasi yang pas baik untuk PC atau laptop gaming, desain grafis, atau untuk aktivitas berat lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend