• Our Partners:

Cara Mengecek Suhu Laptop

Begini Cara Mengecek Suhu Laptop Secara Akurat, Sudah Tahu?

Harga laptop yang kian terjangkau, apalagi dengan adanya sistem pembayaran secara kredit, membuat laptop tidak bisa lagi dianggap sebagai barang mewah. Meskipun jumlah pemiliknya tidak sebanyak pemilik ponsel, anda bisa melihat banyak orang yang membawa laptop saat beraktivitas sehari-hari, terutama di lokasi-lokasi hotspot WiFi serta lingkungan kampus dan kantor. Kebanyakan digunakan untuk online dan mengerjakan tugas, tapi tidak sedikit pula yang menggunakan laptop untuk bermain game.

Tidak jarang pula pengguna yang memakai laptopnya dalam waktu yang lama untuk melakukan pekerjaan berat, misalnya untuk rendering 3D, tanpa disertai dengan sistem pendinginan yang memadai. Suhu laptop pun naik drastis hingga akhirnya mengalami overheating, yang kemudian menimbulkan berbagai masalah seperti BSOD yang terjadi berulang kali, file yang corrupt atau hilang, hingga kerusakan pada komponen laptop.

Sama seperti PC, suhu yang tinggi juga merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi oleh para pemilik laptop. Justru masalah suhu ini lebih rentan terjadi pada laptop karena ukurannya yang jauh lebih kecil sehingga bagian dalamnya pun sangat sempit. Karena faktor ukurannya itulah, solusi pendingin yang bisa dipasang pada laptop pun jauh lebih terbatas jika dibandingkan dengan PC.

Cara Mengecek Suhu Laptop Secara Akurat

Supaya laptop tetap awet, maka anda harus memastikan suhu laptop tetap normal selama anda menggunakannya. Untuk cara mengecek suhu laptop, anda tidak harus menyentuh bodi laptop berulang kali. Ada cara yang lebih praktis daripada cara manual yang hanya mengandalkan pada indera sentuhan semata. Berikut caranya:

1. Download aplikasi HWMonitor melalui link ini.

2. Kemudian install aplikasi seperti biasanya. Kemudian buka HWMonitor. Tampilan HWMonitor kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Dengan HWMonitor, anda juga bisa mengecek suhu masing-masing hardware anda mulai dari CPU, harddisk, SSD, RAM dan lain sebagainya.

Mengecek Suhu Laptop 1

3. Fokus ke bagian Temperatures. Di gambar tersebut merupakan informasi mengenai suhu laptop yang saya gunakan (ASUS ROG GL503GE). Untuk mempermudah anda dalam mengetahui suhu laptop yang normal, simak tabel dibawah ini:

Suhu Normal Laptop

Aktivitas Contoh Suhu Normal
Biasa Browsing, Membuka Ms. Office (Word, Excel,
PowerPoint dll)
50-70 °C
Berat Menjalankan Virtual Machine, Editing Video,
Rendering, Maen Game Berat Dll
70-100 °C

Jika awal menghidupkan laptop saja (masuk desktop), suhu melebihi 70 °C maka itu tergolong tidak normal. Bisa jadi ada program berat yang berjalan di startup atau ada masalah dengan hardware anda, seperti heatsink laptop anda yang tidak berputar. Saya pernah menyinggung masalah heatsink tidak berputar (artikelnya disini) yang menyebabkan suhu laptop diatas normal padahal tidak digunakan untuk membuka program apa-apa.

Penutup

Dengan selalu mengecek suhu laptop, anda dapat segera mengetahui ketika suhunya mulai panas sehingga bisa langsung mengambil tindakan. Tindakan yang disarankan adalah berhenti menggunakan laptop dan mematikannya untuk sementara waktu. Lebih baik menahan keinginan untuk terus bermain game daripada laptop rusak hingga menghabiskan banyak uang untuk memperbaikinya.

Kalaupun ada sesuatu yang benar-benar harus anda kerjakan saat itu juga, anda bisa menyimpannya ke flash drive atau cloud storage, lalu menggunakan PC untuk mengakses file dan melanjutkan pekerjaan tersebut. Anda juga bisa meminjam laptop teman yang sedang tidak dipakai jika tidak ada PC di sekitar anda.

Apabila anda tetap ingin terus menggunakan laptop, setidaknya anda harus mencari cara untuk menurunkan suhu laptop untuk mencegah terjadinya overheating. Beberapa diantaranya yang bisa anda coba adalah pindah ke ruangan lain yang lebih besar atau yang suhu ruangnya lebih dingin, mematikan beberapa background process yang tidak diperlukan, mengaktifkan mode Battery Saver untuk anda yang menggunakan Windows 10, merubah power plan dari High Performance ke Balanced atau Power Saver, serta menggunakan cooling pad. Menggunakan pendingin tambahan seperti kipas angin meja juga dapat membantu mendinginkan suhu laptop.

Leave a Reply

Send this to a friend