Download Core Temp 1.15.1

Download Core Temp Terbaru Developer: Core Temp
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 1MB


Suhu prosesor yang terlalu tinggi dapat menyebabkan komputer restart atau bahkan mati dengan sendirinya. Semakin sering kondisi ini terjadi, semakin besar pula risiko kerusakan pada prosesor. Untuk itu sistem pendingin yang lebih baik sangat diperlukan untuk mencegah kondisi yang sama terulang kembali. Di samping itu, penggunaan Core Temp juga dapat membantu dalam mengawasi suhu prosesor.

Core Temp merupakan software yang fungsi utamanya adalah untuk memonitor temperatur prosesor. Informasi suhu prosesor diperoleh Core Temp dari teknologi DTS (Digital Thermal Sensor) yang ada di dalam prosesor multi core. Core Temp mendukung prosesor AMD, Intel dan VIA. Jika anda ingin mengetahui model prosesor apa saja yang didukungnya, anda bisa membaca daftar lengkapnya di situs resmi Core Temp.

Fitur dan Keunggulan Core Temp

Download Core Temp Terbaru

Tampilan Core Temp Terbaru

Tidak perlu pengaturan yang rumit untuk bisa memonitor suhu prosesor dengan Core Temp. Jalankan software, lalu minimize Core Temp ke system tray. Saat itu juga suhu setiap core prosesor akan langsung muncul dalam bentuk angka yang berwarna-warni. Warna setiap angka ini bisa dirubah melalui tab Display di dalam Settings.

Selain suhu prosesor, informasi lain juga bisa ditampilkan pada system tray, diantaranya yaitu informasi pemakaian RAM dan frekuensi prosesor. Warna setiap angka untuk masing-masing informasi ini juga dapat diganti. Background berupa warna juga dapat ditambahkan pada angka-angka tersebut agar lebih mudah ditemukan di antara icon-icon lainnya yang ada di system tray.

Informasi lebih lengkap dapat dilihat pada jendela utama Core Temp yang mencakup nama model prosesor, socket, frekuensi, Tj. Max dan jumlah core. Yang dimaksud dengan Tj. Max adalah suhu maksimal prosesor dimana clock speed akan diturunkan secara otomatis. Tujuannya yaitu untuk melindungi prosesor agar tidak rusak karena panas yang berlebihan.

Core Temp menyediakan fitur screenshot. Dengan menekan tombol F9, screenshot berupa jendela utama Core Temp akan diambil dan disimpan dalam format PNG. Fitur ini memudahkan anda dalam menyediakan screenshot saat berkonsultasi mengenai masalah prosesor di berbagai forum atau di media sosial.

Core Temp juga dapat diatur untuk menampilkan peringatan secara otomatis ketika suhu prosesor sudah memasuki tahap kritis. Fitur ini dinamakan Overheat Protection. Anda dapat menentukan sendiri suhu maksimalnya. Apabila suhu maksimal yang anda tentukan adalah 90 derajat celcius, maka pada suhu itulah notifikasi akan dimunculkan oleh Core Temp.

Download Core Temp Terbaru

Ada dua bentuk notifikasi yang tersedia di dalam fitur Overheat Protection. Yang pertama adalah notifikasi pop up. Sedangkan untuk tipe notifikasi yang kedua, Core Temp akan muncul di taskbar dalam kondisi berkedip-kedip.

Selain menampilkan notifikasi, Core Temp juga dapat diatur untuk menjalankan software tertentu secara otomatis saat suhu prosesor mencapai batas yang ditentukan. Pilihan lainnya yaitu berupa hibernate, sleep dan power down. Download Core Temp terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend