aplikasi hotspot di PC laptop

10 Rekomendasi Aplikasi Hotspot di PC / Laptop Terbaik untuk Pengguna Windows

NESABAMEDIA.COM – Di jaman seperti sekarang ini siapa yang tidak bergantung dengan internet? Bisa dikatakan lebih dari 90% memerlukan internet untuk setiap kegiatan sehari-harinya.

Apalagi di era pandemi seperti ini yang mengharuskan kita harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Mengenai internet, semua yang ada di sini tentu tidak asing dengan isitlah WiFi kan?

WiFi merupakan jaringan internet yang dapat diakses tanpa melalui kabel. Jaringan ini juga dinamakan sebagai jaringan nirkabel. Sudah banyak orang yang menyediakan koneksi WiFi baik di sekolah, kampus, tempat kerja, rumah sakit, tempat makan, dan masih banyak yang lainnya.

Namun permasalahannya yaitu tidak semua perangkat mempunyai jaringan WiFi. Akan tetapi, kita tidak perlu khawatir karena kita masih bisa membut jaringan WiFi sendiri dengan menggunakan komputer atau laptop. Sebelum itu, pastikan bahwa komputer dan laptop tersebut sudah terpasang aplikasi hotspot.

10 Aplikasi Hotspot di PC / Laptop Terbaik

Ada banyak aplikasi hotspot di luar sana dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Namun kami sudah memilih beberapa aplikasi hotspot di PC atau laptop terbaik seperti di bawah ini:

1. Connectify

Connectify

Pembahasan seputar aplikasi hotspot di PC atau laptop akan kita buka dengan Connectify. Salah satu aplikasi mudah dipasang di komputer atau laptop. Aplikasi ini menyediakan tampilan yang sederhana sehingga memudahkan siapa saja yang akan menggunakannya, bahkan meskipun orang tersebut baru pertama kali menggunakan aplikasi hotspot di PC.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah pengguna bisa terhubung ke internet baik dengan kabel maupun modem dengan memanfaatkan konteksi 3G dan 4G. Selain itu, Connectify juga memberikan kemudahan dalam mengatur SSID hotspot. Sayangnya, untuk versi gratis pengguna hanya bisa menggunakannya selama 30 menit. Namun untuk jangka waktu lama dengan fitur yang lengkap, pengguna harus menggunakan yang versi berbayar.

2. Virtual Router

Aplikasi Hotspot di PC / Laptop Terbaik

Virutal Router merupakan aplikasi router yang dapat digunakan untuk membuat jaringan nirkabel atau WiFi tanpa perlu mengggunakan router. Pengguna bisa membuat jaringan WiFi sendiri dengan menginstal aplikasi ini.

Sebuah aplikasi yang hadir dengan tampilan sederhana dan bersifat open source. Ketika menggunakan Virutal Router, kita tidak perlu khawatir memori PC atau laptop terkuras habis. Hal ini karena Virtual Router tidak memiliki background process.

3. MaryFi

MaryFi

Salah satu aplikasi hotspot yang juga bisa menjadi pilihan terbaik adalah MaryFi. Aplikasi ini terbilang ringan sehingga tidak akan memberatkan kinerja komputer meskipun spesifikasi komputer yang kita miliki biasa saja. Selain itu, kapasitas dari MaryFi juga kecil sehingga tidak perlu memakan banyak ruang penyimpanan.

Selain kelebihan di atas, MaryFi masih menawarkan kelebihan yang lainnya. Aplikasi ini mampu dijadikan sebagai repeater atau penguat sinyal WiFi yang ada di titik tertentu. Selain itu, MaryFi juga bisa melihat dan memantau perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan WiFi sehingga membuat jaringan WiFi menjadi lebih aman karena kita bisa memantaunya.

4. Baidu WiFi Hotspot

Baidu WiFi Hotspot

Dibandingkan dengan ketiga aplikasi hotspot di PC atau laptop yang sudah kami sebutkan, bisa dikatakan mungkin aplikasi yang keempat ini lebih familiar di telinga orang awam bahkan hanya sekadar pernah melihatnya dan belum menggunakannya.

Salah satu keistimewaan aplikasi ini adalah fitur-fiturnya yang lengkap sehingga memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya.

Beberapa fitur unggulan dari Baidu WiFi Hostpos seperti freeware, mampu mendeteksi adapter secara otomatis, blacklist, dan track table. Dengan adanya blacklist, kita bisa mengontrol dan menentukan kira-kira mana perangkat yang kita izinkan untuk terkoneksi ke jaringan WiFi.

5. mHotspot

Aplikasi Hotspot di PC / Laptop Windows

mHotspot juga masih menjadi salah satu aplikasi hotspot pilihan terbaik untuk diinstal di komputer atau laptop. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, mHostpot juga dapat dimanfaatkan untuk membuat jaringan hotspot sendiri. Selain itu, kita bisa memanfaatkan beragam fitur yang disediakan untuk memaksimalkan jaringan WiFi kita.

Beberapa fitur unggulannya seperti pengaturan SSID unlimited, freeware, konektivitas WiFi, LAN, 3G/4G, berbagi jaringan, WPA2 PSK, dan masih banyak yang lainnya. mHotspot juga memberikan informasi seputar alamat IP dan MAC Address dari semua perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi tersebut. Tidak perlu khawatir tentang tingkat keamanannya karena aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi hotspot teraman.

6. MyPublicWiFi

MyPublicWiFi

Masih membahas seputar aplikasi hotspot yang memiliki fitur freeware, di sini ada MyPublicWiFi yang dapat menjadi alternatif  terbaik. Tampilan aplikasi yang simpel dan mudah dimengerti memberikan kesan pertama yang membuat orang-orang lebih tertarik untuk menggunakannya dibandingkan aplikasi yang lain.

Bagaimana dengan keamanannya? MyPublicWiFi sudah dilengkapi dengan firewall. Pengguna bisa memilih mana saja perangkat yang bisa terhubung ke jaringan WiFi.

Bukan itu saja, aplikasi ini juga memberikan informasi seputar apa saja situs-situs yang sudah dikunjungi oleh semua perangkat yang tersambung ke MyPublicWiFi. Sangat menarik bukan? Jika tertarik, silakan unduh dan dapatkan semua kelebihannya.

7. HostedNetworkStarter

HostedNetworkStarter

Di pilihan ketujuh, kami merekomendasikan HostedNetwork Starter yang juga bisa menjadi pilihan tepat. Aplikasi hotspot PC yang satu ini juga hadir dengan setumpuk fitur canggih yang cukup baik untuk memberikan kemudahan dalam mengoperaiskan aplikasi tersebut. Salah satu kelebihannya adalah aplikasi ini akan memberikan pemberitahuan jika terdapat pengaturan yang salah di jaringan WiFi.

HostedNetworkStarter juga termasuk aplikasi freeware yang ringan dengan tampilan antar muka yang cukup simpel. Uniknya, selain digunakan sebagai hotspot di PC atau laptop, melainkan juga bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot untuk perangkat iPhone dan Android.

8. OSToto Hotspot

Aplikasi Hotspot di PC / Laptop Terbaru

OSToto Hotspot juga merupakan aplikasi hotspot PC atau laptop yang kami rekomendasikan. Sebuah aplikasi yang mudah digunakan dan ringan dengan tampilan sederhana.

Menggunakan aplikasi ini bagi orang awam tidak akan membuat mereka pusing karena menu-menu dan instruksi yang diberikan cukup mudah dipahami. Aplikasi ini bukan hanya menyediakan fitur blacklist, melainkan juga menghadirkan fitur tracking.

Jadi, OSToto Hostpot bisa melacak setiap perangkat yang terhubung dengannya. Keamanannya pun juga terjamin karena aplikasi ini tidak akan mengizinkan pengiriman file dengan menggunakan WiFi. Jika tertarik, silakan download aplkasi ini pada link di bawah ini.

9. SeventhGate

SeventhGate

Salah satu aplikasi hotspot gratis untuk komputer maupun PC yaitu SeventhGate. Sama dengan aplikasi yang sudah kami sebutkan sebelumnya, SeventhGate dapat digunakan untuk berbagi file dan juga membuat jaringan pribadi atau private network. Namun sebenarnya keistimewaan yang dimiliki aplikasi ini adalah pengguna bisa membuat jaringan LAN game.

Tentunya SeventhGate masih menawarkan berbagai fitur yang lain seperti tidak adanya additional background service sehingga tidak sampai memakan banyak ruang memori. Aplikasi ini juga menjamin semua data yang ada di dalam PC maupun laptop.

10. Antamedia

Antamedia

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah Antamedia. Keunggulan aplikasi ini adalah pengguna bisa membuat jaringan WiFi tanpa harus menggunakan router.

Kehebatan aplikasi ini juga terletak pada fiturnya dimana pengguna bisa mengakes jaringan WiFi yang berbayar. Masih banyak fitur lainnya yang ditawarkan. Jika tertarik, silakan unduh Antamedia dan rasakan sendiri kemudahan dan kecanggihan fitur yang ditawarkan.

 

Leave a Reply

Send this to a friend