Penerus Qualcomm Snapdragon 888 Akan Dapatkan Peningkatan GPU Besar-Besaran

Penerus Qualcomm Snapdragon 888 Akan Dapatkan Peningkatan GPU Besar-Besaran

NESABAMEDIA.COMPenerus dari Qualcomm Snapdragon 888 yang telah lama dinantikan kehadirannya, saat ini sedang dalam tahap pengembangan, dan diyakini akan menghadirkan peningkatan besar-besaran. 

Prosesor smartphone biasanya tidak akan mengikuti spekulasi serta bocoran-bocoran seperti yang terjadi pada perangkat mobile menjelang tanggal peluncurannya. Masih belum jelas, bagaimana prospek industri prosesor smartphone di tahun depan, namun beberapa rumor terbaru dan konfirmasi dari AMD mengisyaratkan bahwa terobosan besar akan segera datang. 

Qualcomm cukup disibukkan untuk memenuhi permintaan chipset Snapdragon 888-nya dikarenakan kelangkaan pasokan chip global. Untuk mengatasi kondisi semacam ini, Qualcomm mulai meluncurkan Snapdragon 860 dan 778 dan sejumlah produk serupa dalam beberapa bulan terakhir. 

Meski mengaku kesulitan memenuhi permintaan prosesor Snapdragon 888 di pasaran, namun dikabarkan bahwa Qualcomm sedang mengembangkan chipset andalan mereka berikutnya. Setelah mereka melakukan akuisisi terhadap Nuvia awal tahun ini, sudah sangat jelas bahwa chipset yang baru itu akan dikembangkan untuk perangkat laptop berkinerja tinggi. 

Qualcomm sepertinya tidak akan mengumumkan produk dengan desain semacam itu hingga tahun depan. Namun, detail mengenai chipset sekelas premium berikutnya dari Qualcomm telah muncul di internet. 

Tanggal 4 Juni kemarin, akun Twitter Evan Blass mengungkap beberapa detail mengenai chipset dengan nomor model SM8450, yang diyakini merupakan chipset andalan berikutnya dari Qualcomm. Hal ini merujuk pada Snapdragon 888 yang menggunakan nomor model SM8350, jadi SM8450 kemungkinan besar akan menjadi penerusnya. 

Namun perlu dicatat juga bahwa Qualcomm selama ini juga dikenal tidak konsisten dengan penamaan chipsetnya. Memang tidak pasti juga apakah SM8450 nantinya akan dipasarkan. Namun beberapa daftar komponen utama dari chipset itu telah diungkap oleh Blass. 

Disebutkan bahwa SM8450 akan mengintegrasikan modem RF X65 5G. Snapdragon X65 merupakan penerus dari modem X60, yang diintegrasikan ke Snapdragon 888. Modem itu dibangun dengan proses 4nm seperti AP. Smartphone yang menggunakan modem itu, bisa terhubung ke mmWave atau frekuensi 5G sub-6GHz atau jaringan 5G mandiri. 

CPU itu menggunakan inti Qualcomm Kryo 780 yang dibangun dengan teknologi Arm Cortex V9. Arsitektur Armv9 sendiri juga baru diumumkan pada awal tahun ini. 

Penerus dari Qualcomm Snapdragon 888 nantinya akan menggunakan tiga inti CPU dengan konfigurasi 1x3x4. Dan GPU yang digunakan sepertinya adalah Adreno 730. 

Leave a Reply

Send this to a friend