Qualcomm Snapdragon 888 Telah Digunakan di 130 Jenis Smartphone

Qualcomm : Snapdragon 888 Telah Digunakan di 130 Jenis Smartphone

NESABAMEDIA.COMPada Desember 2020 yang lalu, Qualcomm secara resmi merilis prosesor flagship terbaru mereka Snapdragon 888. Chipset ini dengan cepat menjadi prosesor pilihan untuk smartphone flagship keluaran tahun 2021.

Pada event World Artificial Intelligence Conference (WAIC) 2021, Meng Pu, petinggi dari Qualcomm China menyampaikan pidato dengan judul “Terus promosikan 5G+AI untuk bekerjasama membangun masa depan yang cerdas dan terhubung”. Menurut Pu, hingga saat ini ada lebih dari 130 jenis smartphone yang menggunakan Snapdragon 888. 

Smartphone saat ini menjadi platform populer untuk AI. Teknologi AI Qualcomm sendiri telah berkembang sampai dengan generasi ke-enam, dan telah mencakup 1,5 miliar terminal di seluruh dunia. Selain itu, teknologi cloud AI-nya juga telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Dalam pidatonya, Meng Pu menyebut bahwa Qualcomm bisa menyediakan portofolio produk yang komprehensif dan kaya yang memenuhi kebutuhan pada aplikasi terminal AI yang berbeda. Itu juga termasuk memberikan solusi terdepan untuk Cloud AI. Dan platform prosesor Snapdragon kurang lebih identik dengan pengalaman AI yang luar biasa. 

Beberapa brand ternama yang telah menggunakan prosesor Snapdragon 888 adalah Xiaomi, Oppo, dan Vivo. Snapdragon 888 mampu meningkatkan teknologi AI generasi keenam dengan kinerja yang lebih kuat dan konsumsi daya yang lebih rendah. 

Qualcomm sendiri mulai mendukung teknologi AI pada platform Snapdragon sejak tahun 2016 silam. Setelah bertahun-tahun pengembangan, mesin AI generasi keenam telah digunakan pada Snapdragon 888 dan juga mendukung hub sensor Qualcomm generasi kedua. 

Snapdragon 888 mengintegrasikan prosesor Hexagon 780 dan juga merupakan akselerator fusi AI pertama, termasuk tiga bagian, yang bisa membagi beban kerja dengan percepatan yang lebih lancar yang terdiri dari, akselerator skalar yang mampu meningkatkan performa hingga 50 persen. Kemudian adalah ekspansi vektor, yang mendukung lebih banyak tipe data dan yang ketiga adalah akselerator tensor, yang digunakan untuk pemrosesan matriks dan menggandakan kepadatan perhitungan. 

Di bawah integrasi terakhir ketiganya, Hexagon 780 mampu mencapai 26 TOPS yang meningkatkan efisiensi energi hingga tiga kali lipat. 

Leave a Reply

Send this to a friend