• Our Partners:

Qualcomm Masuk Jajaran Pelanggan Terbesar Samsung Electronics

Qualcomm Masuk Jajaran Pelanggan Terbesar Samsung Electronics

NESABAMEDIA.COMSamsung Electronics telah merilis sebuah dokumen pada hari Kamis lalu yang menunjukkan bahwa Qualcomm telah menggantikan Verizon di kuartal pertama tahun ini. Qualcomm pun kini telah resmi berada dalam 5 besar pelanggan Samsung Electronics untuk pertama kalinya. 

Menurut dokumen tersebut, Samsung Electronics mengungkap bahwa pelanggan top 5 besar mereka pada kuartal pertama tahun ini adalah Apple, Best Buy, Deutsche Telekom, Qualcomm dan Supreme Electronics. Kelima pelanggan itu telah menyumbang 14% dari pendapatan Samsung Electronics pada kuartal pertama tahun ini. 

Alasan utama Qualcomm menggantikan Verizon dalam jajaran 5 besar pelanggan Samsung Electronics adalah karena mereka telah menyerahkan chipset terkait kepada Samsung, yang merupakan pabrik pembuat chipset utama Qualcomm.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa CEO Qualcomm, Cristiano Amon mengkonfirmasi pada bulan Desember tahun lalu bahwa prosesor Snapdragon 8 Gen 1 mereka akan menggunakan teknologi proses 4nm Samsung Electronics. 

Meskipun tidak jelas apakah Apple merupakan pelanggan terbesar Samsung Electronics, tidak mengherankan jika mereka menjadi salah satu di antara 5 pelanggan terbesar itu. Pasalnya, Samsung Electronics juga memasok banyak suku cadang dan komponen untuk Apple, yang kemudian dijadikan sebagai chipset Seri-A oleh Apple. 

Samsung Electronics memasok layar OLED, chipset memori flash, kapasitor dan komponen lain untuk iPhone. Sebelumnya dilaporkan juga bahwa untuk setiap iPhone X yang diproduksi oleh Apple pada tahun 2017, Samsung Electronics memperoleh $110 dari suku cadang yang dipasoknya. 

Di sisi lain, Qualcomm juga dikabarkan baru saja mengumumkan kerjasama antar perusahaan dengan AMD. Prosesor AMD Ryzen akan mengintegrasikan sistem koneksi FastConnect 6900, yang merupakan solusi koneksi yang dirilis pada dua tahun yang lalu. Ini menggunakan teknologi premium Wi-Fi 6E dan teknologi audio Bluetooth secara bersamaan. Ini juga menjadi solusi Wi-Fi seluler di industri saat itu, dengan kecepatan puncak sampai 3.6Gbps. 

Lebih lanjut, teknologi itu adalah yang pertama menggunakan modulasi 4K QAM. Mendukung saluran 160MHz di frekuensi band 5GHz dan 6GHz, mewujudkan konkurensi dual-band empat arah yang unik dalam pita frekuensi termasuk 6GHz, dan diproduksi dengan proses 14nm. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend